<< Back

Saham Dividen Jumbo, Ini Daftar Perusahaannya!

asian woman looking at phone

Dividen seringkali menjadi hal yang ditunggu oleh para investor. Terlebih, emiten dengan saham dividen jumbo kerap menjadi pilihan karena dividen menjadi salah satu indikator kesuksesan dan kondisi finansial suatu perusahaan.

Istilah dividen merujuk pada investasi saham sebagai laba bersih dari suatu perusahaan. Dalam kurun waktu tertentu, laba bersih ini akan dibagikan kepada para investor dengan beberapa syarat tertentu, terutama jika kondisi perusahaan memungkinkan.

Pembagian laba dilakukan dalam satu tahun sekali dan menunjukkan seberapa baik kondisi perusahaan. Bagi para investor, dividen akan mampu memberikan imbal hasil yang lebih besar selain dari kenaikan harga saham.

Daftar Perusahaan Saham Dividen Jumbo

Sampai dengan pertengahan tahun 2024, tercatat sudah banyak emiten membagikan dividen. Pembagian dilakukan beragam sesuai kondisi perusahaan dan ketersediaan sahamnya. Per lembarnya dibagikan dengan nominal ratusan sampai ribuan rupiah.

Dari banyaknya emiten yang membagikan dividen, tercatat sejumlah perusahaan dengan dividen tertinggi sepanjang 2024. Smart People dapat mengecek saham-saham yang memberikan dividen tinggi pada indeks IDX High Dividen 20. Sejauh ini, setidaknya terdapat tiga emiten dengan dividen lebih dari Rp1.000, yakni:

1. PT Indo Tambangraya Megah, Tbk

Sejauh ini, emiten dengan kode saham ITMG diketahui sebagai emiten dengan nominal dividen yang paling tinggi, yakni mencapai Rp4.407 per saham. Pembagian dividen tersebut dilakukan kepada para pemegang saham dengan nilai mencapai lebih dari US$325 juta.

2. PT United Tractors, Tbk

Emiten alat berat UNTR ini diketahui membagikan dividen sebesar Rp8,2 triliun atau setara dengan Rp2.270 per saham. Jumlah tersebut termasuk dividen interim sebesar Rp2,5 triliun pada Oktober 2023 serta sisanya sebesar Rp5,7 triliun yang dibagikan pada akhir Mei 2024.

3. PT Bukit Asam, Tbk

Perusahaan dengan kode PTBA ini diketahui membagikan dividen tunai pada Juni 2024. Pada tahun 2024 ini, perseroan di bidang pertambangan batu bara tersebut membagikan 75% dari laba bersih tahun 2023 sebesar Rp4,6 triliun atau setara Rp1.492 per saham.

Strategi Pembagian Dividen: Bagaimana Perusahaan Mengelola Imbal Hasil?

Pembagian saham dividen rutin dilakukan untuk memberikan kepastian kepada para investor mengenai kondisi perusahaan yang baik. Tentunya, pembagian tersebut dilakukan sesuai dengan prosedur tertentu. Secara umum, terdapat dua jenis mekanisme pembagian dividen yang dilakukan, yakni dividen interim dan dividen final.

1. Dividen interim

Merupakan suatu mekanisme pemberian dividen yang diberikan dalam kurun waktu sebelum pembukuan keuangan perusahaan ditutup atau masih dalam tahun berjalan. Dengan kata lain, dividen ini dibagikan sebelum adanya Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang mengumumkan laba tahunan perusahaan sesuai anggaran dasar dari perseroan.

2. Dividen final

Ada juga dividen final yang dilakukan saat proses pembukuan keuangan perusahaan selesai dilakukan. Dengan demikian, pembayaran dividen ini dilakukan pada saat emiten sudah mengetahui dan menetapkan laba pada RUPS pada periode buku tertentu. Tidak jarang perusahaan yang menggunakan satu mekanisme ini saja.

Pada dasarnya, kedua mekanisme pembagian dividen dapat dilakukan secara bersamaan dalam satu tahun. Oleh karena itu, seringkali seorang investor bisa mendapatkan dua kali dividen dengan besaran yang berbeda untuk setiap mekanisme atau periode.

Selain itu, setiap investor memiliki hak yang sama atas dividen yang dimilikinya sesuai dengan besaran atau persentase yang disetujui pada RUPS. Dengan kata lain, setiap pemegang saham tidak akan mendapatkan jumlah dividen yang sama. Semakin banyak jumlah saham yang didapatkan, maka semakin besar dividen yang Smart People dapatkan.

Imbal Hasil Investasi pada Saham Dividen Jumbo

Berinvestasi pada saham yang dikenal memiliki dividen tinggi pada dasarnya akan memberikan berbagai kemudahan sekaligus potensi imbal hasil. Secara lebih spesifik, beberapa imbal hasil yang dimaksud misalnya:

1. Potensi pendapatan yang lebih banyak

Memilih saham dividen jumbo secara tidak langsung akan memberikan potensi hasil pendapatan yang relatif stabil. Dividen yang tinggi seringkali menunjukkan bahwa perusahaan memiliki kinerja yang baik sehingga memberikan passive income yang stabil.

2. Kualitas emiten yang tidak perlu diragukan

Saham dengan dividen yang tinggi umumnya berasal dari perusahaan yang sudah mapan dan telah mempunyai pergerakan arus kas yang cukup baik. Kinerja keuangannya juga kuat sehingga memungkinkan aktivitas investasi Smart People berpotensi dapat berkembang sesuai dengan kinerja sahamnya.

3. Pilihan re-investasi dan diversifikasi pendapatan

Dengan berinvestasi pada saham yang dividennya tinggi, secara tidak langsung Smart People juga akan mempunyai kesempatan untuk melakukan re-investasi dan diversifikasi pendapatan. Hal tersebut tentu tidak hanya akan melindungi nilai investasi, namun juga meningkatkan pertumbuhan portofolio pada investasi yang dilakukan.

Risiko Investasi: Apa yang Perlu Diwaspadai?

Walaupun memiliki banyak kelebihan, bukan berarti memilih saham dengan dividen yang tinggi akan terhindar dari berbagai risiko. Misalnya jika perusahaan mengalami penurunan kinerja, dividen bisa saja terpotong sehingga akan berpengaruh pada pendapatan investor.

Untuk itu, sebaiknya Smart People juga tetap memperhatikan dan mencermati pergerakan harga saham agar tidak terjebak pada dividend trap. Jebakan ini terjadi pada saat harga saham turun secara tiba-tiba pada saat tanggal pembagian dividen.

Smart People juga perlu memastikan bahwa pembagian saham dividen rutin dilakukan pada emiten yang tepat. Oleh karena itu, penting melakukan riset yang cermat dengan memperhatikan beberapa faktor seperti kondisi keuangan, jadwal dan kebijakan dividen, hingga prospek emiten dan saham tersebut di masa depan.

Guna mempermudah pemilihan saham emiten dengan dividen yang tinggi, menggunakan aplikasi investasi wajib dilakukan. Pilih RHB Tradesmart ID dengan fitur-fitur smart yang sudah pasti akan membantu Anda memilih saham terbaik. Download di Play Store atau App Store!

Referensi:

Santi, Anastasia Joice Tauris. (2023). Pilih-pilih Saham yang Royal Membagi Dividen. Kompas.id

Sinarta, Krisna. (2023). Peraturan Pembagian Dividen bagi Perusahaan. HukumOnline.com

Tim Redaksi. (2023). Memahami Pengertian Dividen, Jenis, dan Penentuannya. CIMBNiaga.co.id

Tim Riset. (2024). Cuan! Daftar 10 Emiten dengan Dividen Terbesar Tahun Ini. CNBCIndonesia.com

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal