<< Back

Cara Pakai ARO, Fitur Smart Analyzer dari Aplikasi Saham Online RHB Tradesmart ID!

RHB Tradesmart ID merupakan aplikasi trading dan saham online yang secara khusus didukung oleh fitur SMART. Salah satu fitur SMART unggulannya adalah Smart Analyzer dengan ARO (Assisted Robo Optimization) yang bisa membantu para investor dan trader dalam menganalisis saham. Penasaran bagaimana cara kerja teknologi ARO tersebut? Yuk simak ulasannya di bawah ini. 

Apa Itu ARO

ARO (Assisted Robo Optimization) merupakan salah satu fitur unggulan yang dihadirkan oleh RHB Tradesmart ID, aplikasi trading dan investasi saham online. Sebagai Smart Analyzer RHB Tradesmart ID, ARO secara khusus dikembangkan untuk membantu para pengguna RHB Tradesmart ID dalam menganalisis saham, khususnya saham incaran. 

Dengan adanya ARO, diharapkan pada investor dan trader, khususnya para pemula di bidang investasi saham, bisa terbantu dalam pengambilan keputusan investasi. Smart People yang menggunakan RHB Tradesmart ID bisa mengakses ARO pada tab yang telah tersedia, lalu menganalisis saham berdasarkan indikator ARO, yakni strategy, signal, dan value analyzer

Cara Menggunakan ARO 

Tidak sulit untuk menggunakan ARO, Smart People bisa langsung mengaksesnya pada tab ARO’ yang terdapat di laman aplikasi RHB Tradesmart ID. Pada tab tersebut, terdapat 3 indikator yang menunjang analisis ARO, yakni strategy, signal, dan value analyzer. Simak ulasan mengenai masing-masing indikator ARO tersebut di bawah ini. 

  1. Strategy 

Pada laman indikator strategy ini, Smart People bisa memperoleh arahan teknikal atas saham yang ingin dianalisis. Pada kolom yang tersedia, Smart People bisa memasukkan atau menginput kode saham, untuk melihat bagaimana analisis dari saham tersebut. Nantinya, akan muncul indikator-indikator seperti sinyal ARO, technical trend, angka support dan resistance, dan lainnya.

Pada laman indikator ini, Smart People bisa memperoleh sinyal rekomendasi, baik itu bull, bear, maupun hold. Tidak hanya itu saja, ARO juga akan memberitahukan technical trend yang sedang berlangsung secara real time, baik itu trend up, trend down, sideways to down, atau sideways to up

Smart People bisa menemukan simbol berupa baterai di laman indikator strategy ini. Nah, jika simbol baterai tersebut berwarna hijau dan terisi penuh, maknanya sedang terjadi uptrend yang sangat kuat atas saham tersebut. Namun, jika baterai tidak terisi penuh, baik itu setengah atau kurang dari setengah isi baterai, maknanya performa saham sedang mengalami penurunan atau downtrend

Tidak hanya itu saja, Smart People juga bisa memperoleh informasi mengenai key support dan key resistance saham incaran pada laman indikator strategy ini. Level support dan resistance ini sifatnya real time, sehingga bisa menjadi tolak ukur bagi Smart People untuk mengambil keputusan terkait dengan saham yang sedang dianalisis. 

  1. Signal 

Indikator kedua pada tab ARO adalah signal. Pada laman ini, Smart People akan memperoleh informasi terkait dengan IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) terkini, lengkap dengan naik atau turunnya IHSG. Nantinya, saham-saham IHSG akan dikelompokkan sesuai dengan sinyal ARO, mulai dari bull, bear, dan hold.

Smart People tidak perlu mengecek satu-persatu mana saham di IHSG yang sedang dalam kondisi bull, bear, atau  baiknya di-hold. Cukup klik pada sinyal yang diinginkan, nantinya saham-saham dengan sinyal tersebut akan dimunculkan dalam bentuk daftar, lengkap dengan harga dari saham tersebut. 

Selain dengan mengecek langsung, RHB Tradesmart ID juga akan mengirimkan notifikasi pop-up ke smartphone yang digunakan terkait dengan sinyal bull, bear, atau hold dari saham incaran. Dengan begini, maka Smart People akan bisa mengetahui pergerakan tren sinyal dari saham-saham pada IHSG tersebut. 

  1. Value Analyzer 

Indikator selanjutnya pada fitur ARO adalah value analyzer. Melalui indikator ini, Smart People bisa memperoleh analisis instan atas saham incaran, sesuai dengan rumus yang digunakan oleh Benjamin Graham dan Warren Buffet yang merupakan investor kelas dunia. Jadi, analisisnya sama sekali tidak asal-asalan. 

Melalui indikator ini, Smart People bisa melihat price earning growth (PEG), price earning growth ratio, valuasi saham, nilai wajar suatu saham, serta perbandingan price to earning (PER) dengan price to book value (PBV), ataupun return of equity (ROE) saham. Alhasil, pemilihan saham akan berlangsung lebih mudah dan tentunya tidak asal-asalan. 

Tips Memilih Saham yang Disediakan oleh ARO

ARO memang bisa diandalkan untuk menganalisis saham. Pun begitu, keputusan untuk membeli ataupun menjual saham sepenuhnya berada di tangan Smart People sebagai investor. Baiknya, jadikan analisis saham yang disediakan oleh ARO sebagai dasar dalam pengambilan keputusan investasi nantinya. 

Selain mengandalkan analisis saham dari ARO, sesuaikan juga saham yang dipilih dengan tujuan investasi Smart People. Jika ingin memperoleh passive income misalnya, Smart People bisa pilih saham yang membagikan dividen. Nah, untuk mencari saham yang paling tepat dari saham dividen yang ada, Smart People bisa andalkan analisis saham yang dilakukan oleh ARO

Bukan Hanya ARO, Intip Fitur Menarik Lainnya di RHB Tradesmart ID 

Assisted Robo Optimization yang berfungsi sebagai smart analyzer memang menjadi fitur unggulan untuk memenuhi kebutuhan teknikal investasi saham. Namun, tentu saja fitur unggulan yang dihadirkan oleh RHB Tradesmart ID tidak hanya sekadar itu saja. Masih ada fitur lain yang tidak kalah menariknya, seperti Smart Rate, Smart Fee, dan Smart Points. 

Fitur Smart Rate dan Smart Fee merupakan fitur yang memungkinkan Smart People untuk menjalankan investasi saham yang ekonomis. Bagaimana tidak, dengan adanya fitur ini, maka biaya transaksi dan biaya margin menjadi lebih terjangkau. Sedangkan untuk fitur Smart Points, memungkinkan pemerolehan poin atas setiap transaksi yang dilakukan, lalu bisa ditukar dengan saldo e-wallet

Bagaimana, masih pikir-pikir untuk menggunakan RHB Tradesmart ID? Segera unduh aplikasinya dan rasakan pengalaman investasi saham yang mudah dan ekonomis. 

Sumber: 

Tim RHB Tradesmart ID. 2022, Juni 06. 3 Fitur ARO Si Smart Analyzer Milik RHB yang Gak Boleh Kamu Lewatkan. RHB Tradesmart ID. Diakses pada tanggal 26 Maret 2024 melalui https://rhbtradesmart.co.id/article/ARO-is-your-smart-analyzer/

Tim RHB Tradesmart ID. 2021, Desember 02. Kenali Fitur ARO, Fitur di Aplikasi Trading Saham RHB Tradesmart. RHB Tradesmart ID. Diakses pada tanggal 26 Maret 2024 melalui https://rhbtradesmart.co.id/article/kenali-fitur-ARO-fitur-di-aplikasi-trading-saham-rhb-tradesmart/

Tim RHb Tradesmart ID. RHB Tradesmart ID Manual Book Mobile App. RHB Tradesmart ID. Diakses pada tanggal 26 Maret 2024 melalui https://rhbtradesmart.co.id/wp-content/uploads/2023/03/Manual-Book-mobile-4.0V20230202-1.pdf

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal