<< Back

Saham Treasuri, Saham yang Dibeli Kembali

indonesian woman on a bus showing phone

Pernahkah Smart People mendengar istilah ‘saham treasuri’? Pada dasarnya, saham treasuri merupakan outstanding stock atau saham beredar yang dibeli kembali oleh perusahaan yang menerbitkannya. Lantas, apakah saham treasuri ini bisa tetap mendatangkan dividen bagi pemiliknya? Simak ulasan lebih lengkap mengenai saham treasuri di bawah ini. 

Apa Itu Saham Treasuri?

Saham treasuri atau treasury stock merupakan saham sebuah perusahaan yang dibeli kembali oleh perusahaan yang menerbitkannya. Saham ini bisa berasal dari saham perusahaan yang secara umum diterbitkan untuk diperjualbelikan. Bisa juga saham perusahaan yang sama sekali belum pernah diterbitkan untuk khalayak umum. 

Treasury stock sifatnya akan tetap sudah diterbitkan atau diedarkan oleh perusahaan. Nantinya, tidak akan dimasukkan dalam daftar distribusi dividen. Tidak termasuk kalkulasi earning per share (EPS) alias laba bersih perusahaan dibagi dengan jumlah saham yang beredar juga. Hasilnya nanti juga akan membuat jumlah total saham beredar di pasar terbuka akan berkurang. 

Saham treasuri ini nantinya bisa berstatus retired alias tidak bisa diterbitkan kembali oleh perusahaan. Saham ini juga tidak bisa dijual kembali oleh perusahaan di pasar terbuka. Saat statusnya diputuskan saham retired, maka saham tersebut tidak akan lagi terdaftar sebagai saham treasuri perusahaan tersebut secara permanen. 

Tujuan Saham Ini 

Salah satu tujuan utama pembelian kembali saham oleh perusahaan yang menerbitkannya adalah untuk menerbitkannya kembali. Harapannya di kemudian hari nilainya lebih potensial. Ketika waktunya sudah dirasa tepat untuk menerbitkan kembali saham tersebut, maka perusahaan akan bisa mengumpulkan modal dengan lebih cepat. Terutama saat sahamnya di kondisi undervalued

Selain untuk dijadikan saham simpanan yang dijual nantinya pada saat yang pas, ada alasan dibalik saham treasuri ini. Hal itu adalah untuk membatasi jumlah kepemilikan publik atas saham perusahaan tersebut. Alhasil, jumlah hak voting dari publik umum akan berkurang. Begitu pun dengan jumlah dividen yang harus disalurkan, karena saham treasuri tidak mendapatkan dividen. 

Manfaat Saham Treasuri 

  1. Meningkatkan Value Saham 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, adanya saham treasuri merupakan hasil dari pembelian kembali saham beredar oleh perusahaan yang menerbitkannya. Pembelian kembali ini didasari atas kondisi saham yang undervalued. Hal ini berarti nilai intrinsik saham lebih tinggi dibandingkan dengan harga jual saham tersebut. 

Tidak bagusnya performa saham tersebut kemudian akan ditunjang dengan adanya saham treasuri. Pembelian kembali saham biasanya akan mendorong kenaikan harga saham secara positif. Tiap pemilik saham akan mendapat imbal hasil oleh kondisi tersebut. Saham pun tidak lagi mengalami undervalued.  

  1. Mengontrol Bunga 

Tindakan pembelian kembali saham oleh perusahaan yang menerbitkannya akan menyebabkan jumlah saham beredar di pasar terbuka menjadi berkurang. Alhasil, akan terjadi peningkatan nilai bunga atau interest dari saham-saham yang saat ini dimiliki oleh para pemegang saham. Dengan begini, maka perusahaan akan bisa menghindari takeover tiba-tiba, sekiranya akuisisi gagal dilakukan. 

  1. Potensi Meningkatkan Modal di Kemudian Hari 

Tidak sedikit perusahaan yang menyimpan saham treasuri. Tujuannya untuk menjualnya kembali di kemudian hari, di saat yang dianggap lebih tepat. Perusahaan memperkirakan akan bisa mengumpulkan lebih banyak modal atau capital, sehingga bisa membantu untuk menjalankan rencana perusahaan. 

  1. Mengurangi Biaya Modal 

Pengadaan saham treasuri juga bermanfaat untuk mengurangi biaya modal atau cost of capital. Perusahaan menganggap bahwa akan lebih memberi imbal hasil jika sebagian modal dari pemilik saham dikembalikan. Sehingga kemudian mengurangi persentase jumlah pemegang saham. Hal ini akan menurunkan biaya modal yang ditanggung perusahaan dan meningkatkan nilai perusahaan tersebut. 

  1. Meningkatkan Rasio Finansial 

Saham ini juga bermanfaat untuk meningkatkan rasio finansial atau rasio keuangan. Dengan alasan yang positif untuk membeli kembali saham yang telah diterbitkannya, hasilnya nanti akan mengakibatkan peningkatan rasio finansial. Lantas, bagaimana bentuk peningkatan yang terjadi. 

Peningkatan rasio keuangan bisa hadir dalam bentuk meningkatnya rasio return on asset (ROA). Artinya tingkat pengembalian aset perusahaan dan rasio return on equity (ROE) alias imbal hasil yang dicetak perusahaan untuk pemegang saham. Rasio keuangan ini akan menjadi gambaran atas positifnya performa perusahaan tersebut. 

Apakah  Saham Treasuri Membagikan Dividen? 

Satu hal yang harus dipahami oleh para investor saham adalah bahwa ketika saham beredar dibeli kembali oleh perusahaan yang menerbitkannya. Saham tersebut tidak lagi disebut saham beredar atau outstanding stock. Makna dari kondisi tersebut adalah saham itu tidak lagi memberikan hak suara. Tidak ada lagi penerimaan dividen atas pemiliknya alias perusahaan itu sendiri. 

Sukses Investasi Saham dengan Fitur SMART RHB Tradesmart ID

Investasi saham sekarang bisa dengan lebih mudah dilakukan dari mana dan kapan saja melalui aplikasi investasi saham online, RHB Tradesmart ID. RHB Tradesmart ID hadir dengan fitur Smart Analyzer, yang memungkinkan para investor saham untuk menganalisis saham incarannya dengan lebih mudah, hingga memantau pergerakan saham secara real time

RHB Tradesmart ID juga menghadirkan pengalaman investasi saham yang ekonomis. Kehadirannya fiturnya seperti Smart Rate dan Smart Fee, memungkinkan para penggunanya untuk meminimalisir biaya investasi saham, sehingga potensi imbal hasil yang diperoleh nantinya akan semakin besar. 

Jangan tunggu lebih lama untuk memulai investasi saham dengan RHB Tradesmart ID. Unduh RHB Tradesmart ID sekarang dan rasakan pengalaman investasi yang mudah dan ekonomis. 

Sumber: 

Tuovila, Alicia. 2024, Juni 02. Treasury Stock (Treasury Shares): Definition, Use on Balance Sheets, and Example. Investopedia. Diakses pada tanggal 4 Agustus 2024 melalui https://www.investopedia.com/terms/t/treasurystock.asp

Kurt, Daniel. 2024, Februari 26. What Is Treasury Stock? Definition, How They’re Used, and Example. Investopedia. Diakses pada tanggal 4 Agustus 2024 melalui https://www.investopedia.com/ask/answers/what-is-treasury-stock/

Wallstreetmojo Team. 2024, Juni 14. Treasury Stock. WallStreetMojo. Diakses pada tanggal 4 Agustus 2024 melalui https://www.wallstreetmojo.com/treasury-stock-shares/

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal