<< Back

4 Kelebihan Investasi Menggunakan Waran Terstruktur

Pada Agustus 2022 ini, Bursa Efek Indonesia (BEI) resmi meluncurkan waran terstruktur. Produk baru yang diterbitkan di pasar bursa ini dapat menjadi alternatif investasi. Instrumen ini disebut memiliki sejumlah kelebihan.

Peluncuran waran yang disambut baik oleh para investor ini diharapkan dapat memperdalam pasar atau market deepeningWaran terstruktur sendiri adalah semacam efek yang diterbitkan oleh lembaga keuangan dengan kriteria dan ketentuan tertentu.

Lantas, apa saja kelebihan berinvestasi dengan menggunakan instrumen waran ini? Berikut ulasan lebih lengkapnya.

READ MORE : Rumus Gsheet yang Baik untuk Pantau Portofolio Saham Kamu

Likuiditas tinggi

Salah satu kelebihan dari produk waran ini adalah likuiditas yang biasanya tinggi. Waran terstruktur memiliki likuiditas tinggi karena perusahaan penerbit wajib menjadi penyedia likuiditas atau liquidity provider.

Penerbit waran juga dapat menunjuk anggota bursa lain sebagai liquidity provider sehingga waran ini memiliki likuiditas yang tinggi. waran terstruktur sendiri diterbitkan oleh lembaga keuangan yang dapat memberikan hak kepada pembeli, baik untuk menjual maupun membeli underlying saham.

Jadi dalam dunia trading saham, Smart People perlu memahami produk-produk yang diperjualbelikan di pasar saham termasuk waran terstruktur. Produk ini diterbitkan oleh anggota bursa tetapi dengan kriteria tertentu.

Bagi anggota bursa, hal ini tentu menjadi kelebihan karena dapat menawarkan produk yang lebih beragam kepada para investor. Penerbitan waran ini bisa membuat perusahaan tersebut lebih aktif dalam pasar bursa dan juga memperluas bisnis.

Leverage

Pada dasarnya investor yang menggunakan waran terstruktur bisa dikatakan menggunakan produk leverage. Artinya, Smart People dapat membeli saham dengan harapan harga saham itu naik tetapi dengan harga beli yang sangat minimum.

Investor bisa dikatakan membeli premi yang lebih rendah dari harga saham aslinya. Premi bisa 3% hingga 10% untuk suatu saham. Contohnya harga saham aslinya adalah Rp 7.000 dan dibeli dengan waran 5%. Apabila harga saham tersebut ternyata turun, maka Smart People hanya kehilangan sejumlah 5% tersebut saja bukan dari harga saham induknya.

Selain itu, minat investor terhadap waran terstruktur pun cukup tinggi di pasar regional. Sebagai informasi, perputaran waran di negara lain cukup tinggi. Contohnya di pasar bursa Malaysia, dengan total turnover perdagangan waran ini mencapai 6% dari keseluruhan perdagangan untuk 4-5 penerbit.

Sementara itu, di pasar bursa lainnya yakni di Thailand dengan karakteristik investor yang hampir sama seperti di Indonesia mencatat turnover lebih tinggi dengan 10% – 12% dari keseluruhan aktivitas perdagangan saham.

Lindung nilai investasi

Produk waran ini menawarkan sejumlah kelebihan yang dapat dinikmati oleh anggota bursa maupun investor. Bagi Investor, produk ini memiliki kelebihan karena dapat melindungi modal awal yang didepositkan.

Sebagai contoh, Smart People membeli saham dan ternyata harga sahamnya turun. Smart People hanya kehilangan uang sebesar premi yang dibayarkan ketika membeli saham yang nilainya tentu berbeda dengan harga saham aslinya. Jika harga aslinya lebih rendah, maka kerugiannya hanya sebatas yang diinvestasikan di awal bukan berdasarkan harga saham terkini.

Setiap investasi saham online memang memiliki risiko yang perlu diperhitungkan dengan benar. Smart People membutuhkan manajemen dan analisis yang teliti setiap kali akan bertransaksi.

Jadi walaupun produk waran ini memiliki potensi yang cukup besar, Smart People perlu mempelajarinya dengan lebih mendalam karena waran terstruktur ini termasuk produk baru. Edukasi dan sosialisasi terkait waran terstruktur sangat diharapkan, terutama bagi para investor.

Potensi hasil tidak terbatas

Kelebihan lainnya adalah potensi hasil yang akan diperoleh investor tidak terbatas. Hasil yang akan terotomatisasi saat jatuh tempo ini tergantung dari pergerakan harga underlying saham. Investor harus tetap cerdas dalam memilih investasi walaupun potensi hasil dari produk ini cukup besar.

Investor yang ingin berinvestasi menggunakan waran terstruktur ini hanya memerlukan modal awal yang relatif lebih kecil dibanding saham biasa. Hasil yang bisa diperoleh investor tidak terbatas yang akan diterima saat jatuh tempo secara otomatis.

Sedangkan risiko maksimum dari investasi ini hanya sebatas waran terstruktur. Hal ini tentunya menjadi satu kelebihan dari waran terstruktur dibanding investasi saham biasa.

Namun tetap diingatkan untuk para investor bahwa produk ini memiliki peluang hasil dan risiko yang tinggi. Walaupun mendapatkan respons yang bagus dan cukup menarik perhatian banyak investor, instrumen ini belum tentu sesuai dengan profil risiko Smart People.

Jadi disarankan untuk Smart People memahami produk ini terlebih dahulu sebelum bertransaksi. Sesuaikan juga dengan profil risiko masing-masing sebelum berinvestasi pada produk ini.

Manfaat Fitur Smart Fee dari RHB

Setelah mengetahui manfaat investasi waran, Smart People perlu tahu manfaat investasi menggunakan fitur Smart Fee dari RHB. Smart Fee ditawarkan untuk semua trader dengan memberikan biaya trading yang lebih murah.

Fee paling murah dari RHB hingga 0,18% untuk sell dan 0,08% untuk buy yang dapat dinikmati oleh semua orang. Smart People yang bertransaksi melalui aplikasi RHB, dapat mengakses fitur ini agar cost of trading lebih ekonomis.

Selain dapat diakses oleh semua trader, Smart Fee juga mudah untuk digunakan karena secara otomatis akan aktif setelah akun, RDN, dan setoran Smart People sudah aktif. Tidak perlu khawatir fitur error atau bermasalah karena aplikasi RHB lancar dan stabil untuk transaksi.

Itulah beberapa kelebihan waran terstruktur yang ditawarkan untuk para investor yang meramaikan pasar bursa Indonesia. Perputaran waran di beberapa negara yang cukup tinggi membuat BEI optimis akan waran terstruktur juga bagus di Indonesia dengan harapan perputaran mencapai 1% hingga 2023. Perkembangan pasar bursa ini memang mau tidak mau harus dipelajari oleh setiap investor.

Tertarik untuk belajar investasi saham? RHB Sekuritas menghadirkan aplikasi RHB TradeSmart yang dilengkapi dengan fitur-fitur cerdas untuk transaksi saham yang lebih mudah, bahkan untuk pemula. Download aplikasi RHB Tradesmart di Play Store dan App Store untuk menikmati fitur lengkapnya.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

Raih #MomenSmart bersama RHB Sekuritas

Trading saham lebih smart dengan mudah dan cepat bersama fitur ARO

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal