<< Back

Begini Cara Memindahkan Saham dari Aplikasi Trading Saham Lain ke Aplikasi RHB Tradesmart ID

Cara Memindahkan Saham

Dalam menjalankan investasi saham, seorang investor atau trader kerap ingin memindahkan sahamnya ke sekuritas yang berbeda. Tentu ada banyak alasan yang membuatnya ingin mengetahui cara memindahkan saham tersebut. Meski demikian, terdapat juga sejumlah ketentuan yang harus diperhatikan sebelum benar-benar memindahkan saham.

Alasan Trader Ingin Pindah ke Platform Saham Lain

Seorang investor atau trader yang ingin memindahkan saham tentu bukan tidak disertai dengan alasan tertentu. Misalnya sering menjumpai masalah pada sekuritas yang digunakan sehingga terpaksa melakukan transfer aset. Berikut beberapa alasan lain yang bisa saja melatarbelakangi proses pemindahan saham ke sekuritas lain:

1. Fitur yang lebih lengkap

Sama seperti halnya perusahaan teknologi yang lain, umumnya sekuritas sudah mempunyai aplikasi dengan fitur-fiturnya tersendiri. Dengan demikian, platform trading dan investasi tersebut dapat dilakukan untuk mempermudah para trader dan investornya.

Sayangnya, tidak semua sekuritas mempunyai fitur yang lengkap. Inilah mengapa, banyak investor dan trader yang kemudian berpindah ke sekuritas lain. Tidak hanya karena fiturnya, namun juga kemudahan interface, kenyamanan akses, dan pertimbangan lain di aplikasinya.

2. Biaya yang lebih rendah

Masalah biaya juga kerap menjadi hal yang membuat banyak trader mencari cara bagaimana memindahkan sahamnya ke sekuritas lain. Tidak sedikit investor yang memberi perhatian khusus pada fee yang dibebankan. Jika lebih rendah, tentu akan lebih mudah digunakan.

Begitu pula dengan biaya transfer saham yang pada umumnya sangat murah dan tidak dikenakan biaya tambahan. Jika sekuritas lama menerapkan banyak biaya admin dan fee tambahan, bukan hal yang mustahil jika para trader akan segera memindahkan sahamnya.

3. CS yang lebih responsif

Respon customer service juga menjadi salah satu pertimbangan mengapa seseorang mencari cara memindahkan saham ke sekuritas lain. Terlebih bagi trader pemula yang masih bingung dalam menjalankan transaksi saham, tentu akan sangat membutuhkan peran CS ini.

CS dengan respon yang baik tentu akan membantu bisnis sekuritas lebih berkembang. Jika layanan tersebut responsif, tersedia 24 jam, hingga mampu memberikan solusi terbaik, bukan tidak mungkin semakin banyak trader yang mentransaksikan sahamnya di sekuritas tersebut.

Ketentuan Pindah Saham ke Platform Lain

Pada dasarnya, memindahkan saham dari satu sekuritas ke sekuritas lainnya bukan hal yang sulit. Smart People hanya perlu memenuhi syarat dan ketentuan yang diberlakukan pada sekuritas lama maupun yang baru. Secara umum, berikut ketentuan tersebut.

1. Lengkapi persyaratan di sekuritas lama

Untuk melakukan pemindahan saham, dibutuhkan beberapa syarat yang perlu dilampirkan pada sekuritas lama. Hal ini dimaksudkan agar Anda mendapatkan form pemindahan saham yang diperoleh dari pihak sekuritas tersebut.

Adapun syarat yang dimaksud mulai dari surat kuasa pemindahan saham, nama saham dan lembar saham yang akan dipindahkan, hingga dokumen identitas seperti KTP. Adapun syarat-syarat tambahan lainnya juga akan mengikuti ketentuan dari pihak sekuritas lama.

2. Ikuti ketentuan proses dan biayanya

Umumnya, proses pemindahan yang dimulai dari sekuritas lama membutuhkan waktu 1-2 hari kerja namun bisa lebih cepat atau bahkan lebih lama. Selain itu, pastikan juga Smart People memiliki dana yang cukup untuk proses transfer efek ini.

Biaya DFOP (Delivery Fee Of Payment) umumnya sebesar Rp22.000 per kode saham. Meskipun Anda mempunyai 1 atau 100 lot saham dengan satu kode saham, biayanya tetap sama. Jadi jika Smart People memiliki 3 kode saham yang berbeda, maka akan dikenakan biaya Rp66.000 yang dapat dibayarkan melalui saldo mengendap atau transfer.

3. Pilih sekuritas baru yang tepat

Sebelum memindahkan saham, pastikan Smart People sudah menentukan mana sekuritas yang tepat. Jangan sampai malah memindahkan saham ke sekuritas yang salah dan tidak memenuhi ekspektasi seperti anggapan di awal.

Oleh karena itu, lakukan pemindahan saham ini secara hati-hati dengan mempertimbangkan berbagai hal. Pastikan sekuritas baru Anda memiliki kelengkapan fitur terbaik, biaya yang lebih terjangkau, hingga layanan pelanggan yang jauh lebih responsif.

Cara Memindahkan Saham Lama ke Aplikasi RHB Tradesmart ID

Selain ketentuan pemindahan saham, memahami cara memindahkan saham ke sekuritas lain juga menjadi hal yang wajib diketahui. Terlebih jika Smart People memutuskan untuk melakukan pemindahan saham ke RHB Tradesmart ID. Berikut beberapa hal yang diperlukan:

1. Lakukan pembuatan akun di sekuritas baru

Sebagai langkah awal, pastikan Smart People sudah membuat akun di sekuritas yang baru untuk menampung saham yang dipindahkan. Adapun caranya dengan mendaftarkan akun melalui aplikasi RHB Tradesmart ID dengan melengkapi data yang diperlukan.

Perlu diperhatikan juga jika rekening atau data baru harus disamakan dengan data rekening yang lama. Jika tidak, maka proses pemindahan akun tidak dapat dilakukan secara maksimal. Apabila ada perbedaan, biasanya Smart People akan diarahkan untuk crossing penutupan akun

2. Ajukan pemindahan saham di sekuritas lama

Selanjutnya, pastikan Smart People sudah memiliki form pemindahan akun dari sekuritas yang lama. Jika sudah memiliki form tersebut, segera hubungi pihak CS sekuritas baru untuk melakukan proses pemindahan saham.

Di RHB Tradesmart ID sendiri, prosesnya dilakukan selama 1-2 hari kerja setelah form pemindahan saham tersebut diterima. Smart People juga tidak dikenakan biaya tambahan untuk proses memindahkan saham ke akun RHB Tradesmart ID.

Demikian cara memindahkan saham yang dapat dilakukan secara mudah dan cepat. Pada dasarnya, Smart People hanya perlu menghubungi pihak sekuritas lama untuk mendapatkan form pindah saham, lalu datang ke sekuritas baru guna melakukan proses pemindahan.

Guna memastikan transaksi saham yang dilakukan tepat, Smart People tentu harus memilih aplikasi yang tepat. Manfaatkan fitur-fitur terbaik dari RHB Tradesmart ID yang juga dikenal tidak mudah lag. Segera download RHB Tradesmart ID di Play Store atau App Store!

 

Referensi:

Thowilz. (2020). 3 Langkah Melakukan Transfer Saham Ke Sekuritas Lain. InvestorSaham.id

Tim Redaksi. (2024). How Do You Transfer Common Stock From One Broker to Another?. Investopedia.com

Wijayanti, Ratih Ika. (2023). Cara Memindahkan Saham ke Sekuritas Lain, Begini Langkah Mudahnya. IDXChannel.com

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal