<< Back

Investor Wajib Tahu, Ini Perbedaan Pasar Primer dan Pasar Sekunder!

Pasar Primer & Sekunder Investasi

Ada banyak istilah penting yang harus Smart People pahami sebelum mulai berinvestasi. Di antaranya adalah sebutan pasar primer dan pasar sekunder yang pasti akan sangat sering dijumpai oleh para investor. Jika Smart People ingin berinvestasi dengan lancar, maka penting untuk memahami dua jenis pasar ini. Smart People juga perlu tahu apa saja perbedaan di antara keduanya.

Pengertian Pasar Primer

Mari bahas dulu mengenai pengertian pasar primer. Pasar primer biasa dikenal sebagai primary market. Ini adalah pasar dimana sekuritas akan diperjualbelikan untuk pertama kali. Secara mudahnya, Smart People bisa mengartikan pasar ini sebagai tempat dimana saham baru akan dijual. 

Melalui primary market ini, investor akan langsung melakukan pembelian sekuritas langsung melalui emiten saat IPO (Initial Public Offering). Sesuai dengan namanya, ini merupakan penawaran saham dari sebuah perusahaan di bursa efek untuk pertama kali.

Pengertian Pasar Sekunder

Sudah paham apa itu pasar primer, mari berkenalan dengan pasar sekunder. Pasar sekunder atau secondary market adalah pasar dimana investor bisa memperjualbelikan sekuritas yang dimiliki kepada investor lain. Jadi, di sini sekuritas sudah beredar dan sudah dibeli oleh investor terlebih dahulu, bukan lagi penawaran pertama. 

Berbeda dengan primary market, ternyata pasar sekunder ini dibagi menjadi beberapa jenis. Berikut adalah beberapa jenis dari pasar sekunder:

  1. Pasar Reguler

Ini adalah pasar yang akan memperdagangkan saham dalam satuan lot atau 100 lembar saham. Lewat pasar reguler ini, para investor bisa saling tawar-menawar sampai didapatkan harga saham yang pas. 

  1. Pasar Negosiasi

Lewat pasar ini akan terjadi proses negosiasi antara anggota yang ada di bursa jual dan bursa beli. Di pasar ini investor bisa melakukan perdagangan saham dengan satuan lot. Perbedaannya dengan pasar reguler adalah tidak memiliki sistem auto rejection.

  1. Pasar Tunai

Di pasar sekunder ini, investor bisa melakukan jual beli dan transaksi di hari yang sama. Pencairan dana bisa dilakukan lebih cepat pada hari itu juga. Namun di pasar ini harga penawaran yang diberikan biasanya lebih rendah. 

  1. Pasar Lelang

Jenis pasar sekunder yang satu ini memiliki sistem pelelangan atau penawaran di sebuah lokasi fisik. Transaksi antara penjual dan pembeli akan diperantarai oleh broker.

  1. Pasar Dealer

Selanjutnya ada pula pasar dealer yang tidak melibatkan broker. Contoh pasar dealer ini adalah perusahaan pertukaran di negara asing. Pasar akan mengiklankan harga agar terjadi transaksi jual beli.

Perbedaan Pasar Primer dan Pasar Sekunder

Dari pengertian keduanya tadi, Smart People mungkin sudah bisa mendapatkan gambaran. Keduanya memiliki perbedaan mendasar yang harus dipahami oleh Smart People sebelum mulai jual beli saham. Supaya lebih jelas, mari cermati kembali beberapa perbedaan primary market dan pasar sekunder berikut ini.

  1. Prosedur Pembelian

Perbedaan pertama yang terlihat jelas antara pasar primer dan pasar sekunder adalah prosedur pembelian. Di pasar primer, pemodal bisa membeli lewat penjamin emisi efek atau broker. Sementara itu di pasar sekunder, jual beli akan melibatkan individu atau antar investor.

Hal inilah yang membuat pasar sekunder terbagi menjadi beberapa jenis. Transaksi yang melibatkan individu memiliki kecenderungan untuk berubah-ubah sistemnya. Tidak heran jika kemudian dibedakan menjadi beberapa jenis sesuai sistem transaksi yang dilakukan.

 

Untuk investasi leher keatas, simak RHB Smart Talk setiap hari

 

  1. Perubahan Harga

Pasar primer dan pasar sekunder juga memiliki perbedaan jika dilihat dari perubahan harganya. Pasar primer cenderung punya harga yang tetap karena harga dan jumlah saham ditetapkan oleh emiten. Sementara itu pasar sekunder punya harga yang cenderung mengalami kenaikan. Harga yang berlaku di pasar sekunder akan disesuaikan permintaan dan penawaran di pasar modal. 

  1. Periode Waktu Pembelian

Dilihat dari periode waktu pembelian sahamnya, pasar primer dan pasar sekunder juga memiliki perbedaan. Di pasar primer, investor hanya bisa membeli saat terjadi penawaran atau IPO. Pembeliannya pun sangat terbatas. Sementara itu di pasar sekunder investor bisa melakukan jual beli kapan saja. Jadi memang dari segi waktu dan cara pembelian bisa lebih fleksibel. 

  1. Hasil Transaksi

Mari lihat dari segi hasil transaksi saham di kedua jenis pasar tadi. Hasil transaksi saham di pasar primer akan langsung masuk ke pihak emiten. Sementara itu untuk pasar sekunder, hasil transaksinya akan masuk ke investor yang melakukan penjualan. Hal ini disebabkan oleh pihak yang melakukan transaksi atau pihak yang terlibat transaksi juga berbeda. 

  1. Jenis Transaksi Jual Beli

Di pasar primer, investor hanya bisa melakukan transaksi pembelian. Jadi jika ingin membeli saham untuk pertama kali, pasar primer adalah tujuan yang tepat. Investor nantinya tidak akan bisa menjual saham tersebut di pasar primer. Jika ingin menjualnya maka investor harus ke pasar sekunder. Nantinya investor bisa bertransaksi dengan anggota bursa maupun investor yang lain. 

  1. Aturan Biaya Tambahan

Selanjutnya ada aturan biaya tambahan yang juga berbeda di masing-masing pasar. Di pasar primer, investor tidak akan diberi beban biaya administrasi tambahan. Jadi investor hanya perlu membayar sesuai harga saham yang ditawarkan. Sementara itu di pasar sekunder investor harus membayar biaya tambahan berupa biaya admin dan biaya lain yang besarnya sangat bervariasi. 

Transaksi lewat pasar sekunder memang jauh lebih fleksibel dan bisa jadi pilihan jika ingin melakukan trading saham. Pasar sekunder ini juga bisa hadir dalam bentuk aplikasi online, salah satunya adalah RHB Tradesmart ID. Smart People bisa melakukan investasi dengan mudah dan biaya transaksinya terjangkau. Unduh aplikasi RHB Tradesmart ID sekarang dan nikmati beragam kelebihannya.

Temukan artikel lainnya untuk mendapatkan pemahaman lebih banyak mengenai cara investasi saham dan cara belajar saham di sini!

Sumber:

Nastiti, Hani. (2022, Juli 14). Kenali 6 Perbedaan Pasar Primer dan Pasar Sekunder, Penting! Diakses pada tanggal 19 Februari 2023 melalui https://www.tanamduit.com/belajar/investasi/perbedaan-pasar-primer-dan-pasar-sekunder.

 Riskita, Amelia. (2022, November 25). Apa Itu Pasar Sekunder? Para Investor Wajib Tahu. Diakses pada tanggal 19 Februari 2023 melalui https://store.sirclo.com/blog/pasar-sekunder/#:~:text=Perbedaan%20Pasar%20Primer%20dan%20Pasar%20Sekunder&text=Pasar%20primer%20atau%20primary%20market,diterbitkan%20sebelumnya%20dengan%20investor%20lainnya..

Eryanto, Pratomo. (2022, April 18). Perbedaan Pasar Primer dan Pasar Sekunder dalam Bursa Saham. Diakses pada tanggal 19 Februari 2023 melalui https://investbro.id/perbedaan-pasar-primer-dan-pasar-sekunder-dalam-bursa-saham/.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal