<< Back

Waduh! Ternyata Ini Dampak Dari Dunning Kruger Effect!

Dunning kruger

Pernahkah Smart People mendengar yang namanya efek Dunning Kruger atau Dunning Kruger Effect? Kondisi ini ditandai dengan seseorang yang ‘overestimate’ akan kemampuan dirinya di bidang tertentu, termasuk salah satunya yang kerap terjadi adalah di bidang finansial, seperti investasi saham. 

Menjalankan investasi atau trading saham dengan bayang-bayang Dunning Kruger Effect ini tentu saja bisa memicu efek negatif. Maka dari itu, sebisa mungkin seorang investor atau trader saham harus bisa mencegah terjadinya efek satu ini. Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai Dunning Kruger Effect ini, Smart People bisa simak ulasan berikut.  

Apa Itu Efek Dunning Kruger

Efek Dunning Kruger merupakan salah satu tipe bias kognitif yang menyebabkan seseorang menganggap dirinya punya kemampuan lebih di bidang tertentu atau overestimate, padahal sebenarnya mereka hanya punya sedikit atau bahkan sama sekali tidak punya kemampuan di bidang tersebut. Penggambaran efek ini pertama kali dilakukan oleh psikolog David Dunning dan Justin Kruger.

Jika biasanya seseorang yang sudah ahli di suatu bidang menganggap dirinya masih belum mengerti banyak hal dan membuatnya masih harus terus belajar, hal yang sama tidak dirasakan oleh orang-orang dengan Efek Dunning Kruger. Bagi mereka yang mengalami Efek Dunning Kruger ini, dirinya adalah yang terbaik di antara orang lainnya di bidang tersebut. 

Meski belum diketahui apa penyebab pasti terjadinya Efek Dunning Kruger ini, namun ada beberapa kemungkinan alasan yang dikemukakan oleh para psikolog. Salah satu alasannya adalah karena seseorang sama sekali tidak bisa memahami, mana hal yang bisa dan tidak bisa dilakukannya, serta karena mereka sama sekali tidak punya pemahaman akan bidang tersebut.  

Dampak Efek Dunning Kruger Saat Investasi Saham 

Efek Dunning Kruger bisa memicu timbulnya efek negatif pada beragam aspek kehidupan, salah satunya terkait dengan aktivitas investasi saham. Saat seseorang dengan Efek Dunning Kruger melakukan investasi saham, maka tindakan dan keputusan yang diambilnya saat berinvestasi tentu akan dipengaruhi oleh anggapan bahwa dirinya merupakan ahli di bidang tersebut, padahal malah sebaliknya. 

Efek Dunning Kruger membuat para investor yang tidak berpengalaman menganggap bahwa dirinya sudah ahli di bidang tersebut. Hal ini kemudian memicu berbagai dampak yang berpotensi merugikan, seperti kesalahan dalam memilih saham untuk dikoleksi, menganalisa perusahaan yang sahamnya layak untuk dibeli, serta berbagai kerugian finansial lainnya. 

Keputusan investasi yang dipengaruhi oleh Efek Dunning Kruger bukanlah hal yang baru lagi di tengah para investor. Apalagi bagi para investor pemula yang di awal investasinya kebetulan mendulang imbal hasil yang memuaskan dari investasi sahamnya. Mereka cenderung menganggap diri mereka sudah pintar dan ahli, sehingga melakukan investasi tanpa perencanaan yang matang. 

Para investor yang terjebak dalam Efek Dunning Kruger juga tidak akan memahami atau keliru dalam mengukur seberapa besar risiko yang berpotensi mereka hadapi saat melakukan investasi saham. Makanya, tidak mengherankan jika para investor yang terpengaruh oleh efek satu ini, berpotensi untuk kehilangan banyak modalnya di pasar saham nantinya. 

Mencegah Efek Dunning Kruger Saat Investasi Saham  

  1. Evaluasi Kemampuan Diri Sendiri 

Agar tidak terjebak oleh Efek Dunning Kruger saat berinvestasi saham, yang kemudian malah merugikan diri sendiri, biasakanlah untuk mencari tahu dan mengevaluasi kemampuan diri sendiri. Cari tahu seberapa sebenarnya besar kemampuan diri sendiri di bidang investasi saham tersebut, sehingga nanti malah tidak termakan dengan keputusan yang asal-asalan saat berinvestasi. 

  1. Sadari Bahwa Tidak Mungkin Seseorang Mengetahui Segala Hal 

Mencegah Efek Dunning Kruger juga bisa dilakukan dengan menyadari bahwa tidak mungkin seseorang mengetahui dan menjadi ahli di segala bidang. Jadi, saat pertama kali terjun ke bidang investasi saham, tanamkanlah pemikiran tersebut pada diri sendiri. Sebagai pemula, sudah seharusnya informasi digali sebanyak mungkin, alih-alih bergantung pada sedikit informasi yang dimiliki. 

  1. Buka Diri atas Kritik dari Orang Lain 

Salah satu ciri orang yang mengalami Efek Dunning Kruger ini adalah menganggap bahwa dirinya adalah yang paling ahli, sehingga kritik dari orang lain sama sekali tidak diterimanya. Makanya, untuk bisa terhindar dari kondisi tersebut, biasakan untuk membuka ruang dalam diri untuk menerima kritikan, baik itu positif maupun negatif. Hal ini dilakukan agar kemampuan bisa berkembang. 

  1. Minta Saran dan Pendapat dari Para Ahli di Bidangnya 

Smart People bisa mencegah terjadinya Efek Dunning Kruger ini dengan cara meminta saran dan pendapat dari orang yang benar-benar ahli atau expert di bidang tersebut. Dengan begini, maka Smart People yang mungkin masih pemula di bidang saham, akan bisa terbantu dalam mengambil dan memutuskan tindakan apa yang akan dilakukan saat berinvestasi saham nantinya. 

RHB Tradesmart ID, Aplikasi Investasi Dukung Analisis Saham 

Selain pendapat dari para ahli, Smart People juga bisa hindari Efek Dunning Kruger dengan menggunakan fitur untuk menganalisa saham yang dihadirkan oleh aplikasi investasi saham seperti RHB Tradesmart ID. RHB Tradesmart ID menghadirkan fitur Smart Analyzer, guna mempermudah proses analisis saham incaran di pasar saham. 

Selain fitur Smart Analyzer ini, masih ada ragam fitur unggulan lainnya yang dihadirkan oleh RHB Tradesmart ID. Jika ingin biaya transaksi saham lebih murah, ada yang namanya fitur Smart Fee dari RHB Tradesmart ID. Sedangkan untuk mendapatkan margin yang lebih rendah, RHB Tradesmart ID menghadirkan fitur Smart Rate. Dengan begini, imbal hasil pun bisa dioptimalkan. 

Memulai investasi saham belum lengkap tanpa menggunakan aplikasi RHB Tradesmart ID. Yuk download sekarang juga lalu manfaatkan ragam fitur unggulannya. 

Sumber: 

Hayes, Adam. (2023, Maret 28). Dunning-Kruger Effect: Meaning and Examples in Finance. Investopedia. Diakses pada tanggal 22 Agustus 2023 melalui https://www.investopedia.com/dunning-kruger-effect-7368715#:~:text=Dunning%2DKruger%20Effect%20in%20Business%20and%20Finance&text=Inexperienced%20investors%20may%20overestimate%20their,choices%20and%20potential%20financial%20losses.

Vandergriendt, Carly. (2022, Maret 11). The Dunning-Kruger Effect Explained. Healthline. Diakses pada tanggal 22 Agustus 2023 melalui https://www.healthline.com/health/dunning-kruger-effect#definition

Cherry, Kendra. (2022, November 08). What Is the Dunning-Kruger Effect? Verywell Mind. Diakses pada tanggal 22 Agustus 2023 melalui https://www.verywellmind.com/an-overview-of-the-dunning-kruger-effect-4160740

Mind Help Team. Coping With The Dunning-Kruger Effect. Mind Help. Diakses pada tanggal 22 Agustus 2023 melalui https://mind.help/topic/dunning-kruger-effect/cope-and-avoid/#how-to-avoid-the-dunningkruger-effect

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal