FAQ

Q: Apakah pindah saham dari broker lain ke RHB Tradesmart ID dikenakan biaya/fee?
A: Fee untuk pindah saham dari broker lain ke RHB tidak dikenakan biaya, tetapi Smart People
biasanya akan dikenakan fee oleh broker sebelumnya.
Q: Bisakah saya dapat laporan keuangan secara lengkap?
A: Smart People setiap bulan mendapatkan laporan keuangan (Statement of account). Bila Smart
People menginginkan laporan lengkapnya, Smart People dapat menelpon atau email ke support
mengenai request untuk laporan keuangan yang lengkap dengan menyebutkan code client. RHB
Tradesmart akan mengirimkan report tersebut melalui email.
Q: Bagaimana saya dapat laporan transaksi harian?
A: Sesuai prosedur pengiriman Trade Confirmation, RHB Tradesmart akan mengirimkan laporan via
email sesuai dengan email yang Smart People daftarkan pada opening account.
Q: Bagaimana sistem Transaksi dan Settlement pada online trading?
A: 1. Order Smart People otomatis dilanjutkan ke JATS
2. Ketika order matched maka status order nasabah akan menjadi completed.
3. Settlement akan memproses transaksi tersebut dalam waktu 2 hari, yg dikenal dengan T+2.
Pada T+3 (Suspend buy) akan dikonfirmasikan mengenai pembayaran dan T+4 akan Force Sell
(Jual Paksa).
Q: Kapan forced sell saham (jual paksa saham) dilakukan?
A: Bila Smart People belum menyelesaikan pembayarannya hingga T+3 sesi II, maka akan dilakukan
penjualan paksa saham yang dimiliki pada T+4 sesi I senilai dengan T+4.
Q: Jika sebelumnya saya menggunakan offline service, apakah saya bisa bermigrasi ke online service
(dan sebaliknya)? Bagaimana cara pengajuan migrasi akun saya?
A: Smart People dapat mengajukan migrasi akun dari offline ke Online Service dan sebaliknya. Smart
People dapat menghubungi Call Center di (021) 29707000 atau email di
id.support@rhbgroup.com untuk instruksi migrasi akun lebih lanjut.
Q: Bagaimana cara klaim waris untuk efek?
A: Persyaratan yang harus disiapkan oleh nasabah dalam Tata Cara Klaim Efek adalah sebagai
berikut:
1. Aplikasi Umum Pernyataan Ahli Waris; (Mau dijual atau dipindah hak ke waris)
2. Konfirmasi Penjatahan Saham Nasabah XXXX Nasabah yang meninggal dunia
3. Surat Keterangan Kematian Nasabah;
4. Copy Surat Nikah Nasabah yang meninggal dunia (jika ada);
5. Copy Kartu Keluarga Nasabah yang Meninggal Dunia
6. Surat Pernyataan semua ahli waris
7. Akte Panitera Pengadilan Negeri yang mengesahkan Surat Pernyataan Ahli Waris;
8. Akte Notaris yang Menerangkan Ahli Waris;
9. Copy KTP semua ahli waris;
10. Surat Kuasa ahli waris (jika diperlukan)
11. Copy Kartu Keluarga semua ahli waris (jika terpisah dengan Kartu Keluarga Nasabah);
12. Form pembukaan rekening efek ahli waris, jika saham tidak dijual dan akan dipindah ke
rekening waris.

Q: Bagaimana cara online trading?
A: Trading saham melalui aplikasi Online Trading kami sangat mudah. Smart People hanya perlu
menekan shortcut keys pada keyboard.
F2: Buy Order Pad (untuk input order beli)
F4: Sell Order Pad (untuk input order jual)
F9: Portfolio
Alt+W: Withdraw Order (membatalkan order)
Alt+A: Amend Order (mengubah order)
Q: Bisakah saya order diluar jam bursa (order booking)?
A: Bisa, Smart People bisa memasukkan order untuk hari berikutnya sesudah jam bursa hari ini.
Order dapat dilakukan setelah pukul 18.00 (setelah tutupan market hari ini). Dengan ketentuan:
- Dari pukul 23.00-01.00 WIB Smart People tidak bisa login ke aplikasi.
- Dari pukul 06.00-06.20 Nasabah bisa akses ke aplikasi tetapi tidak bisa trading.
Q: Bagaimana jam perdagangan pada Bursa Efek Indonesia?
A: Sehubungan dengan Surat Keputusan Direksi PT Bursa Efek Indonesia Nomor: Kep-00031/BEI/03-2020 perihal Perubahan Waktu Perdagangan atas Transaksi Bursa, dan Nomor: Kep-00061/BEI/07-2021 perihal peraturan Nomor II-A tentang perdagangan Efek Bersifat Ekuitas, maka Bursa melakukan penyesuaian jam perdagangan efek menjadi sebagai berikut:

Perdagangan Efek di Pasar Reguler, Pasar Tunai dan Pasar Negosiasi dilakukan selama jam perdagangan setiap Hari Bursa dengan berpedoman pada waktu JATS.

Jam Perdagangan Pasar Reguler:

  • Senin s/d Jumat:
    • Sesi 1: 09:00:00 - 11:30:00 WIB
    • Sesi 2: 13:30:00 - 14:49:59 WIB
Jam Perdagangan Pasar Tunai:
  • Senin s/d Jumat:
    • Sesi 1: 09:00:00 - 11:30:00 WIB
Jam Perdagangan Pasar Negosiasi:
  • Senin s/d Jumat:
    • Sesi 1: 09:00:00 - 11:30:00 WIB
    • Sesi 2: 13:30:00 - 15:30:00 WIB

Untuk Pasar Reguler menggunakan sesi Pra-pembukaan, Pra-penutupan dan Pasca Penutupan yang dilakukan setiap hari Bursa dengan jadwal sebagai berikut:

Pra-Pembukaan:

08:45 - 08:55 WIB: Anggota bursa efek memasukan penawaran jual dan atau permintaan beli.
08:55 - 08:59 WIB: JATS melakukan proses pembetukan harga pembukaan dan memperjumpakan penawaran jual dengan permintaan beli pada harga pembukaan berdasarkan price dan time priority.

Pra-penutupan dan Pasca Penutupan:

  • Sesi Pra-penutupan:
    14:50:00 - 14:58:00 WIB: Anggota bursa efek memasukan penawaran jual atau permintaan beli.
    14:58:01 - 15:00:00 WIB: Rentang waktu penutupan perdagangan secara acak.
    15:00:01 - 15:00:59 WIB: JATS melakukan proses pembentukan Harga Penutupan dan memperjumpakan penawaran jual dengan permintaan beli pada Harga Penutupan berdasarkan price dan time.
  • Sesi Pasca Penutupan:
    15:01:00 - 15:15:00 WIB: Anggota bursa efek untuk memasukkan penawaran jual dan atau permintaan beli pada harga penutupan dan JATS memperjumpakan secara berkelanjutan (continuous auction) atas penawaran jual dengan permintaan beli untuk efek yang sama secara keseluruhan maupun sebagian pada harga penutupan berdasarkan time priority.

Jam Perdagangan Derivatif - Kontrak Opsi Saham (KOS)

  • Senin s/d Kamis:
    • Sesi I 09:30 - 12:00 Waktu JOTS
    • Sesi II 13.30 - 16.00 Waktu JOTS
  • Jumat:
    • Sesi I 09:30 - 11:30 Waktu JOTS
    • Sesi II 14:00 - 16:00 Waktu JOTS
    • Exercise dan Automatic Exercise setiap Hari Bursa pukul 10:00 - 16:15 WIB

Jam Perdagangan Derivatif - Kontrak Berjangka

  • Senin s/d Jumat:
    • Sesi I 08:45:00 - 11:30:00 Waktu JATS
    • Sesi II 13:30:00 - 15:15:00 Waktu JATS
Untuk seri kontrak yang jatuh tempo, maka perdagangannya akan berakhir pada sesi II pukul 15:00:00 waktu JATS.

Jam Perdagangan Derivatif - Kontrak Opsi

  • Senin s/d Jumat:
    • Sesi I 09:30:00 - 11:30:00 Waktu JOTS
    • Sesi II 13:30:00 - 15:00:00 Waktu JOTS
Untuk seri kontrak yang jatuh tempo, maka perdagangannya akan berakhir pada sesi II pukul 15:00:00 waktu JOTS.

Jam Perdagangan Efek Bersifat Utang dan Sukuk melalui FITS

  • Senin s/d Jumat:
    • Sesi I 09:00:00 - 11:30:00 Waktu FITS
    • Sesi II 13:30:00 - 15:00:00 Waktu FITS

Jam Perdagangan Efek Bersifat Utang dan Sukuk melalui Sistem Penyelenggara Pasar Alternatif (SPPA)

  • Senin s/d Jumat:
    • Pukul 09:00:00 - 15:00:00 Waktu SPPA

Pelaporan Transaksi Efek melalui Sistem Penerima Laporan Transaksi Efek (PLTE)

  • Senin s/d Jumat:
    • Pukul 09:30:00 - 15:30:00 Waktu Sistem PLTE
Q: Jika saya tidak ada koneksi internet atau tidak bisa mengakses Online Trading, apakah saya tetap
bisa order beli/jual?
A: Bisa. Jika Smart People mengalami gangguan dengan koneksi internet atau tidak bisa mengakses
aplikasi Online Trading kami, Smart People bisa langsung menghubungi sales representative atau
menghubungi Call Centre kami di 021-50939700 untuk pemasangan order baru atau penggantian
dan pembatalan order.
Q: Bagaimana kebijakan penanganan sistem kalau terjadi masalah?
A: Dengan cara menghubungi call centre kami di 021-50939700 untuk melakukan pengecekan
terhadap aplikasi trading nasabah agar dapat diinvestigasi lebih lanjut. Smart People dapat
melakukan input transaksi secara manual dengan cara menghubungi sales representative atau
menghubungi call centre kami untuk pemasangan order baru atau penggantian dan
pembatalan order.
 
Q: Apakah saya bisa simultaneous login dari 2 device atau lebih yang berbeda?
A: Tidak bisa. Sistem Online Trading RHB Sekuritas Indonesia tidak mengizinkan nasabah melakukan
simultaneous log in.
 
Q: Bagaimana cara ganti password?
A: Pada login page di aplikasi RHB TradesmartID, lalu klik menu "Forgot Password". Otomatis reset
password akan terkirim ke email Smart People.
 
Q: Bagaimana cara saya ganti PIN?
A: Buka RHB TradesmartID aplikasi atau website, lalu klik menu "Account" dan pilih "Change PIN".
Masukkan PIN lama dan baru Smart People menggunakan kombinasi huruf dan angka atau
silahkan menghubungi Call Center RHB Sekuritas di 021-50939700 untuk bantuan.
 
Q: Apa yang terjadi pada akun saya jika saya salah password?
A: Jika Smart People memasukkan password yang salah sampai dengan tiga kali percobaan maka
secara otomatis sistem log in akan menghalangi Smart People untuk memasukkan password.
 
Q: Apakah saya dapat kartu AKSes?
A: Semua investor yang telah dibukakan Sub Rekening Efek oleh RHB Sekuritas Indonesia di KSEI
berhak mendapatkan akses atas Fasilitas AKSes KSEI melalui Perusahaan Efek atau Bank
Kustodian dimana investor terdaftar menjadi nasabah. Kartu AKSes ini berisi informasi yang
diperlukan untuk mengakses website Fasilitas AKSes KSEI dan juga nomor identitas investor
(Investor ID). Informasi lebih jelasnya dapat menghubungi Call Center Online Trading RHB
Sekuritas Indonesia di (021) 50939700 atau email ke id.support@rhbgroup.com
 
Q: Apakah short selling dapat dilakukan di RHB Sekuritas?
A: Berdasarkan peraturan pemerintah terkait ketentuan Short Selling, RHB Sekuritas Indonesia
melaksanakan Good Corporate Governance dan tidak melakukan praktek Short Selling.
 
Q: Kalau saya terlambat melakukan pembayaran, berapa penalti yang akan dibebankan pada saya?
A: Untuk Nasabah dengan bunga 26% per tahunnya, maka beban penalti yang harus dibayarkan
Nasabah per harinya adalah 0,072%
 
Q: Tentang username, password, dan PIN
A: Username, password dan PIN untuk mengakses sistem online trading akan diberikan melalui email
pada saat rekening efek nasabah telah aktif. Pergantian password tidak serta merta akan
menggantikan PIN karena Password dan PIN merupakan dua hal yang berbeda peruntukannya.
Password digunakan untuk mengakses market info BEI sementara PIN digunakan untuk
mengakses data rekening nasabah dan bertransaksi. User ID nasabah akan secara otomatis
tersuspend apabila nasabah salah memasukkan password 3x berturut-turut.

Q: Apa itu fund withdrawal?
A: Fund Withdrawal adalah fasilitas yang diberikan untuk Smart People agar dapat melakukan penarikan dana secara rahasia dan pribadi.
Q: Bagaimana cara user menarik uang (fund withdrawal)?
A: Penarikan dana (Fund withdrawal) dapat Smart People lakukan dari berbagai aplikasi (Desktop
App, Web App dan Mobile App) di RHB TradeSmart. Pilih menu Account lalu pilih "Fund
Withdrawal" masukkan nominal dana yang hendak di tarik.
Q: Bagaimana aturan fund withdrawal?
A: Smart People sudah bisa melakukan penarikan dana T+0 setiap hari mulai dari Pkl 01.30 - 11.30
WIB. Jika Smart People melakukan fund withdrawal melewati jam tersebut, dana akan
ditransferkan keesokan harinya (T+1). Silahkan mengisi tanggal transfer (T0/T1/T2) dan jumlah
penarikan dana.
  • Pastikan New Outstanding Balance (NOB) positif maksimal pkl 11.30 WIB agar dana dapat diproses dan ditransfer ke rekening nasabah pada hari yang sama (T+0). Request hanya dapat dilakukan 1x/hari, dapat dibatalkan dan hanya untuk account Reguler. Request hanya dapat dilakukan melalui aplikasi di Android dan Desktop (Windows)
  • Smart People dapat menerima dana di hari yang sama max jam pkl 17.00 WIB tergantung dari bank masing-masing. Jika penarikan menggunakan rekening di luar Bank BCA memerlukan biaya transfer tergantung dari tiap-tiap bank.
  • Pastikan dana tersedia sampai batas waktu penarikan dana T+0 Pkl 11.30 WIB agar dapat diproses.
  • Nominal maksimal penarikan dana yang dapat dilakukan memperhitungkan kewajiban transaksi yang jatuh tempo pada T+0, T+1 dan T+2 serta open order.
  • Untuk status withdrawal hanya bisa di cek di dalam aplikasi nasabah saja, cancel withdraw hanya dapat di proses bila status masih receive.
Q: Bagaimana cara menambah dana ke RDN?
A: Penambahan dana dapat dilakukan pada rekening Smart People sewaktu-waktu. Penambahan
dana dapat disetorkan ke nomor Rekening Dana Nasabah yang Smart People miliki
Q: Bagaimana cara setor dana awal untuk pembukaan account?
A: Semua nasabah pemilik rekening efek di RHB Sekuritas Indonesia harus membuka Rekening Dana
Nasabah (RDN) di salah satu bank Indonesia sebagai berikut:
Bank BCA
Bank Permata
Bank Panin
setelah Smart People sudah mendapatkan nomor RDN, setoran awal atau penambahan dana dapat disetorkan ke rekening RDN tersebut.
Q: Kapan waktu cut-off time setoran dana dari nasabah?
A:

Sehubungan dengan efisiensi proses harian di back-office system kami, maka mulai tanggal 1
November 2017, kami memberlakukan cut-off time untuk setoran dana dari nasabah di rekening RDN masing-masing nasabah di mana setoran dana di RDN yang good fund di RHB sampai dengan jam 15.00 akan diproses dalam back-office system pada hari kerja yang sama dan setoran yang good fund setelah jam 15.00 baru akan diproses pada hari kerja berikutnya.

Mohon diperhatikan dan dikomunikasikan ke nasabah terutama apabila nasabah melakukan setoran dana ke RDN untuk pembayaran transaksi yang jatuh tempo pada T+3. Keterlambatan proses karena dana yang masuk setelah jam 16.00 akan menyebabkan nasabah terkena late charges.

Q: Berapa dana minimal yang bisa saya tarik?
A: Minimum penarikan dana yang dilakukan Smart People adalah Rp 50.000,-

PENGADUAN, PELAPORAN, KEAMANAN INFO

  1. Nasabah dapat menyampaikan komplain melalui; email, telephone, WhatsApp business maupun secara langsung. Baik ke cabang terdekat atau e-broking.
  2. Mengisi Formulir Pengaduan Nasabah (FPN) dengan lengkap dan menandatanganinya atau mengirim surat langsung kepada RHB.
  3. Menyerahkan FPN yang sudah diisi dan di tanda tangani kepada Equity Sales/cabang, Support atau langsung kepada bagian Compliance beserta dokumen pendukung yang jelas.

Nasabah menerima laporan/penyelesaian dari complaint yang ajukan maksimum dalam 20 hari kerja.


KEBIJAKAN SISTEM MANAJEMEN KEAMANAN INFORMASI


Dalam rangka mengelola sistem manajemen keamanan informasi, Information Technology Department PT. RHB Sekuritas Indonesia berkomitmen untuk:

  1. Melindungi Kerahasiaan dan keamanan Informasi seluruh data pribadi pengguna.
  2. Menyediakan layanan yang berorientasi pada kepuasan pelanggan serta memenuhi aspek keamanan, kehandalan, dan efisien.
  3. Menjaga aspek kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan dari seluruh dan aset informasi milik perusahaan dari ancaman dari pihak internal maupun eksternal.
  4. Menjaga dan senantiasa meningkatkan kualitas layanan melalui kegiatan pengawasan, pelaporan, dan peninjauan secara konsisten disertai dengan perbaikan berkelanjutan dan berkesinambungan.
  5. Memenuhi peraturan perundangan yang berlaku serta memenuhi persyaratan Sistem Manajemen Keamanan Informasi berdasarkan standar ISO 27001:2013 dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Raih #MomenSmart bersama RHB Sekuritas

Trading saham lebih smart dengan mudah dan cepat bersama fitur ARO

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh
© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal
Open chat