<< Back

Ternyata Ini Macam-Macam Biaya Transaksi Jual Beli Saham!

Biaya transaksi saham

Investasi saham sampai saat ini dianggap sebagai salah satu pilihan tepat untuk menghimpun lebih banyak imbal hasil. Apalagi sekarang transaksi jual beli saham semakin mudah untuk dilakukan lewat aplikasi mobile. Jika Smart People juga tertarik untuk berinvestasi dan melakukan jual beli saham, maka pastikan ada persiapan. Salah satunya adalah persiapan biaya.

Ragam Jenis Biaya Transaksi Saham

Smart People yang tertarik berinvestasi saham wajib tahu apa saja jenis biaya yang nantinya terlibat dalam proses transaksi tersebut. Jika sudah tahu apa saja jenis biayanya, maka Smart People bisa lebih mudah mempersiapkan diri. Berikut adalah beberapa jenis biaya yang terlibat saat transaksi jual beli saham.

  1. Komisi Broker

Pertama ada biaya komisi broker yang harus dikeluarkan oleh investor atau trader. Broker itu sendiri merupakan pihak yang akan menjadi perantara transaksi saham. Broker menjadi penghubung antara investor dengan sistem perdagangan elektronik Bursa Efek Indonesia atau BEI. Bisa dikatakan bahwa transaksi jual beli saham tidak akan terjadi tanpa bantuan broker.

Komisi broker ini adalah biaya jasa yang sudah ditentukan oleh pihak sekuritas. Biaya ini berlaku jika investor meneruskan permintaan jual beli kepada BEI. Itulah mengapa sangat penting bagi investor untuk memperhitungkan biaya komisi ini sebelum memilih perusahaan sekuritas.

Pada dasarnya biaya yang dikeluarkan untuk komisi broker ini terhitung ringan bagi investor. Apalagi jika investor melakukan transaksi saham dengan hitungan sampai jutaan rupiah. Komisi yang harus diberikan kepada broker tidak akan terasa berat dan tidak berpengaruh besar pada imbal hasil.

  1. Biaya Transaksi (Levy)

Selanjutnya ada biaya transaksi dari BEI yang biasa disebut juga dengan istilah levy atau IDX levy. Ini merupakan biaya yang harus dibayarkan setiap kali investor melakukan transaksi jual beli saham dan memakai fasilitas dari BEI. Jika biaya komisi broker tadi adalah harga jasa yang mereka berikan sebagai perantara, maka levy ini adalah biaya jasa yang dikenakan langsung oleh BEI.

Tanpa adanya fasilitas transaksi yang diberikan oleh BEI, investor memang kesulitan untuk menyelesaikan jual beli saham. Jadi bukan hal yang aneh jika BEI kemudian memberlakukan biaya transaksi. Besarnya biaya transaksi ini cukup ringan dan tidak memberatkan investor.

Nominalnya sudah ditentukan langsung oleh direksi dari BEI. Biaya untuk transaksi jual beli saham atas pemakaian jasa adalah 0,04% dari total transaksi. Jika dibuat lebih rinci, maka 0,04% ini mencakup 0,01% untuk BEI, 0,01% untuk KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia), 0,01% biaya KPEI (Kliring Penjaminan Efek Indonesia), dan 0,01% jaminan KPEI.

  1. PPN

Ada juga PPN yang masuk ke dalam rangkaian biaya transaksi jual beli saham. PPN itu sendiri adalah kependekan dari Pajak Pertambahan Nilai dan akan selalu ada dalam setiap transaksi barang serta jasa. Aturan pajak ini juga berlaku pada transaksi jual beli saham. Itulah mengapa investor perlu memperhitungkannya dengan baik.

Namun tenang saja, biaya PPN ini juga tidak besar sehingga terbilang ringan bagi investor. Umumnya biaya PPN sudah masuk ke dalam hitungan komisi broker. Jadi untuk mengetahui besar nominalnya bisa dilihat langsung ke perusahaan sekuritas yang dipilih.

  1. PPh

Lanjut ke jenis biaya berikutnya yaitu PPh atau pajak penghasilan. PPh akan dikenakan kepada semua individu yang melakukan transaksi saham. Biaya PPh ini akan dibayarkan oleh investor melalui perusahaan sekuritas. Besarnya PPh juga terhitung ringan hanya 0,1% dari total transaksi yang dilakukan oleh investor.

Perlu diketahui bahwa PPh ini hanya diberlakukan kepada investor yang menjual saham dan tidak berlaku bagi investor yang melakukan pembelian. Namanya saja pajak penghasilan berarti hanya dikenakan kepada individu yang mendapat penghasilan dari hasil jual saham tadi. Sementara itu investor yang membeli saham bukan merupakan objek dari aturan pajak ini.

Sampai di sini, Smart People bisa memahami bahwa ternyata uang yang ditransaksikan saat menjual dan membeli saham harus melibatkan biaya-biaya tadi. Ini bisa jadi salah satu pertimbangan bagi Smart People saat harus melakukan jual beli saham melalui perusahaan sekuritas. Smart People bisa lebih cermat memilih perusahaan sekuritas mana yang menawarkan biaya paling terjangkau.

Mengapa Perlu Mengetahui Komponen Biaya Saat Transaksi?

Di dalam dunia investasi saham, investor memang harus jeli. Penting sekali bagi investor untuk mengetahui apa saja jenis biaya yang harus dibayarkan dalam satu kali melakukan transaksi. Tujuannya agar investor tidak merasa bingung saat ada biaya-biaya lain yang harus dibayarkan kepada sekuritas.

Lebih dari itu, dengan memahami semua jenis biaya yang terlibat dalam proses transaksi jual beli saham investor bisa lebih mudah menghitung imbal hasil. Salah satu tujuan utama investasi dan trading saham adalah demi memperoleh imbal hasil. Tentu imbal hasil tersebut harus dikurangi biaya-biaya tadi sebelum diterima oleh investor sehingga penting untuk memahami setiap komponen biaya yang terlibat.

Demi mendapatkan imbal hasil optimal dan meminimalkan biaya yang harus dikeluarkan saat membeli saham, maka Smart People perlu memilih sekuritas yang tepat. Pastikan untuk mencari informasi lebih detail mengenai besar biaya tambahan dalam transaksi saham di sekuritas tersebut.

Smart People bisa menjatuhkan pilihan kepada RHB Tradesmart ID yang memberikan fasilitas transaksi jual beli saham dengan biaya terjangkau. Lebih dari itu, aplikasi investasi ini juga memiliki fitur yang canggih sehingga mempermudah Smart People dalam jual beli saham. Langsung saja unduh aplikasi RHB Tradesmart ID dan nikmati beragam kemudahan investasi saham demi mendapat imbal hasil optimal.

Temukan artikel lainnya untuk mendapatkan pemahaman lebih banyak mengenai cara investasi saham dan cara belajar saham di sini!

Sumber:

Hadijah, Siti. (2022, Juli 08). Jenis Biaya yang Muncul saat Investasi Saham. Diakses pada tanggal 25 Februari 2023 melalui https://www.cermati.com/artikel/amp/jenis-biaya-yang-muncul-saat-investasi-saham .

MOST Mandiri Sekuritas. (2020, Desember 15). Macam-Macam Biaya yang Harus Anda Siapkan saat Investasi Saham. Diakses pada tanggal 25 Februari 2023 melalui https://www.most.co.id/tips-investasi/macam-macam-biaya-yang-harus-anda-siapkan-saat-investasi-saham .

Revina. (2023, Januari 2). Mengenal Fee Jual Beli Saham agar Investasi Menguntungkan. Diakses pada tanggal 25 Februari 2023 melalui https://ajaib.co.id/perhitungkan-fee-jual-beli-saham-agar-trading-menguntungkan/ .

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal