<< Back

Ternyata Ini Dampak Berita Terkini Terhadap Pergerakan Saham!

Berita Terkini Pergerakan Saham

Hampir setiap hari, selalu saja ada berita terbaru yang muncul, entah itu berita seputar kondisi ekonomi, politik, keamanan, dan lainnya, baik itu nasional maupun internasional. Deretan berita terkini ini memberikan dampak pada banyak hal, salah satunya pada pergerakan saham. Agar bisa siap dengan efek dari berita tersebut, simak berikut ini beberapa jenis berita yang memengaruhi saham. 

Jenis Berita yang Memengaruhi Pergerakan Saham 

Berita-berita yang muncul tidak bisa dipungkiri akan bisa memengaruhi sentimen investor akan saham-saham yang dimilikinya. Mulai dari berita terkait dengan perusahaan atau emiten saham yang melakukan penggabungan ataupun akuisisi, berita sosial seperti bencana alam, hingga berita seputar kondisi politik suatu negara, akan bisa memengaruhi supply dan demand atas saham tertentu. 

Berita terkini yang tergolong positif biasanya akan menyebabkan investor saham untuk membeli saham. Salah satu contoh dari berita positif tersebut seperti pengumuman peluncuran produk baru dari sebuah entitas bisnis, yang kemudian bisa menarik minat orang-orang untuk membeli produk baru tersebut. Hal ini kemudian memicu kenaikan permintaan atas saham perusahaannya. 

Sebaliknya, berita terkini yang sifatnya negatif cenderung memicu para investor untuk menjual saham yang dimilikinya. Salah satu contoh berita negatif misalnya seperti kondisi politik suatu negara yang sedang tidak menentu. Kondisi ini bisa meningkatkan tekanan untuk melakukan penjualan saham yang dimiliki karena takut akan harganya yang akan semakin menurun. 

Berita terkini yang memengaruhi pergerakan saham tidak hanya yang berkaitan dengan kondisi perusahaan atau emitennya saja, melainkan juga kondisi sosial, ekonomi, bahkan hingga politik suatu negara maupun global. Smart People bisa simak berikut ini beberapa contoh berita yang biasanya memberikan dampak pada pergerakan saham

  1. Berita Terkait dengan Perusahaan Tertentu 

Berita terkait dengan perusahaan tertentu tentu menjadi berita terkini yang begitu berdampak pada pergerakan saham. Mulai dari berita berisikan pengumuman laporan keuangan perusahaan, berita tentang merger ataupun akuisisi yang dilakukan oleh perusahaan, hingga berita seputar rencana-rencana bisnis yang akan dilakukan oleh perusahaan. 

Laporan keuangan perusahaan yang terbilang baik misalnya, bisa dianggap sebagai berita yang positif, sehingga bisa memengaruhi permintaan akan saham tersebut dan harga saham bisa mengalami kenaikan. Sebaliknya, jika laporan keuangan perusahaan dalam kondisi yang tidak begitu baik, bisa memberikan efek negatif seperti menurunnya harga saham perusahaan tersebut. 

  1. Berita Terkait dengan Kondisi Politik 

Berita yang juga bisa memengaruhi pergerakan saham adalah berita mengenai kondisi politik suatu negara. Adapun pengaruh berita politik pada pasar saham biasanya berkaitan dengan pengambilan keputusan politik yang sedang dalam proses ataupun yang diekspektasikan akan diambil di masa mendatang. 

  1. Berita Terkait dengan Kondisi Ekonomi 

Berita mengenai kondisi ekonomi suatu negara juga akan bisa memengaruhi pasar saham dan tentunya portofolio saham yang dimiliki oleh para investor saham. Pemberitaan mengenai kondisi ekonomi suatu negara yang sedang dalam kondisi baik, akan bisa memicu munculnya sentimen positif di pasar saham, sehingga saham akan bisa terus menunjukkan pergerakan yang positif. 

Sebaliknya, pemberitaan tentang kondisi ekonomi suatu negara yang sedang dalam kondisi yang sedang tidak stabil, tentu akan memunculkan sentimen negatif di pasar saham. Harga-harga saham bisa mengalami penurunan, terutama sekali saham perusahaan yang performanya terus menurun kala ekonomi sedang tidak stabil. 

  1. Berita Terkait dengan Isu Global 

Berita tentang isu global juga bisa memengaruhi pergerakan saham. Salah satu contoh isu global yang sedang hangat-hangatnya sekarang adalah konflik antara Palestina dan Israel. Konflik yang sampai sekarang masih terus berlanjut ini di antaranya memicu kenaikan harga minyak dunia, sehingga saham-saham emiten minyak bumi dan gas alias migas turut mengalami peningkatan.

Namun, dibalik kenaikan harga saham emiten migas tersebut, konflik antara Palestina dan Israel memberikan pengaruh negatif pada emiten-emiten saham yang produksinya bergantung pada bahan baku impor, salah satunya emiten yang bergerak di bidang farmasi. Emiten-emiten saham tersebut cenderung kurang likuid, karena terjadi peningkatan biaya pengiriman akibat menjauhi wilayah konflik. 

Strategi Investasi untuk Meminimalisir Dampak Berita di Pasar Saham 

Sebagai seorang investor, Smart People sudah harus siap dengan segala kemungkinan yang bisa terjadi di pasar saham. Kemunculan berita yang kemudian memicu pergerakan saham, entah itu naik ataupun turun, juga harus diwaspadai. Ada beragam strategi investasi untuk menghadapi kemungkinan yang ditimbulkannya, salah satunya adalah dengan melakukan diversifikasi portofolio.

Diversifikasi portofolio dilakukan dengan cara menyebar modal investasi tidak hanya di satu sektor saham atau emiten saham saja, melainkan menyebarnya di beberapa sektor emiten saham yang berbeda. Dengan cara ini, sekiranya salah satu saham menunjukkan penurunan, portofolio saham bisa tetap diperkuat oleh saham di sektor lain yang terus menunjukkan peningkatan. 

Koleksi Saham-Saham Pilihan dengan RHB Tradesmart ID 

Cermat dalam memilih saham untuk dikoleksi merupakan salah satu strategi investasi saham. Agar Smart People bisa memperoleh informasi tambahan dalam memilih saham yang sesuai dan tentunya mendukung diversifikasi saham, Smart People bisa gunakan aplikasi investasi saham online, RHB Tradesmart ID. 

RHB Tradesmart ID hadir dengan fitur Smart Analyzer, yang memungkinkan penggunanya untuk lebih mudah dalam menganalisis saham. Alhasil, pengambilan keputusan investasi pun menjadi terasa lebih mudah. Selain Smart Analyzer, masih ada fitur lain yang tidak kalah membantunya, seperti Smart Rate, Smart Fee, dan Smart Points.  

Mulai investasi saham sekarang juga dengan menggunakan RHB Tradesmart ID. Unduh aplikasinya dengan mudah, lalu mulai investasi saham dengan modal yang ekonomis.  

Sumber: 

Redaksi. (2023, Oktober 09). Analis Jelaskan Dampak Konflik Israel-Palestina ke Saham Migas. Bisnis.com. Diakses pada tanggal 13 Mei 2024 melalui https://market.bisnis.com/read/20231009/189/1702474/analis-jelaskan-dampak-konflik-israel-palestina-ke-saham-migas. 

Harper, David R. 2024, Februari 16. Forces That Move Stock Prices. Investopedia. Diakses pada tanggal 13 Mei 2024 melalui https://www.investopedia.com/articles/basics/04/100804.asp

Beers, Brian. 2024, April 25. How the News Affects Stock Prices. Investopedia. Diakses pada tanggal 13 Mei 2024 melalui https://www.investopedia.com/ask/answers/155.asp

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal