<< Back

Terungkap! Ini Deretan Kesalahan Trading Saham yang Kerap Dilakukan Pemula

Sebagai pemula di bidang trading saham, tentu saja kemungkinan untuk melakukan kesalahan itu terbilang besar. Makanya, para pemula di bidang trading saham diharapkan untuk bisa mencari tahu sebanyak mungkin informasi mengenai kesalahan-kesalahan yang kerap dilakukan saat trading. Smart People bisa simak berikut ini beberapa kesalahan trading saham yang kerap dilakukan pemula. 

Kesalahan Trading Saham Para Pemula 

1. Trading Dipengaruhi Bias Emosi 

Salah satu kesalahan yang kerap kali dilakukan oleh para trader pemula adalah mengambil keputusan trading yang dipengaruhi oleh bias emosi atau sisi emosional. Jadi, alih-alih mengambil keputusan secara logis, berdasarkan data dan fakta di lapangan, trader pemula lebih memilih menuruti perasaan atau instingnya dalam mengambil keputusan trading saham. 

Tentu saja, rasa takut, cemas, tertekan, terlalu bahagia, dan lainnya, akan bisa membuat seseorang mengambil keputusan dengan tergesa-gesa dan tidak matang. Keputusan yang diambil dengan pengaruh bias emosi inilah yang biasanya akan memunculkan rasa bersalah di kemudian hari, karena ternyata hasil keputusan trading tersebut tidak sesuai dengan harapan. 

2. Mengambil Risiko yang Terlalu Besar 

Kesalahan lain yang juga kerap dilakukan oleh para trader pemula adalah mengambil risiko yang terlalu besar dari yang bisa ditanggungnya. Tindakan berbahaya ini biasanya diambil secara impulsif, karena tergoda dengan banyaknya peluang di pasar saham untuk memperoleh imbal hasil yang besar, namun tidak dibarengi dengan strategi trading yang matang. 

Pengambilan risiko yang terlalu besar akan bisa berdampak negatif, di antaranya dalam bentuk kehilangan modal yang cukup besar. Pada kondisi seperti ini, biasanya trader pemula bukannya malah melakukan introspeksi diri, namun malah makin penasaran untuk bisa mendapatkan imbal hasil yang lebih besar agar bisa menutup kerugian yang dialaminya sebelumnya. 

3. Tidak Menyusun Strategi Trading 

Kesalahan trading saham lainnya yang juga biasa dilakukan oleh para trader pemula adalah tidak memiliki atau menyusun strategi trading yang matang. Biasanya, trader pemula ini hanya ikut-ikutan saja dengan langkah atau cara trading yang dilakukan oleh para trader lainnya yang mereka anggap berhasil mendapatkan imbal hasil yang besar. 

Tidak adanya strategi trading ini membuat trader pemula begitu dekat dengan potensi loss. Apalagi jika memang kerugian terjadi, trader pemula biasanya tidak memiliki rencana khusus agar bisa meminimalisir risiko kerugian yang akan dialaminya. Alhasil, kegagalan trading pun akhirnya harus dialami. 

Cara Trading Saham Bagi Trader Pemula 

1. Cari Tahu Profil Risiko 

Hal yang penting untuk dilakukan oleh para trader pemula adalah mencari tahu profil risiko dirinya, apakah dirinya tergolong ke dalam tipe konservatif, moderatif, ataupun agresif. Dengan mengetahui apa profil risikonya terlebih dahulu, maka nantinya trader pemula tersebut akan bisa memetakan dengan baik berapa modal untuk trading dan jumlah loss yang bisa ditanggungnya. 

Menentukan profil risiko bisa dilakukan dengan cara melakukan evaluasi atas semua aset yang dimiliki oleh trader tersebut. Biasanya, semakin banyak aset yang dimiliki, maka akan semakin tinggi juga toleransi seseorang atas risiko yang mungkin dihadapinya saat trading. Sebaliknya, semakin sedikit asetnya, maka semakin kecil pula toleransinya saat trading

2. Hindari Bias Emosi 

Agar bisa sukses dalam melakukan trading saham, belajarlah untuk menghindari sepenuhnya bias emosi pada saat trading. Bias emosi kerap kali menggiring seseorang untuk mengambil keputusan yang tidak sesuai dengan fakta dan data di lapangan, sehingga hasilnya pun tidak sesuai harapan. Lantas, bagaimana cara untuk menghindari bias emosi tersebut saat trading?

Agar bisa menghindari bias emosi, trader bisa melatih kedisiplinannya untuk patuh dengan strategi trading yang telah disusun, serta fokus untuk mencapai tujuan trading sahamnya. Jika perlu, susun peraturan khusus yang harus dipatuhi pada saat trading, agar bias emosi bisa dihindari dan keputusan trading saham yang rasional bisa diambil. 

3. Susun dan Jalankan Strategi Trading Saham dengan Baik 

Agar trading saham bisa memberikan imbal hasil sesuai dengan harapan, tentu saja strategi trading begitu penting untuk dimiliki. Patut dipahami bahwa masing-masing trader akan bisa memiliki strategi trading yang berbeda-beda, yang biasanya disebabkan karena perbedaan dari tujuan trading saham itu sendiri. Jadi, tak masalah untuk menyusun sendiri strategi trading tersebut. 

Dalam menyusun strategi trading, jangan lupa untuk memasukkan rencana jalan keluar, sekiranya terjadi hal yang tidak diinginkan saat trading nantinya. Rencana tersebut bisa dieksekusi saat arah trading tidak sesuai dengan ekspektasi dan berpotensi memicu loss yang besar. Dengan begini, maka potensi atau risiko loss besar saat trading akan bisa diminimalisir. 

Mulai Trading Saham dengan RHB Tradesmart ID 

Memilih aplikasi trading yang tepat juga merupakan salah satu tips jitu bagi para trader pemula agar bisa sukses dalam trading. Nah, bagi Smart People yang masih baru di bidang trading ini, bisa coba untuk menggunakan aplikasi trading dan investasi saham online, RHB Tradesmart ID. Aplikasi satu ini didesain ramah untuk pemula, sehingga akan bisa membantu untuk terbiasa dengan trading.

Salah satu fitur RHB Tradesmart ID yang bakal membantu para trader pemula dalam trading adalah Smart Analyzer dengan teknologi ARO (Assisted Robo Optimization). Fitur satu ini bisa memberikan informasi terkait dengan saham incaran trader, sekaligus ulasan mengenai saham tersebut. Dengan begini, maka trader pemula akan bisa terbantu dalam mengambil keputusan trading

Jangan takut untuk memulai trading saham. Smart People bisa gunakan RHB Tradesmart ID untuk mendukung aktivitas trading bagi pemula. Unduh aplikasinya sekarang juga dan raup imbal hasil sebanyak-banyaknya. 

Sumber: 

Mitchell, Cory. 2022, Maret 18. Day Trading Tips for Beginners. The Balance. Diakses pada tanggal 10 Maret 2024 melalui https://www.thebalancemoney.com/day-trading-tips-for-beginners-on-getting-started-4047240

 Royal, James. 2023, Oktober 23. Stock market basics: 9 tips for beginners. Bankrate. Diakses pada tanggal 10 Maret 2024 melalui  https://www.bankrate.com/investing/stock-market-basics-for-beginners/

Picardo, Elvis. 2021, Agustus 18. Common Investor and Trader Blunders. Investopedia. Diakses pada tanggal 10 Maret 2024 melalui https://www.investopedia.com/articles/active-trading/013015/worst-mistakes-beginner-traders-make.asp

Farley, Alan. 2022, April 20. Seven Common Trading Mistakes. Yahoo! Finance. Diakses pada tanggal 10 Maret 2024 melalui https://finance.yahoo.com/news/seven-common-trading-mistakes-074838195.html

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal