<< Back

Tips Investasi Thohir dan Uno, Tokoh Politik Indonesia

erick-thohir-sandiaga-uno

Kepiawaian para tokoh politik ternyata tidak hanya di panggung politik saja, melainkan juga di bidang investasi saham. Tidak sedikit tokoh politik Indonesia yang sukses dalam berinvestasi saham dan kemudian membuatnya bisa meraup imbal hasil yang besar dari aktivitas tersebut. Cari tahu bagaimana strategi investasi ala tokoh politik tersebut pada ulasan di bawah ini. 

Diversifikasi Portofolio ala Erick Thohir 

Jika ingin investasi saham bisa berhasil, maka lakukanlah diversifikasi portofolio secara rutin. Strategi investasi yang terkenal ini juga digunakan oleh tokoh politik kenamaan Indonesia, yakni Erick Thohir, yang saat ini menjabat sebagai Menteri BUMN. Lantas, apa saja sih harus dilakukan untuk mewujudkan portofolio saham yang sehat dan mendatangkan imbal hasil tersebut? 

Diversifikasi pada dasarnya merupakan bentuk pembagian investasi ke berbagai bentuk instrumen keuangan, bisa dalam bentuk saham, reksa dana, obligasi, hingga properti. Jika Smart People melakukan cara ini, maka aset yang dimiliki akan saling mengimbangi satu sama lain, jika ada yang performanya sedang naik atau sedang turun. 

Nah, tidak hanya dalam bentuk diversifikasi instrumen keuangan saja, namun diversifikasi juga bisa diaplikasikan pada saham-saham yang dikoleksi. Diversifikasi tersebut dilakukan dengan cara membeli saham dari sektor-sektor yang berbeda. Jika melakukan cara seperti ini, bila saham di satu sektor sedang mengalami volatilitas, akan bisa diimbangi oleh saham yang memiliki kinerja baik. 

Diversifikasi portofolio merupakan cara yang ampuh untuk mewujudkan tujuan investasi. Agar hasilnya makin optimal, pastikan Smart People nantinya melakukan rebalancing atau penyeimbangan portofolio kembali secara berkala. Tindakan rebalancing ini untuk mengeluarkan saham yang sudah tidak lagi sesuai dengan tujuan investasi dan menggantinya dengan yang baru. 

Lakukan Riset dan Analisis ala Tokoh Politik

Tidak hanya melakukan diversifikasi portofolio, Erick Thohir juga menyarankan untuk melakukan riset dan analisis mendalam terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan investasi. Hal ini dilakukan agar seseorang tidak terjebak dalam investasi yang sifatnya spekulatif atau berisiko tinggi. 

Dalam menerapkan strategi investasi satu ini, Smart People baiknya mencari tahu bentuk investasi apa yang memang cocok untuk diri sendiri. Pasalnya, investor itu bisa digolongkan ke dalam beberapa tipe, yakni tipe konservatif, moderat, dan agresif. Masing-masing profil risiko ini memiliki tingkat toleransi risiko investasi yang tentunya berbeda-beda. 

Investor tipe konservatif sesuai dengan investasi berisiko rendah, sebaliknya, investor tipe agresif sesuai dengan investasi berisiko tinggi. Dalam berinvestasi saham misalnya, ada beberapa saham yang tergolong sebagai saham dengan risiko yang rendah, sedangkan sebagian saham lagi terbilang berisiko tinggi karena volatilitasnya yang tinggi pula. 

Riset dan analisis tersebut tidak hanya berhenti saat memilih aset investasi, melainkan juga pada saat mengambil keputusan investasi. Pertimbangkan hasil riset dan analisis yang dilakukan untuk memutuskan tindakan yang akan dilakukan selanjutnya. Jangan mudah terbawa suasana hati saat akan mengambil keputusan investasi, karena biasanya hasilnya akan bias. 

Pilih Sektor Bisnis Berbasis Konsumsi ala Sandiaga Uno

Tidak hanya dari Erick Thohir, namun strategi investasi ala Sandiaga Uno satu ini juga bisa Smart People jadikan sebagai pelajaran dalam berinvestasi saham nantinya. Sandiaga Uno menyarankan untuk fokus menanam modal dalam bisnis yang berbasis konsumsi. Pasalnya, bisnis berbasis konsumsi merupakan salah satu roda penggerak utama bagi perekonomian Indonesia. 

Smart People bisa memilih saham dari emiten yang bidang usahanya memproduksi barang konsumsi, seperti makanan, minuman, hingga pakaian. Perusahaan-perusahaan yang memproduksi barang-barang konsumsi yang digunakan setiap hari tersebut pasti akan meningkat sahamnya. 

Pun begitu, tetap saja harus waspada dengan saham-saham di bidang berbasis konsumsi yang sifatnya terbilang spekulatif alias tidak bisa diprediksi pergerakan sahamnya. Pilihlah saham di bidang berbasis konsumsi yang memang memiliki fundamental yang bagus, sehingga hasilnya nanti pun bisa turut mewujudkan tujuan investasi saham.

Sabar dalam Berinvestasi 

Nah, strategi penting dalam berinvestasi selanjutnya menurut tokoh politik Indonesia, di antaranya Sandiaga Uno, adalah dengan bersabar. Buah investasi tidak akan bisa dinikmati secara instan, namun ada proses yang harus dilewati hingga nantinya investasi yang dilakukan tersebut menunjukkan hasil yang memang sesuai atau tidak dengan yang diinginkan. 

Tetapkan satu rencana investasi dengan beberapa rencana darurat, sekiranya ada sandungan yang menimbulkan risiko loss yang besar di tengah jalan. Jangan mudah gonta-ganti rencana investasi, hanya karena terbuai dengan orang lain ataupun kepanikan saat melihat kondisi pergerakan saham yang tentu saja tidak mudah ditebak.

Aplikasikan Strategi Investasi Tokoh Politik dengan RHB Tradesmart ID 

Yuk jadi investor sukses seperti tokoh-tokoh politik ternama Tanah Air dengan dukungan RHB Tradesmart ID, aplikasi investasi dan trading saham online. RHB Tradesmart ID menghadirkan fitur SMART, yang bisa bantu Smart People dalam berinvestasi saham, sehingga tujuan investasi saham bisa diwujudkan. Imbal hasil impian pun akhirnya menjadi bisa menjadi kenyataan.  

Salah satu bagian dari fitur SMART adalah Smart Analyzer. Fitur satu ini memungkinkan Smart People untuk menganalisis saham incaran, sekaligus mengetahui pergerakan harga saham secara real time. Nantinya, Smart People bisa menggunakan hasil analisis saham tersebut sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan terkait saham incaran tersebut. 

Sebanyak itu manfaatnya, apa masih ragu unduh RHB Tradesmart ID? Mulai investasi saham sekarang juga dengan RHB Tradesmart ID dan wujudkan tujuan investasi. 

Sumber: 

Tim CNN Indonesia. 2023, Maret 23. Sandiaga Beber Strategi Investasi Bikin Hartanya Naik Rp300 M Setahun. CNN Indonesia. Diakses pada tanggal 8 September 2024 melalui https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20230323131212-92-928537/sandiaga-beber-strategi-investasi-bikin-hartanya-naik-rp300-m-setahun.

Safitri, Kiki, dkk. 2023, Oktober 30. Tips Investasi dari Erick Thohir untuk Anak Muda. Kompas.com. Diakses pada tanggal 8 September 2024 melalui https://money.kompas.com/read/2023/10/30/090600426/tips-investasi-dari-erick-thohir-untuk-anak-muda.

Muliati, Firda Dwi. 2023. September 16. Sandiaga Uno Kasih Tips Investasi Sebelum RI Jadi Negara Kaya. CNBC Indonesia. Diakses pada tanggal 8 September 2024 melalui https://www.cnbcindonesia.com/market/20230916163115-17-473046/sandiaga-uno-kasih-tips-investasi-sebelum-ri-jadi-negara-kaya

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal