<< Back

6 Daftar Saham Perusahaan Properti di Indonesia

Sampai hari ini, saham-saham yang berada di sektor properti masih menjadi incaran para investor. Tidak hanya dianggap memiliki potensi imbal hasil tinggi, saham properti juga dapat dijadikan sebagai investasi jangka panjang yang terus meningkat tiap tahun.

Apa Itu Saham Perusahaan Properti

Saham-saham pada sektor properti sejatinya merupakan salah satu dari 11 sektor saham yang diklasifikasikan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Sektor ini mencakup berbagai emiten atau perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan properti dan real estate.

Kebutuhan properti di Indonesia seperti perumahan, perkantoran dan toko, hingga apartemen tercatat terus meningkat. Tingginya kebutuhan tentu akan membuat permintaan semakin naik. Dengan demikian, berinvestasi pada sektor properti terbilang sangat menjanjikan.

Meskipun dalam beberapa tahun ke belakang pergerakan saham di sektor ini cukup lesu, namun di 2024 ini sektor properti diyakini masih mempunyai prospek yang cerah. Terlebih, suku bunga diperkirakan naik mencapai puncaknya sehingga ekonomi dinilai lebih berkembang dan berdampak positif terhadap perdagangan saham di sektor properti.

Daftar Saham Perusahaan Properti yang Beredar di Indonesia

Di BEI sendiri, terdapat setidaknya 90 saham sektor properti yang telah terdaftar. Hal ini tentu memberikan banyak pilihan buat Smart People untuk menentukan saham mana yang diinvestasikan. Berikut beberapa saham yang dapat menjadi pertimbangan.

1. Pakuwon Jati Tbk (PWON)

Perusahaan yang satu ini dikenal sebagai salah satu pengembang properti terbesar di Indonesia. Emiten ini bahkan telah mendirikan dan mengelola berbagai pusat belanja di sejumlah kota besar. Selain itu, perusahaan ini juga aktif dalam pengembangan residensial, perhotelan, hingga perkantoran.

Tidak mengherankan jika saham properti dari emiten ini patut menjadi incaran. Selain harganya yang terjangkau, stabilitas saham ini tidak perlu diragukan lagi. Smart People yang ingin menjalankan investasi jangka panjang sangat direkomendasikan untuk memilih saham PWON.

2. Lippo Karawaci Tbk (LPKR)

Perusahaan properti ini tentu juga sudah tidak asing buat Smart People. Terlebih, ada banyak mall, hotel, rumah sakit, bahkan sekolah dan apartemen yang sudah dikembangkan dan dikelolanya. Properti yang dimilikinya juga sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Di kuartal ketiga pada tahun 2023 lalu, emiten ini bahkan membukukan realisasi marketing sales sebesar lebih dari Rp3,3 triliun dengan laba yang meroket hingga 140%. Kinerja dan reputasinya yang positif ini tentu membuat para investor pemula harus mulai mengincar saham yang dimilikinya.

3. Summarecon Agung Tbk (SMRA)

Valuasi yang menarik dengan proyeksi kinerja yang solid dan positif membuat saham SMRA menawarkan peluang dan potensi bagi para investor. Di kuartal pertama tahun 2023 saja, laba bersih perusahaan ini sudah mencapai lebih dari Rp270 miliar atau melesat 55% secara tahunan.

Unit bisnisnya juga cukup beragam, mulai dari pengembangan, investasi dan manajemen properti, hingga rekreasi dan hospitality menjadikan Summarecon Agung sebagai salah satu perusahaan properti terkemuka di Indonesia. Itulah mengapa Smart People wajib mempertimbangkan sahamnya.

4. Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE)

Perusahaan ini merupakan salah satu pengembang properti yang terkenal di kawasan Tangerang Selatan. Meski demikian, perusahaan ini juga memiliki beragam pengembangan perumahan, perkantoran, hingga kawasan industri dan komersial di berbagai tempat.

Tidak mengherankan jika saham properti dari perusahaan ini begitu banyak diincar oleh para investor. Kinerjanya di tahun 2023 terbilang cukup positif dengan marketing sales senilai lebih dari Rp6,7 triliun pada kuartal III. Di tahun 2024 ini, kinerja emiten dinilai akan tumbuh semakin positif.

5. Ciputra Development Tbk (CTRA)

Emiten yang satu ini juga menjadi salah satu yang wajib dipertimbangkan. Pasalnya, saham dari perusahaan properti yang sudah berdiri sejak tahun 1981 ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang cukup tinggi dengan harga saham yang cenderung stabil.

Banyak analis masih memprediksi bahwa kinerja emiten ini terbilang positif di 2024 meskipun pendapatannya sedikit menurun pada kuartal III di 2023. Di tahun 2024 ini, segmen properti seperti rumah, perkantoran, hingga apartemen dari Ciputra diperkirakan akan semakin membaik.

6. Plaza Indonesia Realty Tbk (PLIN)

Saham PLIN sudah dikenal lama sebagai salah satu saham sektor properti yang memberikan banyak hasil bagi para investor. Perusahaan dengan bisnis utama berupa pengelolaan mall dan hotel ini bahkan sudah terdaftar di bursa sejak tahun 1992 silam.

Pada kuartal III tahun 2023, PLIN mencatatkan pendapatan sebesar lebih dari Rp940 miliar atau naik 21% dari periode yang sama di tahun sebelumnya. Kinerjanya yang terus meningkat ini tentu dapat menjadi pertimbangan yang positif bagi para investor saham.

Itulah deretan saham properti yang bisa Smart People pertimbangkan untuk berinvestasi. Pastikan kembali Smart People memilih saham yang tidak hanya terlihat menarik, namun pertimbangkan setiap sisi fundamentalnya agar hasilnya semakin optimal.

Untuk memastikan pemilihan saham yang tepat, Smart People wajib menggunakan aplikasi investasi saham yang terbaik. Pilih RHB Tradesmart ID yang sudah dilengkapi dengan fitur-fitur terbaik dan tidak mudah lag. Download RHB Tradesmart ID dari Play Store atau App Store sekarang juga!

Referensi:

Dewi, Rizki. (2023). 11 Saham Properti untuk Investasi. Tempo.co

Mahardhika, Jauhari. (2023). Daftar Saham Properti yang Harganya Murah, Sebentar Lagi Bullish. Investor.id

Natalia, Tasya. (2024). Masih Murah-Bisa Cuan Besar di 2024, Ini Saham Properti Paling Menarik. CNBC IndonesiaNugroho, Rizki Setyo. (2023). Daftar Saham Properti yang Melantai di BEI. IDXChannel.com

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal