<< Back

Para Pecinta K-POP Merapat! Ini Saham Agensi K-Pop yang Bisa Diperjualbelikan di Pasar Saham

Banyak investor memberikan perhatian lebih pada saham agensi K-POP sebab fluktuasi harganya yang menunjukkan dinamika menarik. Apalagi dengan basis penggemar yang besar, beberapa agensi K-pop berhasil meningkatkan kinerja sahamnya dengan baik.

Industri hiburan Korea Selatan atau K-pop ini diperkirakan terus tumbuh dengan tingkat pertumbuhan 12% hingga 2030. Apakah investasi di saham perusahaan agensi K-pop memiliki prospek yang bagus?

Mengenal Perusahaan Agensi K-POP

Kesuksesan industri K-pop di Korea Selatan yang berhasil menembus ranah internasional tidak lepas dari peran agensi-agensi di belakangnya. Agensi K-pop yang bertanggungjawab hampir semua aspek terkait karir pada idol K-pop.

Mulai dari audisi hingga promosi idol, agensi benar-benar bekerja keras agar idol mereka mendapatkan popularitas di Korea Selatan bahkan di industri hiburan internasional. Beberapa agensi besar yang terkenal di Korea Selatan antara lain:

1. HYBE Corporation

Didirikan pada tahun 2005 oleh Bang Shi Hyuk. Agensi yang awalnya bernama Big Hit Entertainment ini berhasilkan melambungkan nama-nama besar seperti:

  • BTS
  • Seventeen
  • Tomorrow x Together
  • New Jeans
  • TXT dan lain-lain.

2. SM Entertainment 

Lee Soo Man mendirikan SM Entertainment pada tahun 1995 sebagai agensi yang mengelola rumah penerbitan musik, label rekaman, manajemen acara, dan perusahaan produksi musik. SM Entertainment terkenal sebagai agensi K-pop yang memiliki standar tinggi sehingga cukup ketat untuk bisa masuk ke agensi ini.

  • Super Junior
  • Girls Generation
  • EXO
  • Red Velvet
  • Aspa
  • NCT
  • RIIZE

3. JYP Entertainment

Didirikan pada tahun 1997 oleh Park Jin Young. Berkat girlband pertama mereka yakni Wonder Girls, popularitas JYP semakin naik. Beberapa artis yang masuk agensi ini antara lain:

  • Twice
  • Wonder Girls
  • GOT7
  • ITZY
  • NMIXX
  • Stray Kids
  • 2PM
  • Rain
  • Miss A
  • Bae Suzy

4. YG Entertainment

YG Entertainment adalah agensi yang didirikan pada 1996 oleh Hyun Suk dan Yang Min Suk. Jika Smart People tahu BlackPink, agensi ini yang menaungi girl band tersebut. Beberapa artis populer dari YG Entertainment antara lain:

  • BlackPink
  • iKON
  • Treasure
  • Psy
  • Big Bang
  • 2NE1

Pindah agensi mungkin sudah lumrah di kalangan idol Korea. Agensi ini bukan hanya untuk karir idol tetapi juga sangat berpengaruh terhadap kehidupan idol. Para idol Korea ini diawasi dengan sangat ketat oleh agensi mereka.

Biasanya agensi menyediakan trainee sebelum melakukan debut artis mereka. Perjalanan yang panjang dan tidak mudah bagi anggota trainee, terlebih di agensi yang terkenal ketat seperti agensi di atas.

Peran agensi bagi idol Korea cukup kompleks, mereka bisa menjadi manajer, agen, hingga promotor. Agensi yang mengatur jadwal idol, latihan, menyediakan asrama, makan, dan fasilitas lain untuk mengatur jalan karir bagi para idol Korea.

Daftar Saham Agensi K-POP

Agensi besar banyak yang sudah melantai di bursa Korea sehingga terbuka bagi masyarakat umum yang ingin membelinya. Berikut ini daftar saham agensi K-POP yang cukup diperhitungkan.

1. Saham Hybe Co Ltd (352820)

Di tahun 2023, nilai kapitalisasi pasar dari saham Hybe sebesar KRW 11 Triliun. Lini bisnis perusahaan ini meliputi label rekaman, produksi musik, manajemen acara, agensi bakat, penerbit musik rumahan, dan produksi konser.

Hybe Labels menaungi beberapa anak perusahaan seperti Big Hit Music, ADOR, Pledis Entertainment, Source Music, KOZ Entertainment, dan Belift Lab. Popularitas BTS cukup berpengaruh terhadap saham Hybe ini.

2. Saham JYP Entertainment Corp (035900)

Perusahaan hiburan Korea Selatan ini memiliki kapitalisasi pasar sebesar KRW 4,81 Triliun pada tahun 2023. JYP merupakan perusahaan yang ranah bisnisnya meliputi label rekaman dan agensi entertainment multinasional.

Selain JYP Korea, perusahaan juga memperluas bisnis melalui JYP Japan, JYP China hingga JYP USA. Bisnis JYP terus diperluas hingga ke bisnis platform.

3. Saham SM Entertainment Co Ltd (041510)

SM Entertainment menjadi agensi K-pop yang sahamnya cukup diperhitungkan. Nilai kapitalisasi dari perusahaan ini mencapai KRW 2,93 Triliun pada tahun 2023 lalu.

Bisnis dari perusahaan agensi ini cukup banyak, meliputi entertainment, lifestyle, dan new media. Di industri hiburan, SM memiliki bisnis management, musik, artis, album, konser, drama, variety show, musical, dan beyond Live.

Tidak berhenti di situ, SM Entertainment juga memiliki bisnis di bidang new media seperti mobile application dan social network services. Di bidang lifestyle, SM berbisnis food and beverage, travel, dan celebrity show.

4. Saham YG Entertainment (122870)

Agensi K-pop yang memiliki nilai kapitalisasi sebesar KRW 1,37 Triliun di tahun 2023. YG Entertainment beroperasi sebagai perusahaan rekaman, produksi musik dan konser, agen pencari bakat, penerbit musik, dan distributor musik.

Bisnis YG Entertainment juga termasuk penjualan merchandise artis-artis mereka. Agensi K-pop ini pun memiliki sejumlah anak perusahaan yang menjalankan bisnis pakaian, merek kosmetik, hingga manajemen golf. 

Apakah Kita Bisa Membelinya dari Indonesia?

Banyak investor, termasuk investor asing dari luar Korea Selatan yang tertarik untuk membeli saham entertainment ini. Bagi investor di Indonesia juga bisa membeli melalui aplikasi trading online, tetapi mengikuti aturan Bursa Korea Selatan.

Pasalnya, saham-saham ini tidak tersedia di Bursa Efek Indonesia (BEI). Smart People mungkin perlu mendaftar dan membuat rekening di Bank Korea. Pembelian saham ini tidak 1 lot tetapi minimal 1 sesuai aturan bursa Korea.

Itulah pembahasan mengenai saham agensi K-POP yang menarik untuk dijadikan investasi. Ingat, untuk tetap berhati-hati dan melakukan analisa sebelum membeli saham.

Jika tidak mau ribet dengan pembelian saham Korea ini, Smart People bisa mempertimbangkan saham di tanah air yang potensial dan tentu tersedia di BEI. Silakan download aplikasi RHB Tradesmart ID di Play Store dan App Store untuk mulai investasi saham.

Referensi:

Pipit Ika Ramadhani. 2023. “Deretan Saham Agensi K-Pop di Korea Selatan”. Liputan6.com

Putri Monica. 2024. “4 Agensi K-Pop Terbesar di Korea Selatan serta Artis yang Termasuk di dalamnya”. Inilah.com

Alifia Putri Yudanti. 2023. “Mengapa Agensi Penting untuk Grup Idola Korea?”. Kompas.com

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal