<< Back

Hold: Cara Membeli Saham yang Wajib Dikuasai

Wanita melihat video di smarthpone tentang cara membeli saham

Tidak hanya cara membeli saham saja, sebagai seorang trader atau investor, Smart People juga harus tahu kapan saatnya untuk hold saham. Agar bisa tahu kapan untuk melakukannya, tentu Smart People harus kenali dulu karakteristik saham yang layak atau tepat untuk di-hold tersebut. Supaya tidak salah pilih saham untuk di-hold nanti, simak karakteristiknya di bawah ini!

Apa Itu Hold

Sebelum membahas mengenai ciri atau karakteristik saham yang layak untuk dipertahankan atau di-hold, baiknya Smart People yang masih pemula di dunia trading atau investing coba kenali dulu apa itu hold. Dilansir dari IDX, istilah hold sendiri merujuk pada tindakan yang direkomendasikan oleh para analis untuk tidak membeli maupun menjual saham yang dimiliki.

Sesuai dengan maknanya juga, saat sebuah saham direkomendasikan untuk di-hold, maka baiknya Smart People pertahankan atau pegang saham itu terlebih dahulu. Biasanya, saham yang direkomendasikan untuk dipertahankan ini diperkirakan bisa menunjukkan performa yang lebih bagus ke depannya.

Baca Juga5 Cara Belajar Trading Saham Dari Nol Sampai Sukses

Karakter Saham yang Layak di-Hold 

Mengingat hold merupakan salah satu dari 3 rekomendasi tindakan dasar saat trading saham, tentu saja akan sangat baik bila Smart People tahu kapan waktunya saham layak dipertahankan. Agar tidak salah pilih saham untuk dipertahankan atau pun sebaliknya, Smart People bisa cari tahu karakteristik saham yang layak untuk di-hold berikut ini.

  1. Performa Saham yang Stabil

Saham yang direkomendasikan untuk di-hold umumnya dilihat oleh para analis memiliki performa yang stabil. Stabil maksudnya di sini adalah saham tersebut tidak menunjukkan kondisi yang outperform atau mengalami kenaikan harga yang diperkirakan bisa melebihi acuan pasar atau pun underperform atau mengalami penurunan harga yang diperkirakan bisa melebihi acuan pasar. 

  1. Market Share Meningkat

Saham yang layak untuk dipertahankan juga ditandai dengan terjadinya peningkatan market share-nya. Market share sendiri mempresentasikan porsi perusahaan di suatu pasar pada periode waktu tertentu. Nilai market share dikalkulasikan dengan membagi hasil penjualan perusahaan dengan total penjualan di industri pada periode waktu yang sama. 

Jika suatu perusahaan berhasil menunjukkan performa market share yang bagus di marketplace, maka perusahaan tersebut akan bisa menyingkirkan kompetitornya dan mengambil market share yang dimiliki oleh kompetitor tersebut. Saham dari perusahaan dengan market share yang terus tumbuh terbilang layak untuk Smart People pertahankan. 

  1. Memiliki Inovasi 

Cara membeli saham yang tepat dan layak untuk di-hold juga bisa dalam bentuk membeli saham dari perusahaan yang terus menunjukkan inovasi. Agar bisa tetap bertahan di tengah pasar yang kompetitif, sebuah perusahaan harus bisa terus menghasilkan inovasi baru. Dengan begini, maka perusahaan tersebut akan bisa bertahan dengan ancaman dari kompetitornya. 

Jika Smart People sudah mengobservasi dan menemukan perusahaan yang memiliki track records yang bagus dalam hal inovasi dan performanya, maka saham perusahaan tersebut layak untuk di-hold. Meskipun saham dipertahankan dalam waktu lama, terobosan baru yang selalu dihadirkan oleh perusahaan akan bisa tetap memberikan imbal yang memuaskan bagi pemegang sahamnya.  

  1. Pimpinan Perusahaan Punya Leadership yang Solid 

Saham perusahaan yang dipimpin oleh direktur dengan kemampuan leadership yang bagus, terbilang layak untuk dipertahankan. Pasalnya, kesuksesan perusahaan umumnya berbanding lurus dengan kemampuan leadership yang dimiliki oleh pemimpinnya. Tidak hanya pemimpin, perusahaan dengan tingkat turnover manajemen yang rendah juga layak untuk dipertahankan sahamnya.   

Jika ternyata perusahaan tersebut memiliki tingkat turnover pemimpin atau manajemen yang tinggi, biasanya hal tersebut mengindikasikan kalau ada isu yang serius yang tidak tertangani di perusahaan tersebut. Perusahaan dengan kondisi seperti ini baiknya sahamnya tidak perlu dipertahankan dalam waktu lama. 

  1. Memperhatikan Pemegang Saham 

Perusahaan yang baik biasanya sering mengembalikan surplus cash pada para pemiliknya. Nah, saham dari perusahaan yang seperti inilah yang layak untuk di-hold. Smart People bisa pertahankan saham yang berasal dari perusahaan yang memperhatikan kesejahteraan atau imbal hasil yang bakal diperoleh oleh para pemegang sahamnya atau shareholders

Perhatian pada para pemegang saham ini bisa dalam bentuk berbagai hal, salah satunya adalah dengan rencana pembagian dividen yang sehat. Dengan begini, imbal yang diperoleh perusahaan tidak hanya semata-mata untuk menguntungkan pihaknya saja, melainkan juga para pemegang saham yang percaya dengan performa perusahaannya.

Baca JugaMau Mulai Trading Saham Online Pakai Aplikasi? Pilih Aplikasi Ini!

Beberapa Pertanyaan Seputar Cara Membeli Saham

  • Berapa minimal uang untuk beli saham

Sebagai investor atau trader saham, tidak ada minimal uang yang harus dikeluarkan untuk beli saham. Namun, para investor wajib membeli 1 lot saham yang senilai 100 lembar saham.

  • Apa saja syarat membeli saham

Para investor bisa mendaftarkan diri di perusahaan sekuritas melalui aplikasi seperti misalnya RHB Tradesmart ID. Dengan mendaftar dan mengisi informasi pribadi yang akan disimpan secara aman oleh perusahaan sekuritas, Anda bisa langsung mulai investasi saham setelah disetujui oleh perusahaan sekuritas.

Cara Membeli Saham dan Kenapa Harus RHB Tradesmart ID

Bagi para pemula, pengambilan keputusan untuk buy, sell, atau pun hold saham, tentu bukanlah hal yang bisa dianggap mudah. Makanya, dibutuhkan informasi sebanyak mungkin mengenai saham tersebut, berikut analisis mengenai potensi performa saham itu nantinya. Nah, informasi penting tersebut bisa diperoleh dengan menggunakan aplikasi trading saham online, RHB Tradesmart ID.

Cara membeli saham melalui aplikasi RHB Tradesmart ID juga cukup mudah, dengan beberapa klik mulai dari memilih saham yang akan dibeli, kemudian memasukkan nominal lot saham yang akan dibeli, dan menyelesaikan pembayarannya. 

RHB Tradesmart ID pun juga memiliki fitur unggulan bagi para trader pemula maupun ahli dalam membeli saham yang namanya ARO atau Assisted Robo Optimization. Adanya fitur ini memungkinkan Smart People, terkhusus yang masih pemula, untuk memulai investasi dan mengamati perkembangan saham secara real time. Informasi penting tentang saham inilah yang nantinya bakal digunakan untuk pengambilan keputusan akan saham tersebut.

Selain menggali cara membeli saham, jangan lupa juga untuk mengenali karakteristik dari saham yang layak untuk di-hold atau dipertahankan. Dengan mengetahui karakter saham yang bagus untuk tetap dipegang dalam waktu yang lebih lama ini, maka Smart People memiliki peluang untuk memperoleh imbal yang lebih memuaskan nanti di masa depan.

Yuk dukung aktivitas investasi dan trading yang Smart People lakukan dengan menggunakan RHB Tradesmart ID. Smart People bisa unduh aplikasi RHB Tradesmart ID untuk merasakan pengalaman investasi dan trading yang mumpuni.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal