<< Back

Dana Pensiun Dikumpulkan Lewat Investasi Saham, Cocok Kah?

old asian business woman signing paper

Ada banyak cara yang bisa dipilih untuk mempersiapkan diri di hari tua setelah Smart People sudah tidak bekerja atau pensiun. Salah satunya adalah dengan investasi saham dana pensiun. Jadi nantinya Smart People bisa mempersiapkan dana pensiun dengan berinvestasi melalui saham untuk memperoleh imbalan berupa deviden.

Hubungan Antara Investasi Saham dengan Masa Pensiun 

  1. Persiapan Dana untuk Kebutuhan Setelah Pensiun

Tidak jauh berbeda dengan masa-masa sebelum Smart People pensiun. Di hari tua nantinya kebutuhan akan tetap sama seperti sebelum pensiun. Beberapa di antaranya yakni mencukupi kebutuhan harian, bersosialisasi, bersedekah dan lainnya.

Beberapa hal di atas tentunya akan membuat Smart People mengeluarkan uang. Jadi sebaiknya proyeksikan kebutuhan tersebut dengan berinvestasi sedari dini. Dengan berinvestasi saham Smart People bisa menjual saham Smart People masih bisa mendapatkan imbalan dan hasil berupa deviden yang nantinya dapat digunakan untuk masa tua.

Mulai dari sekarang atau jauh-jauh hari sebaiknya sudah mulai belajar mengenai berbagai macam hal yang berkaitan dengan investasi saham. Mulai dari strateginya, cara memilih perusahan, waktu yang tepat untuk jual beli, hal-hal yang perlu dihindari dan lainnya.

Dengan begitu risiko yang mungkin saja timbul bisa diantisipasi terlebih dahulu sejak awal. Seperti yang sudah Smart People ketahui, berinvestasi pada saham memang memberikan imbal hasil yang cukup besar. Sebanding resikonya juga cenderung besar. Jadi selalu siapkan beberapa planning untuk menghadapi resikonya.

  1. Memberikan Jaminan Setelah Pensiun

Seperti yang sudah diketahui bahwasanya saham sifatnya investasi jangka panjang. Jadi sangat cocok untuk Smart People yang saat ini bertujuan dana pensiun yang waktunya masih panjang. Harga dividen yang akan Smart People dapatkan saat ini tentunya akan berbeda dengan masa yang akan datang. Pasalnya akan mengalami inflasi atau beberapa hal lainnya. 

Dengan begitu manfaatkan masa atau waktu sekarang untuk berinvestasi, sehingga ke depannya dividen saham bisa menjamin dana pensiun. Namun selalu diingat ya bahwasanya semua memiliki resiko termasuk saham. 

Harga sama  bisa berubah-ubah. Sebaiknya selalu pahami risiko yang mungkin saja akan Smart People dapatkan. Selain itu sebaiknya pilih jenis saham  yang sesuai dengan tujuan. Perhitungkan masa atau waktu yang Smart People miliki sebelum pensiun dengan jumlah imbal atau hasilnya.

Jenis Saham yang Cocok untuk Persiapan Dana Pensiun

Sebenarnya berinvestasi saham itu bisa dilakukan dengan dua jangka waktu pilihan. Di antaranya adalah jangka waktu pendek dan pilihan jangka waktu panjang. Di sini sifatnya untuk mempersiapkan dana pensiun yang jangka waktunya cenderung lama. Maka Smart People lebih baik memilih saham jangka panjang. Berikut ada beberapa pilihannya.

  1. INDF

Pertama Smart People bisa memilih saham blue chip untuk investasi jangka panjang dari INDF. Keberadaan saham jenis ini sudah cukup populer di kalangan para pemain saham sejak tahun 2021. Bahkan dianggap fluktuatif sehingga tidak heran jika banyak yang mengincarnya. Meskipun memang ada yang masih mempercayakannya dan menariknya.

Salah satu alasan mengapa Smart People bisa memilih saham INDF meski fluktuatif adalah berada pada naungan perusahaan fundamental. Perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang kuat di Indonesia. Sehingga kemungkinan terjadi resiko kebangkrutan tergolong sulit terjadi. Selain itu laba yang diperoleh di awal tahun 2022 bisa mencapai angkah Rp2 triliunan lebih. 

  1. UNVR

Selanjutnya ada rekomendasi saham UNVR. Perlu diketahui bahwasanya saham ini termasuk yang mempunyai tingkat pertumbuhan cukup bagus. Nilainya 680 apabila dibandingkan lainnya. Pertumbuhan ke arah positif tersebut juga diperkirakan bisa mencapai 16 persen lebih tinggi daripada tahun sebelumnya.

Meskipun memang masih tergolong baru karena dibentuk tahun 2021, nyatanya saham UNVR mampu menduduki posisi tinggi. Imbal hasil yang diperoleh pada tahun 2022 ada di angka sekitar Rp1,4 triliunan. Jadi tidak ada salahnya jika Smart People ingin mempertimbangkan saham ini.

  1. ANTM

Smart People pasti juga sudah paham jika emas merupakan salah satu investasi yang banyak dipilih orang karena memberikan hasil lumayan. Oleh sebab itu tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan perusahaan dalam berinvestasi saham.

Performa dari perusahaan ini tergolong cukup baik jika. Pada tahun 2021 performanya bahkan mampu mencapai angka Rp600 miliar. Jumlah yang fantastis. Jadi tidak ada salahnya Smart People pertimbangkan, sebab peminat emas bertambah dari tahun ke tahun.

  1. BBTN

BBTN adalah produk yang berasal dari salah satu bank BUMN. Jadi sangat cocok untuk Smart People pertimbangkan sebagai investasi saham dana pensiun. Sebab pondasinya termasuk kuat. Bahkan jumlah orang yang berminat berinvestasi di dalamnya juga cukup banyak.

Pada tahun 2021 BBTN mampu memperoleh imbal hasil pada kisaran angka Rp770 miliar lebih. Berlanjut ke tahun 2022 imbal hasil jadi lebih jika ditotal mencapai angka Rp700 miliar lebih tanpa pengurangan lagi. 

Jumlah Investasi Saham Dana Pensiun yang Tepat

Saat Smart People memang masih pemula namun tidak ada salahnya juga jika ingin membuat portofolio sedari sekarang untuk memperoleh dividen dana pensiun. Setidaknya terdapat teknik sederhana yakni dengan menentukan jumlah salam paling ideal untuk Smart People miliki. Berikut langkahnya.

  • Menyiapkan modal dengan jumlah yang tidak terlalu besar terlebih dahulu.
  • Memilih 2 saham dari 2 sektor yang berbeda. Jika sudah segera coba untuk mengelolanya sampai imbal hasilnya sesuai ekspektasi.
  • Jika kedua saham memberikan imbal yang sesuai, lanjutkan dengan memilih 1-2 saham dari sektor lainnya ke dalam portofolio. 
  • Apabila 3 atau 4 saham berhasil memberikan imbal, lanjutkan lagi dengan memilih 1-2 saham. Maka lama kelamaan jumlahnya akan bertambah.

Pantau Investasi Saham Dana Pensiun Bersama RHB Tradesmart ID

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memantau pergerakan saham Smart People. Salah satunya adalah dengan bantuan aplikasi RHB Tradesmart. Ada banyak sekali fitur di dalamnya yang bisa Smart People manfaatkan untuk belajar dan mengelola investasi saham dana pensiun ke depannya. 

Sumber:

Friends, Blibli. 2024, 21 Mei. 11 Rekomendasi Saham yang Bagus untuk Jangka Panjang. Diakses pada 27 Juni 2024 melalui https://www.blibli.com/friends/blog/rekomendasi-saham-yang-bagus-untuk-jangka-panjang-14/

Pamela. 2023, 15 Mei. Berapa Jumlah Ideal Saham dalam Portofolio?. Diakses Pada 26 Juni 2024 Melalui https://ajaib.co.id/berapa-jumlah-ideal-saham-dalam-portofolio/

Pegadaian, Sahabat. 2023, 25 Oktober. 6 Investasi Dana Pensiun agar Financial Freedom di Masa Depan. Diakses 26 Juni 2024 melalui https://sahabat.pegadaian.co.id/artikel/investasi/investasi-dana-pensiun

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal