<< Back

Jangan Asal Cairkan Dana, Simak Dulu Strategi Withdraw Saham Berikut Ini

Withdraw Saham

Strategi yang matang begitu dibutuhkan oleh orang yang melakukan trading atau investasi saham. Tak hanya saat sedang trading saham saja, namun juga saat Smart People ingin melakukan withdraw saham. Ada waktu khusus yang dianggap baik untuk melakukan withdraw dari aplikasi trading saham pada saat itu. Intip strategi withdraw saham tersebut di bawah ini. 

Apa Itu Withdraw Saham?  

Withdraw merupakan istilah yang tak bakal asing Smart People dengar saat terjun ke dunia trading atau investasi saham. Istilah satu ini merujuk pada aktivitas atau tindakan pencairan dana yang telah didepositkan sebelumnya pada akun trading yang dimiliki ke rekening bank. Dengan begini, maka Smart People sudah bisa menggunakan dana tersebut sesuai dengan keinginan. 

Sejatinya, tak ada batasan waktu terkait kapan harus dilakukannya pencarian dana atau withdraw tersebut. Namun, patut Smart People ketahui bahwa pada umumnya akan ada biaya dan komisi yang harus dibayarkan untuk setiap withdraw yang dilakukan. Makanya, penting bagi trader dan investor saham untuk punya strategi withdraw saham ini. 

Strategi Dalam Melakukan Withdraw Saham 

Meskipun bisa dilakukan kapan saja, namun Smart People dianjurkan untuk memiliki strategi sendiri dalam melakukan withdraw saham. Selain untuk meminimalisir biaya yang dikeluarkan untuk keperluan pencairan dana, strategi withdraw juga akan bisa menghindarkan Smart People dari risiko kerugian. Simak berikut ini strategi terkait kapan waktu yang baik untuk melakukan withdraw saham. 

  1. Withdraw Saat Target Harga Saham Tercapai 

Pelaku trading atau investasi saham yang sudah lama bergelut di bidang ini pada umumnya menetapkan target harga saham saat melakukan pembelian saham. Nah, target harga saham yang sudah ditetapkan ini bisa menjadi acuan nantinya untuk menjual saham tersebut dan memperoleh imbal yang memang diinginkan. 

Saat target harga saham sudah tercapai dan penjualan saham sudah dilakukan, imbal yang diperoleh dan disimpan di akun trading bisa dicairkan ke rekening bank. Salah satu kesalahan yang kerap dilakukan oleh orang-orang adalah tak melakukan withdraw saat target harga saham tercapai, padahal ada 2 kemungkinan yang bisa terjadi yaitu harga makin naik atau malah turun. 

  1. Withdraw Saat Valuasi Saham Tinggi 

Pencairan dana atau withdraw saham juga direkomendasikan untuk dilakukan saat valuasi saham sedang tinggi. Seperti yang Smart People ketahui, pasar saham sifatnya sama sekali tak bisa ditebak. Terkadang ada saham yang overvalued atau harga pasarnya melebihi nilai wajarnya, serta ada juga saham undervalued atau harga pasarnya rendah dibanding harga wajarnya. 

Usahakanlah untuk menjual saham saat valuasinya masih tinggi. Jangan terlalu berharap akan terus terjadi kenaikan valuasi dan mempertahankan saham tersebut, karena tak ada yang tahu kapan valuasi saham itu akan terjun. Setelah menjual saham tersebut, Smart People bisa cairkan dana ke rekening bank. 

  1. Withdraw Saat Investasi Tak Berhasil 

Tak semua investasi saham akan berakhir dengan indah dan sesuai dengan keinginan. Nah, saat Smart People sadar kalau investasi yang dilakukan tak berhasil atau gagal, yang ditandai dengan saham yang underperformed secara konsisten, saatnya Smart People mengambil langkah cepat untuk menjualnya dan melakukan withdraw untuk menghindari kerugian yang lebih banyak jumlahnya.  

  1. Withdraw Saat Butuh Uang untuk Keperluan Darurat

Withdraw saham juga direkomendasikan untuk dilakukan saat Smart People membutuhkan uang untuk kebutuhan darurat. Saat tak ada lagi sumber dana yang bisa diharapkan, dana yang Smart People miliki di akun trading atau investasi saham bisa jadi harapan untuk memperoleh dana yang dibutuhkan. 

Patut dipahami kalau keperluan darurat yang dimaksud adalah keperluan yang benar-benar tak bisa dipenuhi lagi dengan dana dalam bentuk kas yang saat ini Smart People pegang. Keperluan darurat tersebut bisa berupa pembayaran biaya kesehatan, biaya membeli atau memperbaiki rumah, hingga biaya untuk bertahan hidup karena kehilangan pekerjaan saat resesi ekonomi. 

Cara Withdraw di RHB Tradesmart ID 

Agar bisa melakukan pencairan dana atau withdraw, ada langkah-langkah yang harus dilakukan oleh pelaku trading atau investasi. Khusus untuk Smart People yang ingin mencairkan atau menarik dana dari aplikasi trading saham online RHB Tradesmart ID ke rekening bank, Smart People bisa ikuti langkahnya di bawah ini. 

  1. Buka aplikasi RHB Tradesmart ID dan klik menu yang ditandai dengan simbol 3 baris di pojok kiri atas. 
  2. Klik ‘Fund Withdrawal’
  3. Scroll ke kolom ‘Withdrawal Fund’
  4. Masukkan PIN 
  5. Pilih due date atau tanggal penarikan dana sesuai dengan preferensi Smart People 
  6. Pilih bank dan jumlah uang yang akan ditarik. 
  7. Klik ‘Submit Withdrawal’ untuk mengirim permintaan penarikan dana. 

Smart People bisa memantau proses permintaan penarikan dana pada menu ‘Fund Withdrawal History’. Ada 4 status pada riwayat penarikan dana, yakni received system atau penyegelan permintaan penarikan, processing atau permintaan penarikan dana sedang diproses, reject atau permintaan penarikan dana dibatalkan, dan completed processing atau permintaan penarikan diterima. 

Itulah tadi ulasan mengenai strategi terkait kapan baiknya melakukan withdraw saham, serta cara melakukan withdraw saham di aplikasi trading saham RHB Tradesmart ID. Bijaklah dalam menentukan waktu yang tepat untuk mencairkan dana ke rekening bank.

Agar aktivitas trading saham lebih mudah, Smart People bisa gunakan aplikasi trading saham online, RHB Tradesmart ID. Smart People bisa unduh RHB Tradesmart ID untuk merasakan kemudahan dalam trading saham dan mencairkan dananya nanti.

Temukan artikel lainnya untuk mendapatkan pemahaman lebih banyak mengenai cara investasi saham dan cara belajar saham di sini!

Sumber: 

Angel One Team. How to Get Your Money Out of the Stock Market. Angel One. Diakses pada tanggal 1 Desember 2022 melalui https://www.angelone.in/knowledge-center/share-market/how-to-get-your-money-out-of-the-stock-market

Chen, James. (2022, Mei 27). Withdrawal Plan. Investopedia. Diakses pada tanggal 1 Desember 2022 melalui https://www.investopedia.com/terms/w/withdrawalplan.asp

Sethi, Ramit. (2021, Juli 28). When to Sell Stocks: The ONLY 3 Reasons to Sell (Ever). I Will Teach You to be Rich. Diakses pada tanggal 1 Desember 2022 melalui https://www.iwillteachyoutoberich.com/blog/when-do-you-sell-a-stock/

Kuepper, Justin. (2022, September 29). Exit Strategies: A Key Look. Investopedia. Diakses pada tanggal 1 Desember 2022 melalui https://www.investopedia.com/investing/understanding-exit-strategies/#toc-developing-an-exit-strategy

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal