<< Back

Upgrade Tiap Tahun? Bisa! Ini 5 Cara Meningkatkan Penghasilan Setiap Tahunnya!

Cara meningkatkan penghasilan

Hampir bisa dipastikan kalau setiap orang ditanya apakah dirinya ingin penghasilannya bisa meningkat setiap tahunnya, jawabannya adalah iya. Bertambahnya penghasilan tentu bisa mencukupi dana untuk kebutuhan yang sebelumnya mungkin terasa kurang, serta bisa juga digunakan untuk membeli hal-hal yang diinginkan. 

Untuk bisa meningkatkan penghasilan setiap tahunnya, tentu saja harus ada strategi atau cara khusus yang Smart People lakukan. Jika hanya mengharapkan kenaikan gaji dari pekerjaan utama saja, tentu akan sulit mewujudkan kenaikan penghasilan setiap tahun. Agar bisa merealisasikannya, Smart People bisa sontek cara meningkatkan penghasilan berikut ini.   

  1. Cari Pekerjaan Sampingan 

Tidak bisa dipungkiri kalau salah satu cara yang terbilang cukup ampuh dan banyak dilakukan orang-orang untuk meningkatkan penghasilannya adalah dengan mencari pekerjaan sampingan. Jika Smart People punya kemampuan atau keterampilan lain di samping kemampuan dalam mengerjakan pekerjaan utama, tidak salah jika Smart People menekuni hal tersebut untuk mendapatkan pemasukan. 

Dalam mencari pekerjaan sampingan, pastikan pekerjaan sampingan tersebut tidak mengurangi fokus Smart People dalam mengerjakan pekerjaan utama. Smart People mungkin bisa mencari pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan di waktu luang atau pekerjaan yang bisa dikerjakan dari mana saja, sehingga tidak membuat Smart People harus berada di tempat lain pada saat jam kerja utama. 

  1. Ajukan Permintaan Kenaikan Gaji pada Atasan 

Cara meningkatkan penghasilan setiap tahunnya juga bisa dilakukan dengan mengajukan permintaan kenaikan gaji pada atasan. Bagi sebagian orang, hal ini mungkin terdengar sebagai suatu hal yang mustahil, namun pada dasarnya meminta kenaikan gaji bukanlah suatu hal yang tidak mungkin dilakukan dan sah-sah saja sebenarnya untuk dilakukan. 

Namun perlu diingat kalau dalam meminta kenaikan gaji, pastikan bahwa Smart People sudah benar-benar merasa kinerja yang dilakukan selama ini layak mendapatkan apresiasi dalam bentuk kenaikan gaji. Jika kontribusi yang diberikan selama ini pada tempat kerja sudah memberikan efek positif yang cukup besar, jangan ragu untuk mengajukan kenaikan gaji tersebut. 

  1. Bangun Usaha Sendiri 

Tidak sedikit para karyawan atau pekerja yang membangun bisnis atau usahanya sendiri dengan tujuan untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Jadi, jika Smart People ingin bisa meningkatkan penghasilan setiap tahunnya, menjalankan bisnis sendiri di samping bekerja penuh di tempat kerja bisa menjadi pilihan. 

Pada awal menjalankan usaha, Smart People bisa mengajak teman atau keluarga untuk bekerja sama dalam mengembangkan usaha tersebut. Usaha yang dilakukan pun tidak hanya dalam bentuk offline saja, namun bisa juga dalam bentuk online mengingat ada banyak marketplace yang merajai pasar saat ini. Bukan tidak mungkin nantinya penghasilan dari bisnis melebihi gaji pekerjaan utama.  

  1. Minta Jam Kerja Lembur

Jika memang memungkinkan dari segi waktu, Smart People bisa meminta jam kerja lembur pada atasan. Tentu saja Smart People harus memastikan terlebih dahulu bahwa ada honor khusus untuk lembur yang diberikan oleh perusahaan, yang mana biasanya jumlahnya lebih besar dibandingkan dengan bayaran untuk jam kerja normal. 

Dalam mengambil jam kerja lembur, Smart People jangan lupa juga untuk memikirkan bahwa diri juga butuh refreshing sesekali dan tidak hanya fokus melakukan pekerjaan. Jadi, aturlah sedemikian rupa waktunya dalam memilih waktu untuk melakukan pekerjaan lembur, serta kapan waktunya untuk beristirahat dan menyegarkan pikiran.

  1. Investasikan Uang ke Saham yang Memberikan Dividen 

Berinvestasi merupakan cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang tambahan dari uang atau modal awal yang diinvestasikan. Nah, untuk mendapatkan tambahan pemasukan dalam bentuk passive income atau pendapatan pasif yang jumlahnya cukup signifikan setiap tahunnya, Smart People bisa investasikan uang dalam bentuk saham yang membagikan dividen pada pemiliknya. 

Dividen merupakan pembagian pendapatan perusahaan pada para pemegang sahamnya, sesuai dengan banyak saham yang dimiliki. Jika setiap tahun terjadi peningkatan pendapatan perusahaan, maka jumlah dividen yang dibagikan juga akan mengalami peningkatan. Jadi, pilihlah saham yang dividennya selalu meningkat setiap tahun untuk jadi instrumen investasi. 

Hal yang Menghambat Naiknya Penghasilan 

Banyak orang yang ingin penghasilannya meningkat, namun pada kenyataannya hal itu tidak pernah bisa direalisasikan. Ada banyak hal yang mendasari hal tersebut, mulai dari pola pikir yang beranggapan bahwa tidak akan mungkin untuk meningkatkan penghasilan, hingga terlalu fokus pada kesuksesan orang lain sehingga lupa untuk mengurus dan memikirkan kesejahteraan diri sendiri. 

Penghasilan tidak meningkat juga bisa disebabkan karena Smart People secara berulang-ulang melakukan kesalahan yang sama dalam pengelolaan keuangan rumah tangga. Misalnya saja, anggaran yang seharusnya digunakan untuk investasi malah dialihkan untuk memenuhi keinginan. Bukannya malah diperbaiki di bulan berikutnya, namun hal tersebut malah keterusan dilakukan. 

Cara Meningkatkan Penghasilan dengan Investasi Saham via RHB Tradesmart ID 

Investasi saham merupakan salah satu cara meningkatkan penghasilan Smart People setiap tahunnya. Untuk mewujudkan hal tersebut, pastikan Smart People memilih saham yang tepat untuk dikoleksi, agar mendatangkan dividen yang diinginkan. Smart People bisa pakai RHB Tradesmart ID, aplikasi investasi saham, untuk memudahkan dalam memilih saham tersebut. 

RHB Tradesmart ID dilengkapi dengan fitur Smart Analyzer yang bisa membantu menganalisis saham incaran, berikut dengan pergerakan harganya. Berinvestasi saham via RHB Tradesmart ID juga terbilang ekonomis, karena biaya transaksinya yang rendah. Untuk setiap transaksi pun nantinya Smart People bakal dapat poin khusus, yang bisa ditukarkan dengan saldo e-wallet

Mulailah investasi saham yang ekonomis dengan menggunakan RHB Tradesmart ID. Dengan modal awal Rp100.000 saja, Smart People sudah bisa memulai investasi saham tersebut. Yuk unduh aplikasinya di smartphone masing-masing.

Sumber:

Northup, Genevieve. (2023, Maret 29). How To Increase Your Income (15 Creative Ways). Indeed. Diakses pada tanggal 26 Juli 2023 melalui https://www.indeed.com/career-advice/starting-new-job/how-increase-income

The Upwork Team. (2022, April 22). How to Increase Income: 11 Creative Ways for 2023. Upwork. Diakses pada tanggal 26 Juli 2023 melalui https://www.upwork.com/resources/how-to-increase-income

Tremblay, Sylvie. (2021, Juli 13). 15 Ways To Dramatically Increase Your Income in 2021. Yahoo! Finance. Diakses pada tanggal 26 juli 2023 melalui https://finance.yahoo.com/news/15-ways-dramatically-increase-income-230011009.html

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal