<< Back

Apa Betul Faktor Global dan Lokal Dapat Menentukan Harga Saham?

Dalam dunia investasi, faktor lokal dan faktor global saham menjadi aspek yang penting untuk diperhatikan. Berbagai kondisi yang terjadi di dalam negeri maupun di dunia ternyata dapat berpengaruh pada naik turunnya harga saham tertentu.

Pengaruh yang diberikan dari setiap kondisi atau faktor dapat berbeda-beda terhadap harga saham yang satu dengan yang lainnya. Lantas, faktor seperti apa saja yang dimaksud dan langkah apa yang diperlukan untuk menghadapinya?

Pengertian Pengaruh yang Mempengaruhi Faktor Global Saham dan Lokal Terhadap Saham

Faktor global saham dapat diartikan sebagai faktor-faktor dari dunia internasional yang berpengaruh pada saham. Kondisi ekonomi, politik, dan isu global yang sedang hangat dapat berimbas pada naik turunnya harga saham.

Begitu juga dengan faktor lokal yaitu faktor-faktor yang berasal dari kondisi dalam negeri, baik itu secara ekonomi, politik, keamanan, dan lain-lain. Faktor tersebut bisa jadi salah satu penentu fluktuasi saham di Indonesia.

Faktor Global Saham

1. Harga Minyak Dunia

Harga minyak mentah atau crude oil saling berkaitan dengan fluktuasi pasar modal. Kenaikan harga minyak mentah dunia dapat memberikan peningkatan laba terutama pada sektor atau perusahaan minyak dan energi.

Investor pun tertarik untuk membeli saham-saham energi. Hal ini dapat berpengaruh pada kenaikan harga saham dan IHSG secara keseluruhan.

2. Harga Emas Dunia

Harga emas dunia termasuk salah satu faktor global yang mempengaruhi pergerakan harga saham. Kenaikan harga emas dunia dapat berpengaruh positif pada saham-saham tertentu.

3. Suku Bunga Amerika – Faktor Global Saham

Naik turunnya suku bunga The Fed atau Bank Sentral Amerika Serikat dapat berimbas pada harga saham di Indonesia. Saat suku bunga naik, suku bunga simpanan ikut naik sehingga banyak investor yang memindahkan dananya dari pasar modal ke produk perbankan.

Investor asing yang menanamkan modal di Indonesia bisa saja memilih kembali ke pasar Amerika. Hal tersebut dapat berpengaruh pada harga saham di Indonesia yang mengalami penurunan.

4. Isu Global – Faktor Global Saham

Isu ekonomi yang terjadi di dunia terutama di Amerika memiliki pengaruh juga terhadap kondisi pasar modal di Indonesia. Misalnya pada saat Donald Trump yang kala itu masih menjadi presiden menyampaikan kritik pada The Fed.

Pasar panik dan menganggap akan adanya perlambatan ekonomi karena ketidakpastian kebijakan dari negara ini. Dampaknya pada perdagangan 11 Oktober 2018 indeks saham di Asia ikut merosot.

Faktor Lokal

1. Fluktuasi Kurs Rupiah

Penguatan dan pelemahan nilai tukar Rupiah terhadap mata uang asing bisa mempengaruhi harga saham. Biasanya terjadi pada saham dari perusahaan yang memiliki utang atau kegiatan usahanya menggunakan mata uang asing.

2. Kondisi Fundamental Ekonomi Makro

Kondisi ekonomi nasional memiliki pengaruh terhadap naik turunnya harga saham. Ekonomi makro berkaitan dengan kebijakan suku bunga acuan Bank Indonesia, tingkat inflasi, tingkat pengangguran, dan lainnya yang terjadi di dalam negeri.

3. Kondisi Politik Nasional

Kondisi politik yang stabil memberikan pengaruh positif bagi sektor saham. Di tahun politik seperti sekarang, pelaku pasar saham tidak perlu terlalu khawatir selama kondisi keamanan di Indonesia kondusif.

4. Kebijakan Pemerintah

Beberapa kebijakan pemerintah memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap fluktuasi saham. Umumnya, kebijakan yang paling berpengaruh adalah kebijakan terkait ekspor impor, utang, PMA atau penanaman modal asing, perseroan, dan lain-lain.

Cara Menanggapi Faktor Global Saham dan Langkah Selanjutnya Terhadap Saham yang Dimiliki atau Belum Dimiliki

Kondisi ekonomi, politik hingga keamanan yang terjadi di dalam negeri dan di dunia harus tetap diwaspadai oleh para investor saham. Faktor global dan faktor lokal saham bisa saja berpengaruh pada potensi hasil maupun risiko investasi Smart People. Lakukan hal berikut untuk mengamankan investasi Smart People.

1. Diversifikasi Portofolio

Apabila ada kondisi tertentu yang menyebabkan harga saham Smart People anjlok atau turun secara signifikan, melakukan diversifikasi portofolio adalah langkah selanjutnya yang bisa dilakukan. Dengan diversifikasi, jika ada aset yang turun, Smart People masih memiliki aset lain yang stabil atau bahkan naik.

2. Memilih Emiten dengan Fundamental Kuat

Pengaruh dari faktor global dan lokal pada setiap emiten bisa berbeda-beda. Oleh sebab itu, jika Smart People ingin membeli saham, penting untuk memeriksa fundamental perusahaan. Mulai dari kondisi keuangan, pertumbuhan laba, dan manajemen perusahaan yang kuat.

3. Cermati Sektor Potensial

Setiap kondisi yang terjadi di dalam negeri atau di dunia dapat menguntungkan saham tertentu dan kurang menguntungkan untuk saham lainnya. Sebagai contoh saat terjadi pandemi yang menyebabkan lesunya saham-saham hotel hingga maskapai penerbangan

Di sisi lain, kondisi pandemi mendongkrak saham farmasi dan medis. Jadi, Smart People harus cermat dalam memilih sektor yang potensial.

Selalu rencanakan investasi Smart People dengan baik. Nah, jika sudah berencana untuk mulai investasi saham, bisa Download aplikasi RHB Tradesmart ID di Play Store dan App Store.

Itulah pembahasan mengenai faktor global dan faktor lokal saham beserta pengaruhnya pada fluktuasi harga aset. Tidak ada salahnya untuk terus memantau berita politik dan ekonomi di Indonesia dan di dunia. Informasi tersebut akan sangat berguna untuk membantu Smart People mengambil keputusan investasi dengan lebih baik.

Referensi:

Mela Arnani. 2023. “Apa yang Menyebabkan Harga Saham Naik dan Turun?”. Kompas.com

Cermati. 2023. “Faktor-faktor Penyebab Naik Turunnya Harga Saham, Apa Saja?”. Cermati.com

Tegar Arief. 2018. “Faktor Global ini Bawa IHSG dan Bursa Saham Asia ke Zona Merah”. Bisnis.com

Moh Maulidi Syarif, Nadia Asandimitra. 2015. “Pengaruh Indikator Makro Ekonomi dan Faktor Global Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)”. Core.ac.uk

Teti Purwanti. 2023. “Mau Investasi Saham di Tahun Politik? Perhatikan Hal Ini”. Cnbcindonesia.com

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal