<< Back

Yuk, Belajar Saham Pemula, Kenali 6 Tipe Saham di Indonesia Ini!

belajar saham pemula

Sebagai pemula di dunia saham, salah satu hal yang penting untuk Smart People ketahui adalah tipe-tipe saham apa saja yang ada di bursa saham sana. Dengan mengetahui tipe saham ini, Smart People akan bisa terbantu nantinya dalam mengambil tindakan di pasar saham. Pada belajar saham pemula kali ini, Smart People bisa simak 6 tipe saham yang ada di bursa Indonesia berikut ini. 

  1. Blue-Chip 

Pertama, ada yang namanya saham blue-chip. Saham blue-chip merupakan saham milik perusahaan besar dengan reputasi yang bagus. Umumnya, perusahaan yang sahamnya dikategorikan sebagai saham blue-chip merupakan perusahaan yang sudah well-established, stabil finansialnya, serta sudah beroperasi dalam jangka waktu yang cukup lama. 

Pada bursa Indonesia sendiri, saham blue-chip yang bisa Smart People temukan seperti saham emiten BBNI, BBRI, BBCA, dan TLKM. Umumnya, saham blue-chip memiliki kapitalisasi pasar dengan nilai miliaran, serta sering membagi dividen pada para investornya. Saham blue-chip sendiri tergolong sebagai saham yang populer untuk dibeli di kalangan pada investor. 

  1. Third Liner 

Selanjutnya, ada saham third liner yang juga disebut sebagai saham small-cap. Saham third liner ini merujuk pada saham yang berasal dari perusahaan publik dengan total kapitalisasi pasar sekitar 300 juta dolar sampai 2 miliar dolar. Para investor saham third liner ini biasanya mencari sahamnya dari perusahaan yang masih tergolong baru dengan perkembangan yang terbilang cepat. 

Kepemilikan atas saham third liner ini memungkinkan para investor untuk memiliki lebih banyak ruang lagi untuk bisa meningkat ke depannya. Namun, jika dibandingkan dengan saham blue-chip dengan kapitalisasi pasarnya yang tinggi, saham third liner memiliki risiko yang lebih besar, begitupun dengan volatilitasnya. 

  1. Gorengan 

Tipe saham yang juga wajib untuk Smart People ketahui saat belajar saham pemula adalah saham gorengan. Saham gorengan merupakan saham yang kenaikan harganya di luar kebiasaan pergerakan saham pada umumnya, karena pergerakannya tersebut direkayasa oleh pelaku pasar guna kepentingan tertentu. 

Ada beberapa karakteristik dari saham gorengan ini yang bisa jadi pedoman Smart People dalam mengenalinya nanti di pasar saham. Pergerakan saham gorengan masuk ke dalam daftar unusual market activity (UMA), ketidakwajaran volume dan nilai transaksi harian, ketidakwajaran bid dan offer, serta gak bisa dianalisis merupakan beberapa karakter dari saham gorengan tersebut.   

  1. Defensive 

Saham defensive atau defensive stock merupakan saham yang menawarkan dividen yang konsisten dan penghasilan yang stabil, tanpa dipengaruhi oleh kondisi pasar saham. Baik kondisi ekonomi sedang baik atau sedang gonjang-ganjing, saham defensive ini diprediksi akan tetap bisa bertahan sehingga layak untuk dipertahankan. 

Pada saat kondisi ekonomi dunia diprediksi bakal menghadapi resesi di tahun depan, saham defensive merupakan salah satu saham yang tetap direkomendasikan untuk dibeli. Saham defensive ini sendiri umumnya berasal dari emiten atau perusahaan yang bergerak di sektor utilitas, consumer staples, dan kesehatan. 

  1. Dividend 

Selanjutnya ada dividend yang merujuk pada dividen saham. Nah, stock dividend ini merupakan pembayaran dividen pada para pemegang saham atau shareholder yang diberikan dalam bentuk saham alih-alih uang tunai. Dividen saham ini bisa dibilang sebagai bentuk apresiasi bagi para pemegang saham, tanpa harus mengurangi saldo kas perusahaan. 

Pendistribusian dividen saham dilakukan per banyak saham yang sebelumnya dimiliki. Jika sebuah perusahaan menetapkan dividen saham senilai 5 persen, maka perusahaan wajib menyediakan 0.05 lembar saham per lembar saham yang dimiliki oleh pemegang saham  yang ada. Jika pemegang saham memiliki 100 lembar saham, maka ia akan dapat 5 lembar saham tambahan. 

  1. Turnaround 

Saham turnaround merupakan saham milik perusahaan yang baru saja mengalami atau melalui performa yang buruk dan sekarang sedang berada di fase pemulihan kondisi finansialnya. Selain itu, saham turnaround juga bisa dimaknai sebagai saham dari sebuah negara atau wilayah yang baru saja melalui resesi ekonomi dan sekarang sedang berada di periode pemulihan finansialnya.

Kenapa RHB Tradesmart ID?

Setelah mengenali tipe-tipe saham di bursa Indonesia saat belajar saham pemula, saatnya Smart People untuk terjun langsung ke dunia saham. Saat ini, sudah tersedia aplikasi trading saham online yang bisa membantu Smart People, yakni RHB Tradesmart ID. Adanya aplikasi ini memungkinkan Smart People untuk trading dan investasi saham, kapan dan di mana saja. 

Smart People bisa pakai fitur Smart RHB Tradesmart ID dalam memilih emiten untuk mendukung aktivitas trading dan investasi saham. Aplikasi satu ini dilengkapi dengan fitur ARO (Assisted Robo Optimization) yang akan memberikan notifikasi real time terkait saham apa saja saja yang sedang trending di perdagangan bursa saham terkini. 

Selain itu, RHB Tradesmart ID juga dilengkapi dengan berbagai layanan unggulan, seperti ARO Signal, ARO Library, dan ARO Technical. Melalui 3 layanan yang dihadirkan oleh RHB Tradesmart ini, Smart People akan bisa tahu detail mengenai sebuah saham, hingga membantu pengambilan keputusan terkait informasi yang diberikan mengenai saham tersebut. 

Itulah tadi 6 tipe saham di bursa Indonesia yang penting untuk Smart People pelajari saat belajar saham pemula. Dengan mengetahui tipe-tipe saham ini, Smart People gak bakal kagok saat memulai trading atau investasi saham nantinya. Agar aktivitas trading dan investasi saham nanti makin mulus, Smart People bisa gunakan aplikasi RHB Tradesmart ID dengan fitur dan layanan unggulannya. 

Rasakan pengalaman trading dan investasi saham yang beda dari biasanya dengan menggunakan aplikasi RHB Tradesmart ID. Smart People bisa unduh aplikasinya, untuk dapat berbagai insight penting saat trading dan investasi saham.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

Raih #MomenSmart bersama RHB Sekuritas

Trading saham lebih smart dengan mudah dan cepat bersama fitur ARO

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal