<< Back

Ternyata Ini 5 Rahasia Menjadi Day Trader yang Sukses!

Trading harian atau day trading merupakan investasi untuk memperoleh imbal hasil yang cepat karena kegiatan jual-beli sekuritas dan saham dilakukan dalam satu hari yang sama. Saat ini, day trading adalah cara yang populer di kalangan investor. 

Seorang day trader membutuhkan ketelitian dan kemampuan analisis yang baik. Hal ini karena day trader harus berhadapan dengan risiko yang tinggi. Day trader bekerja dengan mengandalkan skema jual dan beli saham yang dilihat berdasarkan capaian harga dari saham per hari.

Agar menjadi day trader yang sukses, kamu bisa melakukan beberapa tips berikut ini. 

5 Rahasia Sukses Day Trading

Menambah Pengetahuan Tentang Saham

Dalam melakukan trading harian, pengetahuan yang kaya tentang saham akan membantu investor ketika membuat keputusan. Day trader yang sukses adalah mereka para investor yang sungguh-sungguh belajar memahami pasar, melakukan berbagai strategi, dan konsisten menjalankan rencana investasi berdasarkan pengetahuan yang mereka dapatkan. 

Seorang day trader, akan lebih sering melakukan analisis teknikal dibandingkan analisis fundamental. Karena, analisis teknikal akan membantu day trader untuk melihat pergerakan saham dalam jangka waktu yang pendek. Day trading sangat erat kaitannya dengan sentimen dan kondisi pasar dibandingkan fundamental perusahaan. 

Pengetahuan tentang saham bisa didapatkan dari buku yang membahas saham dan investasi. Para ahli yang sudah berpengalaman di bidang saham dan investasi, beberapa di antaranya membagikan pengalaman dan ilmunya dalam buku yang mereka tulis. 

Menentukan Anggaran (Budgeting)

Sebelum memulai trading, sebaiknya terlebih dahulu menentukan jumlah anggaran untuk investasi. Aktivitas trading yang menggiurkan, bisa saja membuat day trader hilang kendali dan salah membuat keputusan. Dengan adanya anggaran investasi, day trader akan lebih bijak mengelola nominal investasinya. 

Tips menjalani bagi day trader yang sangat fluktuatif, cobalah mulai dengan modal yang kecil. Ingat, day trading memiliki risiko yang cukup tinggi. Jadi seorang day trader juga perlu sabar untuk memantau kondisi dan sentimen pasar sebelum membuat keputusan. Modal kecil pada trading harian akan membuat day trader dapat mengukur besaran peluang imbal hasil yang akan diterima dan menekan kerugian yang mungkin terjadi. 

Membuat Trading Plans

Bukan hanya penting menentukan anggaran, seorang day trader juga disarankan untuk membuat trading plan. Dengan adanya trading plan, day trader akan memiliki pedoman untuk rencana investasi di pasar saham. 

Trading plans terdiri dari empat komponen berikut:

  • Daftar saham untuk trading.
  • Titik entry atau momen untuk membeli saham.
  • Titik exit atau momen untuk menjual saham.
  • Titik cut loss atau momen untuk menjual saham ketika harganya turun.

Jika seorang day trader sudah membuat trading plans, berusahalah untuk disiplin menjalankannya. Pengambilan keputusan di bawah pengaruh emosi, bisa membawa investor pada sebuah kerugian. Sikap disiplin berinvestasi sesuai dengan trading plans, akan mengarahkan day trader untuk lebih mudah mendapatkan imbal hasil investasinya. 

 

Ketahui Risiko dan Tantangan Day Trading

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa kegiatan day trading merupakan kegiatan yang berisiko tinggi. Walaupun populer di kalangan investor, namun day trading bukanlah cara tercepat untuk mendapatkan imbal hasil dan menjadi kaya. 

Sepanjang prosesnya, day trader akan dihadapkan dengan risiko kehilangan uang bahkan mengalami kerugian. Seorang day trader harus mau menjalani proses berbulan-bulan hingga bertahun-tahun untuk menjadi day trader yang sukses memahami pasar, menentukan strategi, dan disiplin menjalankan rencana setiap waktunya.

Butuh edukasi seputar saham lainnya? Follow akun Instagram RHB Sekuritas

Trading harian sama sekali bukan hal yang mudah. Untuk itu, seorang day trader harus memiliki kesabaran, kemampuan untuk menganalisis pasar, serta menentukan strategi. 

Dalam melakukan analisis, hal-hal seperti Rasio Harga Terhadap Pendapatan (P/E), Rasio Pertumbuhan Harga Terhadap Pendapatan (PEG), dan Rasio Hutang Terhadap EBITDA sangat perlu untuk masuk ke dalam hal yang dipertimbangkan. 

Sebelum memilih saham, harus dilihat bagaimana potensi pertumbuhan perusahaan dibandingkan dengan pesaing di industri yang sama. Selain itu, bagaimana potensi tumbuh perusahaan tersebut selama satu atau dua tahun ke depan. Gambaran apakah suatu perusahaan merupakan investasi berisiko tinggi atau tidak juga tidak boleh dilewatkan dalam melakukan analisis pasar. 

Pilih Aplikasi Day Trading yang Berizin OJK

Peningkatan antusiasme investor untuk menjadi day trader, seiring dengan peningkatan penyedia jasa trading. Setelah memperkaya diri dengan pengetahuan tentang saham, membuat perencanaan trading dan budgeting, seorang day trader juga harus memilih dengan baik aplikasi trading yang akan digunakan. 

Pastikan broker online dan aplikasi yang dipilih sudah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta memiliki track record yang baik. 

Tertarik untuk mulai investasi? Saat ini sudah hadir aplikasi RHB Tradesmart bagi yang ingin belajar investasi maupun trading saham dan sudah memiliki izin dari OJK. 

RHB Tradesmart ID merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk trading saham maupun investasi. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur menarik, seperti Smart Points, Smart Fee, Smart Rate, dan Smart Analyzer. Deretan fitur tersebut nantinya akan mendukung dan mengoptimalkan aktivitas dan imbal hasil investasi maupun trading saham yang dilakukan.

Yuk gunakan RHB Tradesmart ID untuk mengoptimalkan pengalaman saat investasi atau trading saham. Unduh aplikasi RHB Tradesmart ID di Play Store dan App Store untuk berinvestasi dimana saja dan kapan saja. 

Source:

Kumparan. 2022. “Tips Trading Saham Harian untuk Mencapai Keuntungan Optimal”. kumparan.com

Syahya Rembulan. 2022. “4 Teknik Trading Harian Agar Sukses!”. pinhome.id

Anggi Mardiana. 2022. “Memahami Pengertian dan Cara Trading Saham”. katadata.co.id

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal