<< Back

Apakah Waran Terstruktur Tetap Mendapatkan Dividen?

waran terstruktur

Bursa Efek Indonesia (BEI) belum lama ini meluncurkan produk investasi terbaru yaitu waran terstruktur. BEI pun menerbitkan sejumlah aturan baru mengenai produk investasi ini. Mekanismenya seperti waran biasa tetapi sedikit berbeda pada ketentuan penerbitannya.

Jenis waran ini dinilai bisa menjadi pilihan investasi efisien yang dapat dimanfaatkan para investor pasar saham. Namun Smart People yang baru memulai trading saham, tentu perlu mempelajari lebih banyak lagi mengenai produk waran ini.

READ MORE : Rumus Gsheet yang Baik untuk Pantau Portofolio Saham Kamu

Karakteristik Waran Terstruktur dan Perbedaannya dengan Saham

Mungkin Smart People bertanya-tanya apakah investasi waran juga mendapatkan dividen seperti investasi pada saham? Sebelum itu, sebaiknya Smart People mengetahui beberapa perbedaan waran dan saham yang diperjualbelikan di pasar bursa.

1. Karakteristik waran terstruktur

Investasi waran ini bisa menjadi opsi investasi yang aman karena dijamin oleh KPEI. Selain itu, penerbitan waran hanya bisa dilakukan oleh perusahaan-perusahaan atau lembaga keuangan yang sudah memenuhi persyaratan.

Perusahaan atau emiten yang melantai di bursa efek tidak wajib untuk menerbitkan waran. Tidak semua perusahaan mampu menerbitkan jenis waran ini karena ada aturan dan kriteria tertentu yang harus dipenuhi.

Waran merupakan produk derivatif untuk saham-saham konstituen indeks IDX30. Sebagaimana diketahui bahwa saham yang ada di indeks IDX30 ini adalah saham-saham yang memiliki fundamental dan likuiditas yang baik.

Melalui penerbitan jenis waran ini, investor dapat memanfaatkan pergerakan harga waran tersebut untuk bisa mendapatkannya dengan modal yang relatif lebih murah dibandingkan harga saham underlying-nya.

Meski peluncuran produk investasi baru ini disambut cukup baik oleh para investor tanah air, ada baiknya Smart People tidak hanya ikut-ikutan investasi pada instrumen tersebut. Penting untuk mengetahui lebih banyak informasinya terutama untuk Smart People yang masih belajar trading saham atau masih pemula.

Edukasi mengenai jenis waran ini sangat penting apalagi produk investasi ini masih tergolong baru. Jika ingin berinvestasi pada jenis waran ini, Smart People dapat memperhatikan beberapa hal berikut.

  • Cara kerja waran
  • Analisis pergerakan saham underlying sebelum memilih waran terstruktur
  • Memahami profil risiko
  • Menentukan jangka waktu investasi

2. Perbedaan waran terstruktur dan saham

Ada beberapa poin yang membedakan investasi waran terstruktur dengan saham. Meski sama-sama diperjualbelikan di pasar bursa, waran dan saham memiliki beberapa perbedaan mendasar seperti berikut.

  • Hak kepemilikan

Jika Smart People membeli saham, secara otomatis Smart People menjadi salah satu pemilik perusahaan atau emiten penerbit saham tersebut. Smart People juga akan mendapatkan hak sebagai pemilik perusahaan seperti mengikuti Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan mendapatkan dividen.

Sedangkan untuk waran berbeda dengan saham karena waran ini merupakan produk derivatif saham. Jadi ketika Smart People memiliki waran, Smart People tidak termasuk bagian dari pemilik perusahaan. Artinya Smart People tidak mendapatkan dividen dan tidak bisa mengikuti RUPS.

  • Harga

Harga saham di BEI akan mengikuti mekanisme pasar dengan ketentuan batas atas dan batas bawah. Batas atas atau Auto Rejection Atas (ARA) dan batas bawah atau Auto Rejection Bawah (ARB) ini tidak berlaku pada harga waran.

Harga waran dapat naik dan turun tanpa adanya batas atas dan batas bawah. Namun terbatas hingga harga waran yang diperdagangkan lebih besar atau sama dengan [1] harga saham induk.

Smart People dapat memantau harga saham dari saham-saham di pasar bursa yang biasanya ditulis dalam kode empat huruf kapital. Sedangkan waran bisa Smart People cari menggunakan kode turunan dari saham induk yang terdiri dari 2 kode sekuritas penerbit, 1 kode jenis waran (call/put), 1 kode bulan, 1 kode tahun, dan 1 kode unik.

  • Jatuh tempo

Salah satu perbedaan waran terstruktur dan saham adalah aturan mengenai jatuh tempo. Pada saham tidak memiliki jatuh tempo atau masa berlakunya. Jadi Smart People bebas untuk memiliki saham yang tersebut.

Sedangkan untuk waran terstruktur ada jatuh temponya. Periode jatuh tempo untuk jenis waran terstruktur ini bisa berbeda-beda antara 2 hingga 24 bulan. Saat jatuh tempo, waran terstruktur akan otomatis di-exercise secara tunai jika waran in-the-money.

3. Dividen

Dividen adalah laba perusahaan yang dibagikan kepada para pemegang saham setelah RUPS. Investor saham akan mendapatkan dividen setiap setahun sekali atau bisa 2 kali tergantung laba perusahaan. Hal yang perlu Smart People pahami adalah dividen hanya dibagikan untuk pemilik saham atau investor saham.

Jadi untuk Smart People yang hanya memiliki waran, tidak memiliki hak untuk mendapatkan dividen. Namun Smart People akan mendapatkan hasil secara tunai saat exercise waran yaitu saat waran terstruktur jatuh tempo. Hal ini berlaku jika saat jatuh tempo kondisi waran in-the-money, Smart People akan otomatis mendapatkan hasilnya.

Biaya Trading Lebih Ekonomis dengan Smart Fee RHB

Smart People yang tertarik dengan dunia saham, bisa belajar trading menggunakan aplikasi RHB yang menawarkan fitur Smart Fee. Bukan hanya segelintir orang saja tetapi semua trader dapat mengakses fitur ini untuk mendapatkan trading fee yang lebih ekonomis.

Aplikasi akan menghitung fee setiap hari secara otomatis. Semakin sering bertransaksi, maka fee trading akan semakin murah. Hal ini tentu memberikan manfaat bagi trader karena bisa menghemat biaya sehingga potensi imbal hasil menjadi lebih besar.

Fee murah ini bisa langsung aktif setelah akun, RDN, dan setoran Smart People di aplikasi sudah aktif. Selain itu, Smart People juga tidak perlu khawatir karena aplikasi RHB selalu lancar untuk digunakan bertransaksi.

Itulah beberapa informasi yang perlu Smart People ketahui mengenai waran terstruktur terutama terkait pembagian dividen. Produk-produk yang diperdagangkan di pasar bursa memang perlu dipelajari karena bagian penting dalam dunia trading saham yang memiliki karakteristik dan ketentuannya masing-masing.

Ingin belajar lebih banyak mengenai dunia saham? RHB Sekuritas menyediakan aplikasi cerdas yang dapat membantu mempermudah trading online melalui fitur-fiturnya. Download aplikasi RHB Tradesmart di Play Store dan App Store agar bisa segera menggunakan fitur cerdasnya untuk trading.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

Raih #MomenSmart bersama RHB Sekuritas

Trading saham lebih smart dengan mudah dan cepat bersama fitur ARO

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal