<< Back

Prospek Cerah? Ini List 10 Saham Perusahaan Transportasi di Indonesia

Saham Transportasi

Saham transportasi di tahun 2024 dianggap masih memiliki prospek cerah. Pasalnya, sejumlah sentimen diprediksi akan memberikan peluang besar untuk mendongkrak kinerja sektor transportasi di Indonesia.

Bagi investor yang mengincar sektor ini, terdapat beberapa saham dari emiten transportasi terkemuka yang menarik untuk dipantau. Yuk, lihat lebih jauh mengenai prospek kinerja saham ini di ulasan berikut.  

Perkembangan Industri Transportasi di Indonesia

Sebagai negara dengan cakupan wilayah yang begitu luas, transportasi menjadi salah satu sektor penting bagi masyarakat. Perusahaan transportasi terutama angkutan darat menyediakan layanan yang banyak dibutuhkan masyarakat untuk bepergian ke suatu tempat, baik di dalam maupun antar provinsi.

Pada perkembangannya, masyarakat tidak hanya mengandalkan transportasi konvensional tetapi juga transportasi online. Mulai dari layanan ojek, taxi, hingga transportasi barang yang bisa dipesan melalui aplikasi digital.

Sektor transportasi laut dan udara juga berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Apalagi dengan pembangunan infrastruktur yang bisa dibilang cukup masif. Pemerintah banyak memfasilitasi pembangunan, mulai dari bandara, pelabuhan, jalur kereta api, jalan tol, dan lain sebagainya.

Daftar Perusahaan Transportasi Terkemuka

Di Indonesia ada beberapa perusahaan transportasi terkemuka dan bahkan telah terdaftar di BEI. Berikut daftar perusahaan besar di tanah air yang menguasai sektor transportasi.

1. PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA)

Garuda Indonesia adalah perusahaan transportasi yang menyediakan layanan penerbangan untuk penumpang dan kargo. Layanan perusahaan BUMN ini meliputi penerbangan domestik dan juga internasional.

Selain itu, kegiatan usaha lainnya termasuk layanan perbaikan dan pemeliharaan pesawat serta pendidikan dan pelatihan penerbangan. Saham dari PT Garuda Indonesia memiliki kode GIAA.

2. PT Blue Bird Tbk (BIRD)

Blue Bird adalah perusahaan transportasi terkemuka di Indonesia yang dikenal dengan layanan taxi di berbagai kota. Perusahaan yang didirikan pada 1972 ini sudah melantai di bursa dengan kode sahamnya adalah BIRD. 

3. PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA)

Perusahaan ini menyediakan layanan sewa kendaraan, baik untuk perorangan, perusahaan, logistik, dan lainnya. Kinerjanya termasuk salah satu yang bagus di industri transportasi Indonesia. Tidak mengherankan jika sahamnya dengan kode ASSA banyak direkomendasikan.

4. PT AirAsia Indonesia Tbk (CMPP)

Sebelum menjadi AirAsia Indonesia, perusahaan ini bernama PT Centris Multipersada Pratama. Fokus usahanya adalah menyediakan jasa transportasi dan logistik. Perusahaan dengan kode saham CMPP ini merupakan induk dari PT Indonesia AirAsia yang merupakan operator maskapai Air Asia.

5. PT Batavia Prosperindo Trans Tbk (BPTR)

Batavia Prosperindo menjalankan bisnis penyewaan kendaraan, pemeliharaan armada, dan layanan logistik. Perusahaan besar ini sudah IPO dengan kode saham BPTR.

6. PT Transkon Jaya Tbk (TRJA)

Transkon Jaya adalah perusahaan transportasi yang menyediakan sewa kendaraan untuk pertambangan dan konstruksi. Emiten dengan kode saham TRJA ini juga menyediakan kendaraan lain, mulai dari kendaraan angkutan penumpang, bus, truk ringan, kendaraan penyelamat hingga ambulans.

7. PT Express Transindo Utama Tbk (TAXI)

Express Transindo Utama adalah perusahaan transportasi yang cakupan layanannya meliputi penyewaan mobil, taxi konvensional, dan taxi mewah. Namun, dampak pandemi membuat bisnis ini mengalami kerugian hingga akhirnya perusahaan memutuskan untuk beralih ke penyewaan bus.

8. PT Weha Transportasi Indonesia Tbk (WEHA)

Weha Transportasi adalah perusahaan yang menyediakan angkutan umum penumpang dan penyewaan mobil. Emiten dengan kode saham WEHA ini juga dikenal sebagai White Horse Group.

9. PT Jaya Trishindo Tbk (HELI)

Perusahan ini menjalankan usaha penyewaan helikopter sejak didirikan pada 6 April 2007. Kemudian, di tahun 2018 melakukan penawaran saham perdana dengan kode HELI. Selain transportasi VIP, perusahaan juga melayani pengangkutan kargo dan survei bandara.

10. PT Eka Sari Loren Transport Tbk (LRNA)

Eka Sari Loren adalah bagian dari Lorena Group yang terkenal sebagai perusahaan transportasi terkemuka di tanah air. Perusahaan ini menyediakan transportasi umum, khususnya jalur darat yang melewati berbagai rute di Jawa, Bali, dan Sumatera. Emiten berkode LRNA ini juga melayani jaringan transportasi untuk Transjakarta.

Kinerja Saham Perusahaan Transportasi

Kinerja saham transportasi masih bervariasi di tahun ini, namun prospek emiten ini diproyeksikan akan cerah. Peningkatan sektor transportasi cukup terdongkrak dengan adanya libur tahun baru dan kemudian juga pemilu.

Meski tidak naik signifikan, pemilu 2024 memberikan sentimen positif bagi perusahaan transportasi. Hal tersebut karena perusahaan transportasi banyak dibutuhkan untuk distribusi logistik pemilu. Libur lebaran dengan banyak masyarakat yang mudik juga turut menyeret sektor transportasi naik di tahun ini.

Kinerja saham perusahaan transportasi khususnya angkutan laut cukup menarik. Pasalnya, sentimen peran yang terjadi di Timur Tengah yang meningkatkan pendapatan bagi perusahaan angkutan laut tersebut.

Jadi, kinerja saham emiten transportasi memang mengalami pertumbuhan. Namun, tidak begitu signifikan atau bisa dikatakan bahwa pertumbuhannya masih lambat.

Faktor Pendukung Pertumbuhan Saham Transportasi

Terdapat sejumlah faktor yang turut mempengaruhi pergerakan saham dari perusahaan transportasi. Faktor utamanya berasal dari industri pertambangan, konstruksi, perdagangan, pengolahan, dan pertanian.

Selain itu, pertumbuhan sektor transportasi juga didukung oleh pembangunan infrastruktur yang terus berlanjut. Perkembangan e-commerce di tanah air pun secara tidak langsung turut mendongkrak pertumbuhan sektor transportasi.

Itulah ulasan mengenai industri transportasi Indonesia dan prospek kinerja sahamnya. Tertarik dengan saham ini? Segera download aplikasi RHB Tradesmart ID di Play Store dan App Store, lalu mulai investasi saham yang diincar.

Referensi:

Rizki Dewi A. 2023. “10 Perusahaan Transportasi yang Terdaftar di BEI”. Tempo.com

Ridwan Nanda Mulyana. 2024. “Memilah Saham Transportrasi dan Logistik yang Punya Prospek Apik, Cek Rekomendasi Ini”. Kontan.co.id

Pulina Nitrakanti. 2024. “Begini Rekomendasi Saham Emiten Transportasi dan Logistik Jelang Bulan Ramadan”. Kontan.co.id

Elga Murtia. 2024. “Melihat Prospek Saham Emiten Transportasi Pada 2024”. Liputan6.com

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal