<< Back

Tips Jual Beli Saham Untuk Saham Online

Di era digital saat ini, segala sesuatu akan menjadi lebih mudah. Dari yang semula dikerjakan secara manual, sekarang menjadi lebih mudah karena dapat dilakukan secara online. Tidak terkecuali dengan investasi saham, sekarang Anda bisa investasi saham online.

Mengapa Anda Perlu Investasi Saham?

Sebenarnya ada banyak jenis investasi yang bisa Anda pilih. Namun, investasi saham menjadi salah satu instrumen yang paling diminati oleh para investor karena dinilai dividen yang didapat lebih besar dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya. Selain untuk menambah pundi-pundi rupiah Anda saat ini, investasi juga bertujuan untuk melawan inflasi. Agar uang yang Anda miliki saat ini dapat mengejar laju harga yang semakin hari semakin tinggi, maka Anda harus pandai dalam mengelolanya, salah satunya yaitu dengan berinvestasi saham.

Saham dapat didefinisikan sebagai bukti kepemilikan atas sebuah perusahaan yang dibelinya.  Banyak yang menjadikan saham sebagai sebagai salah satu instrumen investasi. Investasi saham banyak dipilih karena dirasa memiliki lebih banyak keuntungan dibandingkan instrumen investasi lainnya. Ketika seseorang membeli saham pada sebuah perusahaan, maka orang tersebut akan memiliki hak atas suatu aset dan pendapatan yang diperoleh perusahaan sesuai dengan porsi saham yang dimilikinya atas perusahaan tersebut.

Karena sekarang semua dapat dilakukan secara online, sama halnya dengan investasi. Kini berinvestasi saham menjadi lebih mudah karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan. Para investor tidak perlu lagi repot-repot datang ke galeri broker untuk melakukan transaksi jual beli saham. Saat ini, proses jual beli saham dapat dilakukan hanya dengan menggunakan ponsel genggam Anda yang terhubung dengan jaringan internet.

Tips Jual Beli Saham Untuk Saham Online

Sekarang ini banyak platform online yang menyediakan aplikasi jual beli saham yang akan mempermudah hidup Anda. Namun, masih banyak orang yang belum paham bagaimana cara bertransaksi jual beli saham secara online. Maka simak tipsnya pada artikel kali ini!

Siapkan Modal Investasi

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa investasi saham berarti Anda membeli aset atas sebuah perusahan yang tentu saja membutuhkan modal untuk membelinya. Tetapi, Anda harus menyesuaikan modal yang akan Anda investasikan sesuai dengan keadaan finansial Anda. Jangan menggunakan dana untuk kebutuhan sehari-sehari Anda, sebaiknya gunakan dana yang tidak terpakai atau yang biasa disebut dengan uang dingin.

Dalam berinvestasi saham sangat disarankan untuk menggunakan uang dingin, karena apabila sesuatu terjadi dimana saham yang Anda beli mengalami penurunan, maka keuangan Anda tidak akan terganggu karena yang digunakan untuk investasi adalah dana yang tidak terpakai alias dana menganggur.

Karena perlu diingat bahwa terdapat dua jenis risiko kerugian dalam berinvestasi saham. Pertama yaitu capital loss yaitu kondisi dimana investor merugi pada saat harga jual saham lebih rendah daripada harga belinya. Risiko yang kedua yaitu likuidasi yang merupakan kondisi suatu perusahaan dinyatakan bangkrut oleh pengadilan

Membuka Rekening Saham

Tanpa rekening saham Anda tidak akan bisa melakukan proses jual beli saham. Untuk dapat bertransaksi saham, Anda harus terdaftar sebagai nasabah di salah satu perusahaan sekuritas. Pastikan bahwa sekuritas yang Anda pilih jelas kredibilitasnya dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Perusahaan sekuritas akan menjadi menjadi perantara bagi Anda untuk dapat membeli saham di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Apabila Anda ingin bertransaksi saham secara online, Anda hanya perlu mengunduh aplikasinya di smartphone Anda dan mendaftarkan data diri yang lengkap seperti mengunggah foto KTP, NPWP, foto buku rekening tabungan, dan lain-lain. Perusahaan sekuritas akan memproses pembuatan rekening Anda, dan jika berhasil Anda akan mendapatkan Single Investor Identification (SID) dan Rekening Dana Nasabah (RDN) untuk dapat bertransaksi.

Cari Referensi Saham dan Amati Pergerakannya

Sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi saham pada sebuah perusahaan, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu bagaimana kredibilitasnya dan jangan lupa untuk melakukan analisis fundamental terhadap perusahaan tersebut. Investasikanlah uang Anda pada perusahaan yang memiliki kondisi keuangan yang baik, agar pada saat terjadi krisis ekonomi harga sahamnya tidak turun drastis.

Jangan lupa untuk mengikuti tren harga saham secara berkala. Karena dalam hitungan detik, harga saham dapat berubah karena banyak faktor. Maka dari itu, luangkan waktu Anda untuk memperoleh informasi terbaru terkait harga saham dan trennya untuk mencegah Anda mengalami kerugian.

Transaksi Saham Online

Jika Anda merasa yakin dan memiliki informasi yang cukup terkait pergerakan saham, maka Anda sudah dapat melakukan transaksi jual beli saham secara online. Untuk melakukan pembelian saham investor harus menyiapkan dana sesuai dengan harga saham yang tertera, dan membayar biaya transaksi kepada perusahaan sekuritas. Besarnya biaya transaksi berbeda pada setiap perusahaan, jadi Anda perlu menyesuaikan sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

Perlu diketahui apabila Anda ingin membeli saham, Anda harus memperhatikan fluktuasi pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terkait dengan faktor internal dan eksternal, profil dan tingkat likuiditas perusahaan, laba dari investasi pemegang saham, tren pasar, penjualan, hingga earning per share growth.

Sedangkan, jika Anda ingin menjual saham yang perlu diperhatikan adalah waktu terbaik yaitu pada saat harga saham sedang naik atau yang biasa disebut dengan profit taking. Dan jika harga saham sedang turun, Anda dapat menjual saham dengan menentukan cut loss atau batas kerugian. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kerugian yang lebih besar.

Itu tadi merupakan beberapa tips jika Anda ingin memulai berinvestasi saham online. Setelah mengetahui tips-tipsnya, apakah Anda sudah siap untuk berinvestasi online? Jangan lupa sesuaikan pilihanmu dengan tujuan investasi dan kondisi keuangan Anda!

Manfaatkan aplikasi trading saham RHBTRADESMARTID yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur untuk memudahkan investor berinvestasi dimana saja & kapan saja. Download aplikasi RHB Tradesmart di Playstore dan Appstore sekarang.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal