<< Back

6 Rekomendasi Buku Terbaik untuk Belajar Saham Pemula

Makin hari, makin banyak orang yang tertarik untuk terjun ke dunia saham. Tak mengherankan memang, karena imbal dari saham yang terbilang cukup menggiurkan. Namun tetap saja, untuk bisa terjun dan berhasil di dunia saham tersebut, Smart People perlu bekal berupa informasi terkait saham sebanyak mungkin. 

Informasi terkait saham sendiri bisa Smart People peroleh dari banyak sumber, salah satunya adalah dari buku. Buku tersebut bisa berisikan pengalaman dari orang yang telah sukses di dunia saham itu sendiri, serta yang memuat strategi dan informasi lainnya untuk bisa berhasil di bidang ini. Yuk simak berikut ini apa saja rekomendasi buku untuk belajar saham pemula tersebut.

1. Jeli Investasi Saham ala Warren Buffet 

Bagi orang yang bergelut di dunia saham, Warren Buffet bukanlah nama yang asing lagi. Warren Buffet ini merupakan dedengkot dan legenda di dunia saham. Salah satu orang terkaya di dunia ini begitu ditunggu prediksi yang diberikannya mengenai saham apa saja yang akan naik dan juga yang turun, begitu pun dengan waktu yang tepat untuk membeli ataupun menjual saham.

Informasi seputar jalan kesuksesan Warren Buffet dalam dunia saham ini bisa Smart People peroleh dengan membaca buku berjudul Jeli Investasi Saham ala Warren Buffet yang ditulis oleh Budi Rahardjo. Sepak terjang ala Warren Buffet di dunia saham bisa Smart People jadikan sebagai acuan atau petunjuk dalam memulai investasi di dunia saham tersebut. 

2. Security Analysis 

Security Analysis merupakan buku yang tepat untuk belajar saham pemula yang ditulis oleh Benjamin Graham dan David L. Dodd. Buku yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1934 ini kerap disebut sebagai kitab suci dalam investasi, terkhusus investasi dalam bentuk saham. Buku ini bahkan direkomendasikan langsung oleh Warren Buffet, loh

Buku Security Analysis mengulas tentang teori investasi, berikut dengan cara-cara terbaik yang tepat digunakan untuk membuat analisa prospek dalam dunia investasi maupun pasar saham. Begitu ‘daging’-nya isi dari buku ini bahkan bisa membantu mengantarkan Warren Buffet ke puncak kesuksesannya di dunia saham saat ini. Bagaimana, tertarik untuk membacanya? 

3. The Intelligent Investor 

Masih ditulis oleh Benjamin Graham, ada buku berjudul The Intelligent Investor yang juga direkomendasikan bagi Smart People yang ingin terjun ke dunia saham. Sama halnya dengan buku Security Analysis, buku The Intelligent Investor yang diluncurkan pada tahun 1949 silam ini, juga menjadi salah satu bacaan favorit dari Warren Buffet. 

The Intelligent Investor memuat informasi mengenai investasi, termasuk filosofi yang berkaitan dengan investasi nilai. Dengan memahami filosofi inilah nantinya Smart People bisa melindungi risiko kehilangan uang secara cuma-cuma saat melakukan investasi, khususnya investasi dalam bentuk saham. Buku ini juga mempertegas pentingnya analisis sebelum melakukan pembelian saham.  

4. Anak Muda Miliarder Saham 

Bukan tak mungkin bagi seorang anak muda menjadi miliarder saham, di mana strategi untuk mencapai hal tersebut bisa Smart People peroleh dari buku Anak Muda Miliarder Saham. Buku satu ini ditulis oleh Andika Sutoro Putra, di mana dalam buku memuat bagaimana baiknya langkah seorang pemula untuk menjadi seorang investor saham yang berhasil. 

Dalam buku Anak Muda Miliarder Saham juga menghadirkan rangkaian tips yang bisa diikuti oleh Smart People yang sudah lama berkecimpung di dunia saham, namun belum juga memperoleh hasil yang diharapkan. Bahasa yang digunakan dalam buku Anak Muda Miliarder Saham ini terbilang sederhana, sehingga layak untuk jadi bahan belajar saham pemula

5. Yuk Belajar Nabung Saham 

Yuk Belajar Nabung Saham merupakan buku seputar investasi saham yang ditulis oleh Ryan Filbert Wijaya. Dalam buku ini, Ryan Filbert Wijaya menuliskan langkah-langkah dasar yang bisa dilakukan oleh Smart People jika ingin memulai investasi di dunia saham. Penjelasannya terbilang mudah, sehingga Smart People tak akan kesulitan untuk memahaminya. 

Selain menjelaskan mengenai langkah dasar untuk berinvestasi dalam bentuk saham tersebut, di buku Yuk Belajar Nabung Saham juga dijelaskan bagaimana cara agar bisa memperoleh imbal dari saham yang diinvestasikan. Smart People pun juga bakal bisa belajar bagaimana cara untuk bisa bertahan di pasar saham lewat buku ini. 

6. Gaya Bokek Nabung Saham ala Mahasiswa 

Ingin bergabung ke dunia saham namun masih mahasiswa? Sama sekali gak masalah! Meskipun status Smart People masih mahasiswa, bergabung ke dunia saham sama sekali bukan hal yang mustahil. Tips untuk bisa menabung saham saat masih berstatus mahasiswa tersebut bisa Smart People peroleh dari buku berjudul Gaya Bokek Nabung Saham ala Mahasiswa. 

Pada buku yang ditulis oleh Dimas Raka Prayudha ini, termuat informasi mengenai cara yang tepat untuk para pemula yang tak punya modal, untuk bisa memulai investasi saham. Kondisinya sangat sesuai sekali dengan mahasiswa yang bahkan jajan saja masih minta pada orang tua. Selain itu, penulis buku juga berbagi kisahnya memperoleh tambahan uang dengan investasi saham.  

Memperkaya diri dengan sebanyak mungkin informasi seputar saham merupakan salah satu cara untuk bisa sukses di dunia saham. Informasi tersebut bisa Smart People dapatkan dari mana saja, termasuk dari buku seputar saham. Sebagai rekomendasi, Smart People bisa baca 6 buku di atas yang direkomendasikan untuk belajar saham pemula.

Temukan artikel lainnya untuk mendapatkan pemahaman lebih banyak mengenai cara investasi saham dan cara belajar saham di sini!

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal