<< Back

4 Tips Identifikasi Saham yang Memiliki Potensi Pertumbuhan Tinggi

Identifikasi Saham

Salah satu saham yang menjadi incaran investor adalah saham potensial untuk terus berkembang. Meskipun saat ini perusahaannya mungkin masih seumur jagung, namun saham yang dimilikinya memiliki potensi pertumbuhan yang tinggi, melampaui saham perusahaan lain sejenisnya yang memulai di waktu yang sama. Simak berikut ini tips untuk melakukan identifikasi saham tersebut. 

Faktor yang Memengaruhi Pertumbuhan Saham 

  1. Faktor Fundamental 

Faktor fundamental bisa dibilang sebagai faktor yang sifatnya begitu krusial dalam memengaruhi laju pertumbuhan saham. Faktor ini mengendalikan harga saham perusahaan berdasarkan pendapatan dan imbal hasil perusahaan dari aktivitas produksi dan penjualan produk ataupun jasa yang dihadirkannya. 

Biasanya, laju pendapatan perusahaan yang kuat atau tinggi akan memicu kenaikan harga saham, begitu juga sebaliknya. Kenaikan harga saham ini merefleksikan ekspektasi dari para investor akan potensi perusahaan untuk meraup untuk di masa mendatang. Alhasil, permintaan atau demand dari investor lain akan mengalami peningkatan, yang berujung pada meningkatnya harga saham.

  1. Faktor Teknikal 

Pertumbuhan saham sedikit banyaknya juga dipengaruhi oleh faktor teknikal. Faktor teknikal merupakan gabungan dari beberapa faktor eksternal, yang kemudian memengaruhi tingkat suplai dan permintaan saham sebuah perusahaan. Beberapa contoh faktor teknikal ini seperti inflasi, tren, pertumbuhan ekonomi, likuiditas, hingga berita lokal maupun global terkait industri perusahaan. 

  1. Sentimen Pasar 

Selain faktor fundamental dan teknikal, pertumbuhan saham juga bisa dipengaruhi oleh sentimen pasar tersebut. Sentimen pasar merujuk pada psikologi dari pelaku pasar tersebut, yang sifatnya cenderung subjektif dan bias. Kemunculan sentimen pasar inilah yang kemudian bisa memengaruhi suplai dan permintaan akan saham, sehingga memicu naik atau turunnya harga saham. 

Tips Mengidentifikasi Saham dengan Potensi Pertumbuhan yang Tinggi  

  1. Pilih Saham dari Perusahaan yang Bagus Kepemimpinan dan Manajemennya 

Dalam melakukan identifikasi saham yang potensial untuk terus bertumbuh, maka pilihlah saham dari perusahaan yang bagus kinerja kepemimpinan dan manajemennya. Kinerja unsur eksekutif dan manajemen yang bagus dan tentunya memiliki kapabilitas yang mumpuni, akan bisa mewujudkan peningkatan penjualan dan imbal hasil perusahaan yang dikelolanya secara berkelanjutan. 

Pastikan juga kalau perusahaan dikelola oleh jajaran pemimpin yang inovatif, karena kualifikasi tersebut begitu dibutuhkan oleh perusahaan yang sedang berkembang. Tanpa adanya inovasi-inovasi yang dihadirkan oleh perusahaan, akan sulit bagi perusahaan untuk berkembang, yang tentu saja bakal membuat saham perusahaan sulit untuk bertumbuh. 

  1. Pilih Saham dari Perusahaan dari Industri yang Menjanjikan 

Jika ingin mendapatkan saham yang potensial untuk terus bertumbuh, maka baiknya Smart People pilih saham dari perusahaan yang bergerak di industri yang sifatnya promising alias menjanjikan. Industri yang menjanjikan ini biasanya diekspektasikan bertumbuh dengan begitu pesat, bahkan melebihi pertumbuhan ekonomi itu sendiri. 

Misalnya saja, sekarang ini banyak bermunculan perusahaan yang bergerak di sektor energi terbarukan atau renewable energy. Prospek yang cukup cerah dari sektor ini di antaranya terlihat dari rencana pemerintah untuk menerapkan energi terbarukan ini untuk beberapa tahun ke depan, guna mencapai target emisi nol bersih. Inilah yang kemudian membuat saham sektor ini mulai banyak dilirik. 

  1. Pilih Saham dari Perusahaan yang Kompetitif 

Saham dengan potensi pertumbuhan yang tinggi juga pada umumnya dimiliki oleh perusahaan yang kompetitif, dibuktikan dengan market share yang tinggi. Market share merupakan persentase total penjualan di sebuah industri yang berhasil dibukukan oleh sebuah perusahaan. Tinggi atau rendahnya market share menjadi tolak ukur dalam mengukur keberhasilan sebuah perusahaan. 

Semakin tinggi market share menandakan bahwa semakin luas jangkauan dari bisnis yang dijalankan oleh perusahaan tersebut. Hal itu juga berarti bahwa perusahaan tersebut berhasil mengungguli kompetitornya yang lain di industri yang sama. Sikap kompetitif perusahaan akan bisa terus meningkatkan market share-nya, sehingga berdampak bagus pada pertumbuhan sahamnya.  

  1. Pilih Perusahaan dengan Target Pasar yang Luas 

Salah satu ciri dari perusahaan dengan saham yang potensial untuk terus bertumbuh adalah memiliki target pasar yang luas. Jika pelaku usaha ingin perusahaannya bisa terus berkembang, tentu saja target pasarnya haruslah luas, sehingga semakin banyak pula konsumen yang bisa membeli produk atau jasa yang ditawarkannya. 

Semakin besar target konsumen potensial yang dibidik, maka akan semakin besar pula peluang untuk terjadinya peningkatan penjualan dan pendapatan. Maka dari itu, pastikan Smart People memilih saham yang berasal dari perusahaan yang jelas target pasarnya, serta tentunya memiliki target pasar yang luas dengan konsumen yang potensial untuk membeli produk dari perusahaan tersebut. 

Makin Mudah Identifikasi Saham dengan RHB Tradesmart ID 

Identifikasi saham memang dibutuhkan untuk bisa memilih saham yang potensial. Selain dengan mengikuti deretan tips yang disebutkan di atas, Smart People juga bisa coba analisis saham yang potensial pertumbuhannya dengan menggunakan fitur Smart Analyzer dari RHB Tradesmart ID, aplikasi investasi dan trading saham online

Melalui Smart Analyzer dari RHB Tradesmart ID, Smart People bisa peroleh rekomendasi saham imbal hasil, sehingga portofolio saham yang dimiliki bisa mewujudkan tujuan investasi. Selain Smart Analyzer untuk analisis saham, ada juga fitur lain yang tidak kalah bagus manfaatnya dari RHB Tradesmart ID, yakni Smart Rate, Smart Fee, dan Smart Points. 

Rasakan pengalaman investasi saham yang beda dari biasanya dengan RHB Tradesmart ID. Unduh aplikasinya sekarang juga dan rasakan pengalaman investasi saham yang mudah dan ekonomis.  

Sumber: 

Fuscaldo, Donna. 2024, Mei 06. 5 Characteristics of Good Growth Stocks. Investopedia. Diakses pada tanggal 17 Mei 2024 melalui https://www.investopedia.com/articles/investing/010616/5-characteristics-good-growth-stocks.asp

Hayes, Adam. 2023, Desember 11. Growth Stock: What It Is, Examples, vs. Value Stock. Investopedia. Diakses pada tanggal 17 Mei 2024 melalui https://www.investopedia.com/terms/g/growthstock.asp

Harper, David R. 2024, Februari 16. Forces That Move Stock Prices. Investopedia. Diakses pada tanggal 17 Mei 2024 melalui https://www.investopedia.com/articles/basics/04/100804.asp

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal