<< Back

Tips Mengelola THR untuk Investasi Saham

THR atau Tunjangan Hari Raya memang menjadi salah satu hal yang ditunggu-tunggu kedatangannya jelang lebaran. THR yang dibagikan ini tidak hanya bisa digunakan untuk belanja kebutuhan lebaran saja, melainkan juga bisa dialokasikan untuk investasi saham. Bagi Smart People yang baru mulai investasi saham menggunakan THR, yuk simak tips pengelolaannya di sini. 

Tips Investasi Saham Mengelola THR bagi Investor Pemula  

Tentukan Alokasi THR untuk Kebutuhan Investasi Saham 

Layaknya investasi saham dengan menggunakan pemasukan rutin bulanan, Smart People juga harus bisa memperhitungkan dengan tepat seberapa besar alokasi THR untuk keperluan investasi saham nantinya. Jangan sampai alokasinya terlalu besar ataupun terlalu kecil, karena akan bisa berpengaruh pada manajemen keuangan secara keseluruhan. 

Dalam menentukan alokasi THR untuk investasi saham, hal pertama yang harus Smart People lakukan adalah mengalokasikan THR terlebih dahulu untuk kebutuhan wajib atau esensial saat lebaran nanti. Jika kebutuhan wajib lebaran sudah terpenuhi, sisa THR-nya bisa Smart People kalkulasikan dan alokasikan untuk kebutuhan lain, termasuk di dalamnya investasi saham.   

Pilih Saham Potensial Saat Lebaran 

Mengelola THR untuk investasi saham tentu saja mencakup ke saham emiten mana nantinya alokasi THR tersebut akan dilepas. Maka dari itu, pastikan Smart People memilih memang saham yang potensial untuk dimiliki dengan menggunakan alokasi dana investasi dari THR tersebut. Baiknya, Smart People memilih saham yang berasal dari emiten yang stabil dalam jangka panjang. 

Selain dari kestabilan saham tersebut, Smart People juga bisa memilih saham-saham yang memiliki potensi yang tinggi untuk merangkak naik saat lebaran nanti. Saham-saham emiten dari sektor transportasi dan telekomunikasi misalnya, merupakan contoh-contoh saham yang berpotensi untuk booming pada saat lebaran datang menjelang nantinya. 

Jangan Lupa Diversifikasi Saham 

Diversifikasi saham merupakan salah satu cara untuk meminimalisir risiko saat berinvestasi saham. Maka dari itu, Smart People begitu direkomendasikan untuk melakukan diversifikasi saham, agar nantinya saat ada salah satu saham mengalami penurunan performa, masih ada saham lain yang mengalami penguatan. Alhasil, kondisi portofolio saham akan tetap seimbang. 

Tidak sulit untuk melakukan diversifikasi saham ini. Smart People bisa koleksi saham-saham dari beberapa emiten ataupun sektor berbeda. Jangan biasakan untuk memborong saham hanya dari satu emiten atau sektor saja, karena takutnya nanti saat satu emiten atau satu sektor tersebut sedang terpuruk, loss yang besar berisiko untuk Smart People hadapi.  

Jalankan Investasi Jangka Panjang 

Jangan berhenti hanya dengan berinvestasi menggunakan THR saja. Lakukanlah investasi secara berkelanjutan, dengan cara menyisihkan modal investasi dari pemasukan bulanan rutin selepas lebaran. Dengan begini, maka akan lebih banyak dana yang diinvestasikan, sehingga potensi imbal hasil yang bisa didapatkan juga akan semakin meningkat. 

Tidak hanya melanjutkan investasi saham secara rutin, jalankanlah juga investasi dalam jangka waktu panjang. Niatkan investasi saham untuk mencapai tujuan keuangan jangka panjang, misalnya saja kebebasan finansial di usia tertentu, membeli rumah idaman, mempersiapkan dana pensiun, dan masih banyak lagi tujuan keuangan lainnya.  

Gunakan Aplikasi Investasi Saham Online Terpercaya 

Agar lebih mudah dan lancar nantinya menyalurkan THR untuk investasi saham, pilihlah aplikasi investasi saham online berpengalaman dan tentunya terpercaya. Aplikasi investasi saham online biasanya sudah dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan, yang kemudian bisa dimanfaatkan untuk mendukung aktivitas investasi saham Smart People. 

Tidak hanya itu saja, pilihlah juga aplikasi investasi saham yang ekonomis, yakni hemat dari segi biaya transaksi ataupun biaya margin. Dengan begini, maka THR yang Smart People alokasikan untuk investasi saham akan bisa memberikan imbal hasil maksimal, dengan biaya investasi yang terjangkau dan tidak bikin dompet bolong. 

Seberapa Besar Alokasi THR untuk Investasi Saham? 

Besaran THR yang dialokasikan untuk investasi saham tentu akan berbeda antara masing-masing orang. Agar tidak kebablasan nantinya dalam menginvestasikan THR dalam jumlah yang terlalu banyak ataupun terlalu sedikit untuk investasi saham, Smart People bisa atur besarannya dengan menggunakan metode budgeting yang bisa digunakan untuk manajemen keuangan rutin. 

Adapun persentase alokasi THR untuk kebutuhan investasi saham yang direkomendasikan oleh RHB Sekuritas adalah sebesar 20% dari total THR setelah dikurangi alokasi untuk membeli berbagai macam kebutuhan penting saat lebaran nanti. Jadi, tidak hanya kebutuhan lebaran yang bisa terpenuhi, namun THR bisa bermanfaat untuk mencapai tujuan investasi di masa mendatang, itulah tips mengelola THR.

Mengelola THR untuk Investasi Saham dengan RHB Tradesmart ID 

Memilih aplikasi investasi saham online yang tepat akan bisa memaksimalkan potensi imbal hasil dari investasi saham menggunakan THR yang Smart People lakukan. Maka dari itu, pastikan Smart People jangan sampai salah memilih aplikasinya. Pilihlah aplikasi investasi saham online yang sudah terpercaya dan banyak digunakan seperti RHB Tradesmart ID. 

RHB Tradesmart ID hadir dengan fitur Smart Analyzer yang memungkinkan analisis saham menjadi lebih mudah, terkhusus untuk para investor pemula. Tidak hanya itu saja, fitur Smart Rate dan Smart Fee memungkinkan Smart People untuk membayar biaya investasi yang lebih terjangkau. Nantinya, akan ada poin untuk setiap transaksi yang bisa ditukarkan dengan saldo e-wallet

RHB Tradesmart ID merupakan solusi investasi saham online, terkhusus bagi para investor pemula. Unduh aplikasinya sekarang juga dan jangan lupa manfaatkan fitur SMART-nya untuk mendapatkan imbal hasil impian. 

Sumber: 

Adventy, Artha. 2023, April 19. Tips THR Buat Beli Saham, Cek Potensi Cuan setelah Lebaran. Bisnis.com. Diakses pada tanggal 25 Maret 2024 melalui https://market.bisnis.com/read/20230419/189/1648662/tips-thr-buat-beli-saham-cek-potensi-cuan-setelah-lebaran

Shahid, Nur Jamal. 2024, Maret 25. 5 Tips Manfaatkan THR untuk Investasi Saham. Kompas.com. Diakses pada tanggal 25 Maret 2024 melalui https://money.kompas.com/read/2024/03/25/234343126/5-tips-manfaatkan-thr-untuk-investasi-saham?page=all

Dwi, Chandra. 2024, Maret 10. Saham-Saham Ini Bakal Cuan Saat Ramadan, Tapi…. CNBC Indonesia. Diakses pada tanggal 25 Maret 2024 melalui https://www.cnbcindonesia.com/research/20240310163013-128-521099/saham-saham-ini-bakal-cuan-saat-ramadan-tapi

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal