<< Back

5 Tips Memulai Investasi di Usia 20 Tahun

memulai investasi

Bagi banyak orang, usia 20-an menjadi usia yang cukup ideal untuk memiliki suatu penghasilan, baik dari bekerja maupun berbisnis. Bahkan, tidak sedikit yang penghasilannya stabil dengan kondisi keuangan yang teratur sehingga mulai memikirkan cara investasi saham online maupun dengan instrumen lainnya.

READ MORE : Begini Cara Kenalkan Investasi Kepada Anak Sejak Dini

Memulai Investasi di Usia 20

Investasi bisa menjadi pilihan terbaik untuk mencapai berbagai tujuan yang finansial di masa yang akan datang. Meski demikian, investasi bisa dilakukan jika Smart People sudah memiliki dana simpanan darurat. Oleh karena itu, ada baiknya jika Smart People juga menerapkan beberapa tips berikut.

1. Buat rencana keuangan jangka panjang

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum berinvestasi adalah membuat perencanaan yang matang. Rencana yang dilakukan haruslah disesuaikan dengan kondisi keuangan sehingga Smart People dapat memilih dan memilah produk investasi seperti apa yang cocok. Disarankan, setidaknya buatlah rencana keuangan selama 1 tahun mendatang.

2. Pastikan pos pengeluaran untuk investasi

Selanjutnya, pastikan juga apakah Smart People sudah memiliki anggaran keuangan khusus untuk investasi atau tidak. Oleh karena itu, mulailah menyisihkan penghasilan untuk berinvestasi dengan besaran untuk pemula sekitar 10 sampai 20 persen dari pendapatan. Pastikan juga kebutuhan primer sudah tercukupi sebelum memutuskan mulai melakukan investasi.

3. Miliki sumber dana lain

Ada baiknya Smart People yang ingin mulai berinvestasi mempunyai pekerjaan lain atau sampingan sehingga tidak mengganggu pendapatan dari pekerjaan utama. Hal ini tentu berhubungan dengan poin sebelumnya di mana untuk berinvestasi, diperlukan biaya tersendiri yang sudah seharusnya di luar biaya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

 4. Lengkapi wawasan mengenai investasi

Sebelum mulai berinvestasi, ada baiknya jika Smart People juga membekali diri dengan berbagai pengetahuan dan wawasan mengenai investasi itu sendiri. Tidak hanya sekadar pengertian dan konsep investasi, namun juga berbagai produk seperti investasi saham online, mekanisme cara berinvestasi, hingga keuntungan dan risiko dalam berinvestasi.

5. Memilih produk investasi yang tepat dan sesuai

Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika akan menjalankan investasi jangka panjang, salah satunya pemilihan produk investasi yang tepat. Buat Smart People yang penghasilannya tidak menentu, ada baiknya memilih jenis investasi dengan komitmen yang mengikat seperti saham atau obligasi.

Pilihan Instrumen Investasi di Usia 20

Banyak orang, terutama generasi di usia 20-an yang menganggap bahwa investasi harus dilakukan dengan modal besar. Padahal, ada banyak jenis investasi yang bisa dipilih untuk para investor yang masih dalam tahap belajar investasi saham maupun investasi lain. Smart People dapat mencoba beberapa instrumen investasi seperti berikut.

1. Reksadana

Bisa dibilang, jenis investasi yang satu ini cocok untuk Smart People dengan modal yang relatif kecil. Bahkan, tidak sedikit produk reksadana yang dapat diinvetasikan dengan modal Rp100.000 saja. Sangat menarik untuk dicoba, bukan?

Melalui reksadana, dana dari para investor akan diinvestasikan oleh seorang manajer investasi dalam bentuk portofolio atau gabungan beberapa efek. Manajer inilah yang nantinya akan mengatur porsi penempatan dana tersebut pada pasar uang, saham, atau surat utang.

 2. Investasi emas

Meski dianggap konvensional, nyatanya emas menjadi salah satu instrumen investasi yang masih menjadi favorit. Akan tetapi, ada baiknya Smart People memilih investasi emas batangan dibandingkan perhiasan karena nilainya dianggap lebih stabil.

Untuk mulai berinvestasi emas, Smart People tidak harus langsung membeli dalam bentuk gramasi yang tinggi. Bahkan kini, terdapat tabungan emas dalam bentuk digital yang sudah diinisiasi oleh beberrapa instansi maupun marketplace dengan imbal hasil yang tidak kalah optimal.

3. Saham

Berinvestasi saham memang menjadi tren yang banyak dijalankan belakangan ini. Pasalnya, hasil yang bisa didapatkan cenderung lebih besar dibandingkan jenis investasi lain. Meski begitu, investasi ini termasuk berisiko tinggi mengingat harganya yang fluktuatif dan dapat bergerak dengan cepat.

Bagi Smart People yang ingin melakukan investasi di bidang saham, sudah pasti harus banyak belajar saham pemula dan melakukan riset mendalam. Pilihlah saham dengan fundamental yang bagus supaya hasilnya lebih optimal.

Fitur Smart Rate di Aplikasi RHB

Jika Smart People lebih memilih berinvestasi di bidang saham secara online, pastikan sudah mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu, salah satunya pemilihan aplikasi yang tepat. Aplikasi saham online akan senantiasa memberikan berbagai fitur menarik namun tetap berfokus pada penyajian data untuk hasil investasi yang lebih baik.

Aplikasi RHB Tradesmart dengan fitur Smart Rate sudah pasti harus menjadi salah satu opsi yang harus dipertimbangkan. Seperti yang diketahui, RHB Sekuritas memberikan fasilitas kepada investor dengan akun margin yang aktif untuk melakukan transaksi saham sebesar 1.65x dari total dana yang ada di portofolio investor. Ini artinya RHB memfasilitasi investor pinjaman dana sebesar 1.65x dari aset portofolio agar investor dapat berinvestasi lebih besar di aplikasi RHB. 

Nah, menariknya, dengan adanya fitur Smart Rate, bunga dari pinjaman margin tadi hanya 9% saja per-tahun! Itu artinya, bunganya hanya 0,75% jika dibagi per-bulan! Jika dibagi per-hari, bunganya itu hanya di kisaran 0,025 persen saja lho! Promo Smart Rate ini berlaku dalam 3 bulan pertama sejak akun margin diaktifkan.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh fitur ini yakni berkaitan dengan rekening saham yang harus dimiliki. Smart People tidak perlu memiliki banyak rekening untuk menjalankan transaksi tersebut, bahkan cukup satu rekening saja sehingga tidak ribet dan menyusahkan.

Nah, jika ingin menggunakan fitur investasi saham online ini, Smart People wajib memiliki aplikasi RHB Tradesmart. Segera download aplikasinya di Play Store atau App Store!

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

Raih #MomenSmart bersama RHB Sekuritas

Trading saham lebih smart dengan mudah dan cepat bersama fitur ARO

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal