<< Back

Sadar Kah, 4 Kejadian di Indonesia Ini Jadi Katalis Saham, Lho!

Katalis bukanlah istilah yang asing lagi di telinga para investor. Munculnya katalis positif ataupun negatif, bisa memengaruhi harga saham, baik itu sifatnya memicu kenaikan maupun penurunan. Makanya, katalis bisa dibilang begitu berpengaruh pada harga saham. Simak ulasan lebih dalam mengenai katalis saham di bawah ini. 

Apa Itu Katalis Saham?

Katalis di pasar saham merujuk pada suatu peristiwa, kegiatan, acara, ataupun berita yang bisa mendorong terjadinya perubahan harga saham secara dramatis, baik itu kenaikan maupun penurunan harga. Beberapa contoh katalis saham ini seperti laporan pendapatan, revisi analis saham, pengumuman produk baru dari emiten atau perusahaan, hingga berita merger ataupun akuisisi perusahaan. 

Secara umum, katalis bisa dibedakan menjadi katalis yang sifatnya positif dan negatif. Munculnya katalis positif akan bisa menguatkan harga saham emiten yang semula sedang dalam kondisi melemah. Sebaliknya, jika yang muncul adalah katalis negatif, tentu saja akan bisa menghancurkan momentum saham yang membumbung naik. 

Bagi para investor atau trader, katalis yang diharapkan untuk bisa muncul tentu saja adalah katalis yang bisa memicu munculnya peluang keuntungan pasar dalam jangka waktu yang pendek. Dengan begini, potensi imbal hasil yang besar akan bisa diperoleh oleh para investor ataupun trader tersebut. 

Salah satu contoh katalis di pasar saham yang bisa dibilang cukup besar efeknya adalah pandemi Covid-19 yang terjadi pada tahun 2020 lalu. Pada saat terjadi pandemi, saham dari emiten yang memproduksi APD (Alat Pelindung Diri) seperti masker dan baju pelindung mengalami kenaikan yang begitu besar karena permintaan atas produknya yang melonjak dengan tajam. 

Tujuan Katalis Saham 

Sesuai dengan efek yang ditimbulkannya, tujuan katalis saham yang disengaja adalah untuk meningkatkan harga dari saham sebuah emiten. Dengan munculnya katalis positif terkait dengan suatu saham, tentu saja dampak positif seperti kenaikan harga dan naiknya permintaan akan saham tersebut bisa muncul. Saham yang semula kondisinya melemah, akan bisa stabil kembali. 

Contoh Strategi Katalis Saham 

1. Insentif Mobil Listrik 

Salah satu contoh katalis saham yang muncul baru-baru ini adalah dikucurkannya insentif oleh pemerintah untuk mendorong populasi kendaraan listrik atau electric vehicle (EV). Insentif mobil listrik ini merupakan salah satu contoh katalis yang diharapkan akan bisa memberikan dampak positif bagi kinerja bisnis dan prospek saham emiten terkait dengan industri kendaraan listrik. 

Adapun bentuk insentif yang diberikan adalah pemotongan tarif PPN sebesar 10%, dari yang sebelumnya 11%, sehingga menjadi hanya 1% saja dari harga jual kendaraan listrik. Berkaca dari katalis positif sebelumnya, pemberian insentif terkait dengan industri ini telah berhasil mendorong meningkatnya minat pembelian mobil listrik di kalangan masyarakat. 

2. Penurunan Suku Bunga Bank

Contoh strategi katalis selanjutnya adalah pemangkasan suku bunga The Fed dan juga suku bunga Bank Indonesia. Pemangkasan suku bunga tersebut diperkirakan bakal menjadi katalis positif bagi saham emiten yang bergerak di bidang properti. Suku bunga yang turun akan bisa meningkatkan permintaan akan properti, mengingat pembelian banyak dilakukan dengan cara kredit. 

Selain suku bunga bank yang turun, pemberian insentif PPN dari pemerintah juga merupakan salah satu bentuk katalis positif bagi saham emiten properti. Dengan diberikannya insentif PPN, diharapkan akan terjadi peningkatan permintaan masyarakat akan properti di tengah kondisi pengetatan kebijakan moneter bank sentral. 

3. Keberlanjutan Proyek Pembangunan Infrastruktur

Pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo, bidang infrastruktur merupakan salah satu bidang yang memperoleh eksposur besar-besaran, terutama dari segi dana. Proyek pembangunan infrastruktur yang masih akan berlanjut ini, menjadi salah satu katalis positif utama bagi saham-saham emiten yang bergerak di bidang infrastruktur. 

Tidak hanya keberlanjutan proyek pembangunan infrastruktur saja yang membuat saham-saham emiten bidang infrastruktur diperkirakan masih akan bertumbuh dengan baik, melainkan juga suku bunga bank yang diproyeksikan akan mengalami penurunan. Inilah juga alasan yang membuat saham emiten bidang infrastruktur bisa melaju dengan begitu positif sejak akhir tahun lalu. 

4. Pemilihan Umum 

Pemilihan umum alias Pemilu yang baru saja digelar di Indonesia bisa dibilang merupakan katalis positif bagi beberapa sektor saham sekaligus, terutama sekali saham emiten yang bergerak di sektor konsumer. Hal ini disebabkan karena di tahun Pemilu ini, terjadi peningkatan aktivitas kampanye. 

Aktivitas kampanye yang diselenggarakan hampir di seluruh penjuru negeri, tentu saja akan disertai dengan pembelian barang atau produk dari sektor konsumer. Alhasil, permintaan dan penjualan akan produk sektor konsumer bisa meningkat, yang kemudian berdampak positif bagi pergerakan harga sahamnya di pasar saham. 

Pantau Katalis Saham via RHB Tradesmart ID 

Sebagai seorang investor saham, sudah seharusnya Smart People memantau apa-apa saja hal atau berita yang muncul di pasar saham, yang berpotensi menjadi katalis positif ataupun negatif bagi saham incaran. Agar lebih mudah memantaunya, Smart People bisa gunakan aplikasi investasi saham online, RHB Tradesmart ID. 

RHB Tradesmart ID menghadirkan fitur Smart Analyzer yang memungkinkan Smart People untuk memantau secara real time harga saham incaran, serta apa saja berita atau kejadian terkini yang berdampak pada pergerakan harga saham. Alhasil, Smart People bakal bisa lebih mudah dalam mengambil keputusan investasi nantinya, sehingga imbal hasil maksimal bisa diperoleh. 

RHB Tradesmart ID merupakan solusi investasi dan trading saham online bagi Smart People. Unduh aplikasinya sekarang juga dan manfaatkan ragam fitur menarik di dalamnya.  

Sumber: 

Dermawan, Recha. 2023, November 20. Pemilu Diproyeksikan Akan Membawa Katalis Positif Bagi Emiten Konsumer. Kontan. Diakses pada tanggal 10 Maret 2024 melalui https://investasi.kontan.co.id/news/pemilu-diproyeksikan-akan-membawa-katalis-positif-bagi-emiten-konsumer

Mulyana, Ridwan Nanda. 2024, Februari 23. Terdongkrak Insentif Mobil Listrik, Saham-Saham Ini Berpotensi Melaju. Kontan. Diakses pada tanggal 10 Maret 2024 melalui https://investasi.kontan.co.id/news/terdongkrak-insentif-mobil-listrik-saham-saham-ini-berpotensi-melaju

Hayes, Adam. 2022, Maret 27. Catalyst: Definition and Examples in Finance. Investopedia. Diakses pada tanggal 10 Maret 2024 melalui https://www.investopedia.com/terms/c/catalyst.asp

Nurmutia, Elga. 2024, Januari 01. Katalis Positif Ini Bakal Topang Sektor Saham Properti pada 2024. Liputan6. Diakses pada tanggal 10 Maret 2024 melalui  https://www.liputan6.com/saham/read/5494736/katalis-positif-ini-bakal-topang-sektor-saham-properti-pada-2024?page=2

Kurnia, Erika. 2024, Januari 11. Emiten Infrastruktur Diprediksi Terus Bertumbuh di 2024. Kompas. Diakses pada tanggal 10 Maret 2024 melalui  https://www.kompas.id/baca/ekonomi/2024/01/11/emiten-infrastruktur-diprediksi-terus-bertumbuh-di-2024

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal