<< Back

Agio Saham dan Disagio Saham, Beserta Contohnya

asian woman happy on laptop

Agar bisa memahami laporan keuangan, Smart People harus mengetahui istilah-istilah yang digunakan di dalamnya, di antaranya adalah agio dan disagio. Kedua istilah yang dikenal sebagai additional paid-in capital ini merujuk pada selisih nilai jual dan nilai beli saham di pasar modal. Cari tahu lebih banyak mengenai keduanya melalui ulasan artikel di bawah ini. 

Apa Itu Agio Saham?

Menurut OJK (Otoritas Jasa Keuangan), agio saham merupakan kelebihan setoran pemegang saham di atas nilai nominal, setelah dikurangi dengan biaya emisi efek ekuitas. Pada dasarnya, hal ini juga bisa dipahami sebagai selisih setoran pemegang saham di atas nilai nominalnya atau return

Lantas, bagaimana untuk bisa mendapatkan nilai tersebut? Nilai agio sebuah saham bisa diperoleh dari selisih nilai jual dan nilai beli suatu saham di pasar modal. Misalnya saja, saham perusahaan A dijual dengan harga Rp10.000 per lembar saham, sedangkan harga nominalnya adalah Rp12.000. Selisih nilai jual dan nilai nominal yang berjumlah Rp2.000 merupakan nilai agio saham

Nilai ini biasanya akan terjadi saat investor saham melakukan pembelian saham saat saham tersebut baru diterbitkan oleh emiten dalam tahap penawaran umum saham perdana alias IPO (Initial Public Offering). Nantinya, imbal hasil yang diperoleh oleh investor dari agio saham ini akan bersifat bersih alias tidak dikenakan potongan pajak. 

Jenis Agio Saham

  1. Agio Biasa

Agio biasa merupakan jenis agio yang asalnya dari penjualan saham baru oleh perusahaan penerbit kepada investor. Nilainya diperoleh dari selisih harga jual dengan harga nominal saham. Misalnya saja, harga nominal saham adalah Rp6.000, sedangkan harga jualnya adalah Rp4.000, maka nilai agio saham yang merupakan selisih harganya adalah Rp2.000. 

  1. Agio Treasuri

Selain agio biasa, ada juga jenis agio lainnya yang disebut agio treasuri. Agio treasuri ini merupakan agio saham yang asalnya dari aksi pembelian kembali oleh perusahaan yang menerbitkannya atau dikenal dengan istilah buyback stocks. Saham yang telah dibeli kembali oleh perusahaan penerbit kemudian akan dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi. 

Nilai tersebut akan diperoleh dari selisih antara harga penjualan kembali saham yang lebih tinggi dengan harga nominal saham tersebut. Misalnya saja, saham yang dibeli kembali oleh perusahaan berhasil dijual dengan harga yang lebih tinggi, yakni Rp10.000. Sedangkan untuk harga nominalnya adalah Rp7.000. Maknanya, selisih harga alias agio treasurinya adalah Rp3.000. 

Apa Itu Disagio Saham?

Disagio saham merupakan kebalikannya. Disagio saham merupakan selisih kurang antara harga jual dengan harga nominal. Misalnya saja, harga jual saham adalah Rp3.000, sedangkan harga nominalnya adalah Rp5.000, maka nilai disagionya adalah sebesar Rp2.000. 

Disagio saham biasanya dilakukan oleh perusahaan yang tetap nekat melakukan ekspansi perusahaan, meskipun kondisi keuangannya sedang tidak memungkinkan alias sedang minus. Akibatnya, perusahaan tidak bisa menjual saham dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan nilai nominalnya. 

Contoh Agio Saham 

Perusahaan A menerbitkan 1 juta lembar saham dengan nilai atau harga nominal sahamnya adalah Rp2.000 per lembar saham. Maknanya, nilai nominal keseluruhan saham yang diterbitkan adalah Rp2.000 x 1 juta lembar ₌ 2 miliar. Kemudian, investor melakukan penawaran dengan nilai di atas harga nominal, yang membuat saham perusahaan A dijual dengan harga Rp3.000 per lembar saham. 

Berdasarkan situasi tersebut, perusahaan akan bisa memperoleh dana sebesar Rp3.000 x 1 juta lembar ₌ 3 miliar. Dari perhitungan tersebut, bisa diperoleh nilai tersebut dengan mengurangkan Rp3 miliar – Rp2 miliar ₌ 1 miliar. Maknanya, perusahaan memperoleh agio saham sebesar Rp1 miliar, yang nantinya akan ditulis dengan istilah tambahan modal disetor di neraca perusahaan. 

Contoh Disagio Saham  

Disagio saham bisa dipahami melalui situasi berikut ini. Perusahaan A sudah menyepakati harga awal sahamnya seharga Rp500 per lembar saham. Namun, dalam perjalanan operasional, perusahaan A ternyata mengalami kerugian. Hal itu kemudian membuat perusahaan A harus menjual sahamnya dengan harga di bawah harga nominalnya. 

Adapun harga jual yang akhirnya diputuskan oleh perusahaan A adalah sebesar Rp200 per lembar saham. Nah, jika saham yang dijual adalah 1 juta lembar saham, maknanya selisih antara harga jual dengan harga nominal adalah Rp500 juta – Rp200 juta ₌ Rp300 juta. Bisa disimpulkan bahwa disagio sahamnya adalah sebesar Rp300 juta. 

Dukung Keputusan Investasi dengan Hasil Analisa RHB Tradesmart ID 

Menganalisa saham incaran akan bisa membantu Smart People untuk mengambil keputusan investasi yang lebih tepat nantinya. Agar bisa lebih mudah dalam melakukan analisis tersebut, Smart People bisa gunakan aplikasi investasi saham online, RHB Tradesmart ID. Aplikasi ini sudah dilengkapi dengan fitur SMART, yang dukung investasi saham nan mudah dan ekonomis. 

Dalam hal analisis saham, Smart People bisa manfaatkan fitur Smart Analyzer. Fitur ini salah satunya bisa mengirimkan sinyal untuk buy, sell, ataupun hold. Selain itu, masih ada fitur Smart Rate dan Smart Fee, yang mana fitur ini bakal mewujudkan aktivitas investasi saham yang ekonomis. Nantinya, setiap transaksi yang dilakukan akan menghasilkan poin melalui fitur Smart Points. 

Yuk mulai investasi saham dari sekarang dengan menggunakan RHB Tradesmart ID. Smart People bisa unduh RHB Tradesmart ID, lalu mulai investasi saham kapan dan di mana saja berada. 

Sumber: 

Nurhaliza, Shifa. 2021, Oktober 03. Sudah Tahu Agio dan Disagio Saham? Ternyata Ini Pengertiannya. IDX Channel. Diakses pada tanggal 5 Agustus 2024 melalui https://www.idxchannel.com/market-news/sudah-tahu-agio-dan-disagio-saham-ternyata-ini-pengertiannya

Ariyanti, Fiki. 2024, Februari 26. Tips MotionTrade: Pengertian Agio Saham dan Cara Menghitungnya. IDX Channel. Diakses pada tanggal 5 Agustus 2024 melalui https://www.idxchannel.com/market-news/tips-motiontrade-pengertian-agio-saham-dan-cara-menghitungnya/3

Pratomo, Gagas Yoga. 2024, Maret 04. Mengenal Istilah Agio Saham, Apa Itu? Liputan 6. Diakses pada tanggal 5 Agustus 2024 melalui https://www.liputan6.com/saham/read/5542234/mengenal-istilah-agio-saham-apa-itu?page=3

Tim Cermati.com. 2022, Maret 03. Agio Saham: Arti, Contoh, Jenis, dan Cara Pencatatannya. Republika. Diakses pada tanggal 5 Agustus 2024 melalui https://ekonomi.republika.co.id/berita/r7qgku516000/agio-saham-arti-contoh-jenis-dan-cara-pencatatannya?

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal