<< Back

Yuk, Melek Finansial, Kenali 3 Jenis Pendapatan Ini!

jenis pendapatan

Salah satu mimpi dari banyak orang adalah mencapai kebebasan finansial atau financial freedom. Nah, salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan memaksimalkan sumber pendapatan yang bisa diterimanya. Memaksimalkan sumber pendapatan bukan berarti Smart People harus melakukan banyak pekerjaan sekaligus, namun dengan mengumpulkan jenis pendapatan yang berbeda-beda. 

Banyak orang yang tidak menyadari kalau pendapatan bukan sebatas gaji atau honor yang diterima setiap bulannya saja. Namun, pendapatan juga bisa diperoleh dari bunga tabungan, uang hasil penyewaan barang, dan masih banyak lagi. Nah, untuk bisa memaksimalkan pendapatan tersebut, yuk simak apa-apa saja jenis atau bentuk pendapatan yang bisa Smart People usahakan. 

Jenis Pendapatan

  1. Pendapatan Aktif 

Pendapatan aktif merupakan tipe pendapatan atau pendapatan utama yang paling banyak dimiliki oleh orang-orang. Adapun bentuk dari pendapatan aktif ini adalah seperti gaji, honor, upah, komisi, bonus atau tip, sekiranya orang tersebut bekerja untuk orang lain. Sedangkan jika menjalankan usaha, pendapatan aktif yang didapatkan bisa dalam bentuk laba dari usaha yang dijalankan. 

Sesuai dengan namanya, pendapatan aktif merupakan pendapatan yang diperoleh dengan cara aktif melakukan tugas terlebih dahulu, sesuai dengan pekerjaan atau kariernya. Adapun sifat dari pendapatan aktif ini biasanya stabil serta secara konsisten diperoleh oleh orang yang melakukan pekerjaan atau usaha tersebut. Pendapatan aktif bisa dibilang sebagai pendapatan utama bagi banyak orang.

Jika Smart People ingin meningkatkan pendapatan aktif, maka Smart People bisa mencari pekerjaan tambahan atau pekerjaan sampingan, menampilkan performa kerja yang baik sehingga mendapatkan bonus, ataupun melakukan ekspansi usaha sehingga potensi laba usaha yang bakal diterima di kemudian hari semakin bertambah banyak. 

  1. Pendapatan Portofolio

Jenis pendapatan selanjutnya adalah pendapatan portofolio atau portfolio income. Pendapatan portofolio mencakup uang atau pendapatan yang berasal dari imbal hasil investasi, dividen, bunga, serta capital gain atau imbal hasil yang diperoleh saat seseorang menjual aset investasinya. Intinya, uang yang dihasilkan dari investasi tergolong sebagai pendapatan portofolio. 

Pendapatan portofolio bisa dibilang sebagai salah satu tipe pendapatan yang menjadi favorit banyak orang saat ini. Bagaimana tidak, tanpa harus bekerja ataupun mengeluarkan tenaga untuk memperoleh pendapatan layaknya pendapatan aktif, pendapatan portofolio bisa terus didapatkan. Ibaratnya, modal yang diinvestasikan akan bekerja dengan sendirinya. 

Besar atau kecilnya jumlah pendapatan portofolio akan bergantung pada strategi investasi yang Smart People jalankan. Misalnya saja, jika Smart People memilih saham sebagai instrumen investasi alih-alih surat utang atau obligasi, maka potensi pendapatan portofolionya akan bisa lebih besar. Namun, Smart People pun harus siap dengan risikonya yang juga bakal lebih tinggi. 

Selain itu, Smart People juga bisa meningkatkan pendapatan portofolio di antaranya dengan cara memilih saham yang memberikan dividen lebih besar atau di atas dividen rata-rata saham lainnya. Dividen ini merupakan sejumlah dana yang diberikan oleh perusahaan secara berkala pada pemilih saham di perusahaan tersebut. Kemudian, simpan saham itu untuk jangka panjang. 

  1. Pendapatan Pasif

Jenis pendapatan yang terakhir adalah pendapatan pasif. Berbanding terbalik dengan pendapatan aktif, pendapatan pasif bisa Smart People dapatkan cukup dengan usaha minimum saja. Adapun contoh dari pendapatan pasif adalah uang rental barang, uang sewa rumah, royalti, hingga bahkan cashback yang Smart People terima saat belanja bisa disebut sebagai pendapatan pasif.

Pada kondisi tertentu, pendapatan atau pemasukan yang diperoleh dari usaha yang dijalankan dengan modal yang diberikan juga bisa disebut sebagai pendapatan pasif. Namun, khusus untuk hal ini harus dipastikan kalau pemodal sama sekali tidak terlibat dalam proses pengurusan usaha, jadi hanya sekadar investor saja. Posisi ini juga bisa disebut sebagai silent investor.   

Jika misalnya Smart People memiliki kamar di rumah yang tidak ada penghuninya, Smart People bisa manfaatkan kamar tersebut untuk dikontrakkan. Nantinya, uang kontrakan kamar tersebut akan menjadi pendapatan pasif bagi Smart People. Smart People tidak perlu mengeluarkan usaha yang besar, namun uang kontrakan akan terus mengalir setiap bulannya. 

Dapatkan Pendapatan Portofolio dengan Investasi Saham di RHB Tradesmart ID 

Salah satu sumber pendapatan portofolio adalah dari dividen ataupun capital gain saham yang dimiliki. Makanya, tidak salah kiranya jika Smart People memulai dari sekarang untuk mendapatkan pendapatan portofolio tersebut dengan cara investasi saham. Untuk memudahkan aktivitas investasi saham nantinya, Smart People bisa gunakan RHB Tradesmart ID. 

RHB Tradesmart ID merupakan aplikasi investasi dan trading saham yang mudah digunakan dan ekonomis. Mengapa RHB Tradesmart bisa dibilang ekonomis? Alasannya adalah karena aplikasi ini menawarkan fitur seperti Smart Rate dan Smart Fee yang memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi saham dengan biaya transaksi yang begitu terjangkau. 

Selain itu, RHB Tradesmart ID juga menghadirkan fitur Smart Analyzer dalam bentuk ARO (Assisted Robo Optimization) bagi para penggunanya. Fitur satu ini bakal memudahkan Smart People nantinya untuk menganalisis saham incaran, sekaligus pergerakan saham di pasar saham. Alhasil, pengambilan keputusan nantinya pun bakal lebih mudah dilakukan. 

RHB Tradesmart ID hadir untuk mendukung aktivitas investasi dan trading saham Smart People. Unduh aplikasi RHB Tradesmart ID, lalu rasakan mudah dan ekonomisnya aktivitas investasi saham dengan dukungan fitur-fitur unggulannya. 

Sumber: 

Chen, James. (2023, Februari 15). Passive Income: What It Is, 3 Main Categories, and Examples. Investopedia. Diakses pada tanggal 9 Juni 2023 melalui https://www.investopedia.com/terms/p/passiveincome.asp

Kagan, Julia. (2021, Desember 29). Active Income: Overview, Examples vs Passive Income. INvestopedia. Diakses pada tanggal 9 Juni 2023 melalui https://www.investopedia.com/terms/a/activeincome.asp

Chen, James. (2021, Februari 24). Portfolio Income: Definition, Examples, Ways To Increase. Investopedia. Diakses pada tanggal 9 Juni 2023 melalui https://www.investopedia.com/terms/p/portfolioincome.asp

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal