<< Back

Rumus Gsheet yang Baik untuk Pantau Portofolio Saham Kamu

portfolio saham

Bagi para investor yang sedang belajar saham pemula, mengetahui sejumlah trik untuk memantau dan melacak portofolio data saham bisa menjadi salah satu trik untuk melihat kinerja suatu perusahaan. Hal ini tentu menarik karena akan ada banyak data yang dapat tersaji. Lantas, bagaimana caranya?

Mengapa Harus Melacak Data Portofolio Saham?

Buat banyak investor, melacak dan memantau data portofolio saham adalah sebuah hobi. Terlebih, harga saham secara luas dianggap sebagai indikator dari kinerja suatu perusahaan. Jika Smart People mengincar salah satu perusahaan untuk dibeli sahamnya, tentu yang diperhatikan adalah kinerja dan harga sahamnya.

Sebagai investor, kita perlu menyadari bahwa harga saham akan selalu berubah. Harga yang fluktuatif ini seringkali berubah tanpa kita sadari. Oleh karena itu, harga saham perlu dimonitor dengan cara yang lebih mudah dan pasti.

Salah satu caranya yakni dengan menggunakan fitur dari Google bernama Google Finance. Fitur ini bisa digunakan untuk melihat data-data saham, termasuk diagram kinerja perusahaan. Meski demikian, Smart People juga dapat menarik data secara mudah melalui layanan ini ke dalam Gsheet dengan rumus atau function tertentu.

Mempelajari Function Google Finance di Gsheet

Untuk melacak harga saham terkini, Smart People yang sedang belajar saham pemula tidak hanya dapat menggunakan laman Google Finance saja. Data tersebut bisa dikoneksikan ke Google Sheet sebagai cara termudah untuk mendapatkan data saham yang dapat dibaca langsung melalui kolom-kolom Gsheet. Berikut beberapa caranya.

Identifikasi data simbol saham

Tahapan pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan salah satu spreadsheet untuk melakukan analisis saham. Selanjutnya, Smart People perlu mengidentifikasi simbol saham, yakni beberapa huruf yang menyimbolkan nama perusahaan tersebut dalam bursa saham. Misalnya PT Antam dengan simbol ANTM, Apple Inc dengan simbol AAPL, dan sebagainya.

Anda dapat mencari nama-nama perusahaan beserta simbolnya pada laman Google Finance tersebut. Selanjutnya pindahkan simbol-simbol tersebut dalam satu kolom di Gsheet atau copy-paste secara manual untuk menyalin daftar perusahaan mana yang ingin Smart People pantau dan bandingkan.

Anda juga dapat menambahkan nama perusahaan di samping simbol saham tersebut. Tidak perlu mengetikkan nama lengkap perusahaan tersebut, namun Smart People dapat menggunakan rumus

=GOOGLEFINANCE(letak sel simbol saham,”name”). Contohnya =GOOGLEFINANCE(A2,”name”)

Mengetahui harga saham

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mendapatkan harga saham dari simbol yang kita dapatkan, baik harga saham di hari ini maupun di tanggal-tanggal tertentu. Untuk mengecek harga saham di hari ini, rumus yang digunakan juga sangat mudah yakni

=GOOGLEFINANCE(letak sel simbol saham,”price”). Contohnya =GOOGLEFINANCE(A2,”price”)

Kita juga dapat melihat harga saham dari rentang tanggal tertentu. Sebagai contoh, jika kita ingin melihat harga penutupan saham harian ANTM yang ada di sell A2 dari tanggal 1 Juni 2022 sampai dengan 1 Agustus 2022, maka rumus yang bisa dipakai yakni

=GOOGLEFINANCE(A2,”price”,”01/06/2022″, “01/08/2022″,”DAILY”) atau

=GOOGLEFINANCE(“ANTM”,”price”,”01/06/2022″, “01/08/2022″,”DAILY”)

Rumus yang terakhir ini juga dapat membantu kita melihat riwayat harga saham dari waktu ke waktu, apakah menunjukkan penurunan atau peningkatan harga. Meski demikian, pastikan rentang tanggalnya tepat karena hasilnya nanti akan disesuaikan dengan data investasi saham online di Google Finance.

Nilai saham dalam 52 minggu terakhir

Seperti yang kita ketahui, sejumlah saham memiliki pergerakan sepanjang tahun atau yang lebih sering dikenal dengan istilah fluktuasi. Namun, bagaimana mengetahui harga tertinggi maupun terendah dalam 52 minggu terakhir, berikut rumus yang bisa Anda gunakan.

=GOOGLEFINANCE(A2,”high52″)

Rumus ini digunakan untuk mengetahui harga tertinggi yang pernah dicapai oleh sebuah saham yang simbolnya berada di sel A2 dalam 52 minggu ke belakang. Dengan rumus yang hampir sepadan namun untuk melihat harga terendah dalam 52 minggu terakhir, rumus yang digunakan adalah

=GOOGLEFINANCE(A2,”low52″)

Rasio Price-Earnings

Rasio price-earning (rasio P/E) merupakan metode umum untuk menilai suatu perusahaan. Dengan rasio ini, kita dapat membagi harga saham perusahaan dengan penghasilannya. Adapun suatu prinsip yang umum diterima guna menilai saham tertentu yakni rasio P/E akan menandakan adanya potensi pertumbuhan perusahaan tersebut.

Rumus yang digunakan juga cukup sederhana, namun pastikan Smart People sudah menyiapkan data pada kolom Gsheet tersebut, misalnya saham ANTM di sel A2. Dengan begitu, rumus yang digunakan yakni

=GOOGLEFINANCE(stock symbol,”pe”) atau

=GOOGLEFINANCE(A2,”pe”)

Untuk membaca rasio P/E ini, Smart People perlu melakukan suatu survey ke perusahaan serupa sehingga maknanya akan lebih terlihat. Industri yang pertumbuhannya lebih tinggi seperti perusahaan Google misalnya, tentu akan memiliki rasio P/E yang jauh lebih tinggi dibandingkan perusahaan utilitas.

Fitur Smart Fee untuk Pengguna RHB

Sebagai salah satu sekuritas terbaik di Indonesia, RHB Tradesmart juga meluncurkan sebuah fitur terkini bernama Smart Fee. Smart People kini tidak hanya sekadar bisa menghitung rumus pemantau portofolio saham di aplikasi yang nyaman digunakan, namun juga bisa mendapatkan fee transaksi yang jauh lebih terjangkau.

Melalui fitur ini, biaya transaksi akan terhitung secara otomatis dengan biaya transaksi yang bisa serendah 0.08%. Semakin besar transaksi yang Smart People lakukan, maka semakin rendah biaya yang akan dikeluarkan. Dengan biaya yang lebih murah dan layanan yang berkualitas, siapa sih yang tidak tertarik menjalankan transaksi saham di aplikasi ini?

Demikian beberapa rumus penting yang bisa digunakan untuk memantau harga saham dari berbagai perusahaan incaran. Selain menggunakan rumus di atas, Anda juga bisa memantau pergerakan harga melalui aplikasi investasi saham seperti RHB Tradesmart.

Terdapat beberapa fitur yang akan membantu para investor yang sedang belajar saham pemula supaya semakin mudah melakukan analisis dan mengambil keputusan tepat dalam setiap transaksi. Nah, tunggu apa lagi, download aplikasi RHB Tradesmart di Play Store atau App Store sekarang!

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

Raih #MomenSmart bersama RHB Sekuritas

Trading saham lebih smart dengan mudah dan cepat bersama fitur ARO

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal