FAQ DANA NASABAH


Penarikan dana (Fun withdrawal) dapat dilakukan pada berbagai aplikasi (Desktop App, Web App dan Mobile App) di RHB TradeSmart.

Pilih menu Account lalu pilih "Fun Withdrawal" masukkan nominal dana yang hendak di withdrawal.

Fund Withdrawal adalah fasilitas yang diberikan untuk user agar dapat melakukan penarikan dana secara rahasia dan pribadi.

Hanya klien yang aktif di online trading yang diperbolehkan untuk login dan mengirim permintaan penarikan dana tunai (fun withdrawal)

Apabila jumlah penarikan dana menyebabkan saldo minus, maka penarikan dana tidak dapat diproses. Pembayaran atas penarikan dana tersebut hanya dapat ditujukan ke rekening yang tertera pada opening account dan/atau surat instruksi perubahan pengiriman dana. 

Formulir permohonan penarikan dana dianggap sah tanpa memerlukan tanda tangan nasabah karena sudah menggunakan username, password dan pin yang hanya dimiliki /diketahui oleh nasabah.

Setelah penarikan dana tunai disampaikan, jumlah penarikan dana tunai (fund withdrawal) akan terkunci kecuali bila permintaan tersebut dibatalkan (Status Stopped)

Pemberhentian permintaan penarikan dana tunai (fund withdrawal) ditetapkan maksimal pada pukul 15:00 WIB diterima oleh sistem. Jika tidak ada error, status penarikan uang tunai akan diperbarui ke "Diterima." Nilai saldo saat ini dan rasio lancar pelanggan akan dihitung ulang setelah anda mengklik permintaan pembukaan penarikan dana (fund withdrawal) dimana status = diterima.

Ada empat tingkatan status untuk penarikan dana (fund withdrawal), semua tingkatan status di maintainable oleh anda kecuali "Received" dimana dalam pengiriman formulir, diperbarui oleh sistem.

Status Keterangan:

  1. Received Sistem akan menyegel perminataan penarikan (withdrawal) dengan status tersebut telah disampaikan.
  2. Processing Staf RHB bisa update status dari "Processing" untuk menunjukkan bahwa anda berada di tengah-tengah memproses permintaan penarikan/withdrawal
  3. Stopped Staf RHB akan mengirimkan email ke anda dan menjelaskan bahwa permintaan penarikan/withdrawal anda telah ditolak.
  4. Completed Processing telah selesai dan ditandatangani oleh departemen finance.

Penambahan dana dapat dilakukan pada rekening Anda sewaktu-waktu. Penambahan dana dapat disetorkan ke nomor Rekening Dana Investor yang anda miliki

Semua nasabah pemiliki rekening efek di RHB Sekuritas Indonesia harus membuka Rekening Dana Investor (RDI) di salah satu bank Indonesia sebagai berikut:

  1. Bank BCA
  2. Bank Permata
  3. Bank Panin

setelah anda sudah mendapatkan nomor RDI, Setoran awal atau penambahan dana dapat disetorkan ke rekening RDI tersebut.

Sehubungan dengan efisiensi proses harian di back-office system kita, maka mulai tanggal 1 November 2017, kita memberlakukan cut-off time untuk setoran dana dari nasabah di rekening RDN masing-masing nasabah di mana setoran dana di RDN yang good fund di RDB sampai dengan jam 16.00 akan diproses dalam back-office system pada hari kerja yang sama dan setoran yang good fund setelah jam 16.00 baru akan diproses pada hari kerja berikutnya.

Mohon diperhatikan dan dikomunikasikan ke nasabah terutama apabila nasabah melakukan setoran dana ke RDN untuk pembayaran transaksi yang jatuh tempoh pada T+3. Keterlambatan proses karena dana yang masuk setelah jam 16.00 akan menyebabkan nasabah terkena late charges.

Minimum penarikan dana yang dilakukan nasabah, yaitu Rp 50.000,-