<< Back

Begini Cara Kenalkan Investasi Kepada Anak Sejak Dini

investasi

Investasi menjadi topik yang banyak diperbincangkan akhir-akhir ini. Apalagi, di kalangan generasi milenial yang dianggap sudah semakin melek dengan investasi, dan malah menganggap investasi sebagai tabungan masa depan. Bahkan semakin banyak pula orangtua yang mengajarkan pentingnya investasi saham online kepada anak-anaknya.

Mengenalkan anak dengan investasi memang bukan perkara yang mudah, namun juga tidak sulit. Terlebih, investasi sangat penting dilakukan sedini mungkin sehingga Smart People sebagai orangtua juga dapat mempersiapkan kebutuhan, baik yang terencana maupun yang tidak di masa depan.

Bagaimana Mengenalkan Investasi Kepada Anak?

Sejatinya, tidak ada istilah terlalu cepat bagi anak dapat memahami keuangan. Dengan memulai pelajaran investasi sejak usia 3 tahun sekalipun, anak-anak dapat tumbuh menjadi generasi yang siap dan cerdas secara finansial.

Meski demikian, waktu yang cocok untuk mengenalkan investasi kepada anak dapat dilakukan setelah anak memahami dan menguasai ilmu berhitung yang cukup besar. Hanya saja, tidak sedikit orangtua kesulitan membicarakan investasi kepada anak-anak karena kendala bahasa maupun pemahaman.

Semakin dini, tentu saja diperlukan penyampaian istilah kebahasaan yang lebih sederhana. Selain itu, dapat pula dengan menjalankan beberapa contoh ajaran berikut untuk mengajarkan anak berinvestasi sejak dini.

1. Kenalkan anak dengan menabung

Sewaktu anak sudah mulai mengenal membaca dan menulis#, Smart People sudah bisa mulai mengenalkan uang kepada mereka. Ada baiknya Smart People juga mulai mengenalkan celengan sebagai media untuk menabung, alih-alih langsung mengenalkan mereka untuk belajar investasi saham.

Selain itu, uang jajan di sekolah juga bisa menjadi salah satu cara yang menarik untuk mengenalkan anak perihal tabungan, kebutuhan, dan keinginan. Smart People dapat memulainya dari nilai mana yang harus dibayarkan dan kembaliannya.

Berikan juga pengertian bahwa sisa uang jajan tersebut dapat ditabung untuk keperluan yang lain. Dari sini, anak akan mulai mengerti bagaimana cara membuat uangnya bertambah banyak sehingga cukup untuk membiayai kebutuhan apa saja yang diinginkan.

Jika anak sudah cukup usia dan dirasa mandiri mengelola uang jajan yang lebih besar, Smart People dapat mengenalkan tabungan bank dan ATM. Tentu saja dengan sejumlah pertimbangan dan fasilitas yang disediakan. Untuk itu, berikan pemahaman mengenai pengelolaan arus uang masuk dan keluar supaya anak tidak tergoda untuk bersikap konsumtif.

2. Mengenalkan instrumen investasi

Menjalankan aktivitas investasi saham online memang belum tentu bisa dilakukan oleh anak-anak di bawah umur, namun orangtua dapat menjelaskan perihal investasi dengan bahasa yang lebih sederhana, meskipun masih berkaitan dengan kegiatan menabung.

Ya, pada dasarnya, menabung dan investasi merupakan dua hal yang berbeda, di mana menabung dilakukan untuk dengan menyisihkan uang yang dimiliki saat ini untuk bisa digunakan kembali di kemudian hari. Sementara, investasi merupakan aktivitas menanam uang supaya nilainya bertambah di masa depan.

Apabila Smart People ingin menjelaskan perihal saham, ada baiknya dimulai dengan bahasa yang lebih sederhana. Salah satunya dengan mengenalkan risiko investasi yang tinggi dan sulit diprediksi, namun seiring dengan berjalannya waktu, pasar saham terbilang kuat karena nilainya akan naik.

Adapun pengenalan yang dilakukan bisa melalui beberapa cara dan media, misalnya menggunakan gambar-gambar, permainan, bahkan aplikasi untuk belajar saham. Jika anak sudah merasa tertarik, maka Smart People akan lebih mudah mengajarkan mekanisme saham online.

3. Ajarkan anak memberi

Selain mengenalkan anak untuk menabung dan berinvestasi, jangan lupa juga untuk mengajarkan betapa pentingnya memberi kepada orang yang membutuhkan. Dengan cara ini, anak-anak akan mengerti bagaimana bersyukur terhadap uang yang mereka punya dan tidak menghambur-hamburkannya.

Selain itu, ajaran memberi kepada yang membutuhkan ini juga akan mengajarkan anak bahwa arus investasi akan naik turun bahkan ada potensi kerugian yang akan dialami. Tentu saja hal ini akan membuat mereka lebih mudah mengelola emosi menjadi lebih stabil, terutama jika mengalami kegagalan.

Investasi dan belajar saham pemula memang salah satu cara untuk mendapatkan berbagai imbal hasil. Akan tetapi, investasi juga menjadi salah satu cara melindungi aset kekayaan sehingga nilainya tidak tergerus arus inflasi.

Ajarkan Investasi dengan Smart Rate RHB

Mengajarkan anak untuk berinvestasi memang suatu hal yang menantang, namun tidak ada salahnya jika Smart People mencoba suatu aplikasi yang memang dikhususkan untuk para pemula seperti RHB Tradesmart. Aplikasi saham online ini memang sudah dikenal lama sebagai aplikasi yang mudah diakses, tidak gampang lag, dan memberi hasil yang optimal sehingga cocok untuk pemula.

Ada berbagai fitur yang bisa dikenalkan, salah satunya fitur Smart Rate. Fitur ini memungkinkan para investor untuk membayar rate bunga margin dengan sangat rendah. Seperti yang diketahui, RHB Sekuritas memungkinkan investor untuk melakukan transaksi saham sebesar 1.65x dari total dana yang ada di portofolio investor. Dengan kata lain, Smart People akan dipinjamkan dana sebesar 1.65x dari aset portofolio untuk melakukan investasi di aplikasi RHB. Nah, menariknya, dengan adanya Smart Rate, bunga dari pinjaman tadi hanya 9% saja per-tahun! Jika dibagi per-hari, bunganya itu hanya di kisaran 0,025 persen saja lho! Promo Smart Rate ini berlaku dalam 3 bulan pertama sejak akun margin diaktifkan.Dengan adanya fitur Smart Rate dari RHB Tradesmart ini, biaya bunga yang kecil ini tidak menjadi beban investor untuk berinvestasi lebih giat lagi. Jika Smart People ingin membuat anak menjadi melek investasi saham online, segera download aplikasi RHB di Play Store atau App Store!

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

Raih #MomenSmart bersama RHB Sekuritas

Trading saham lebih smart dengan mudah dan cepat bersama fitur ARO

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal