<< Back

Tips Berinvestasi Saham Syariah Bagi Pemula

Kini umat Muslim yang ingin memulai bisnis investasi di bidang saham boleh berlega hati, karena sudah ada fatwa khusus yang mengatur tentang investasi saham online yang bisa dilakukan tanpa bertentangan dengan syariah Islam di pasar keuangan. 

Banyak yang beranggapan bahwa investasi saham memiliki banyak sekali hal yang tak jelas sehingga sulit untuk ditentukan halal atau tidaknya. Dalam artikel berikut, kita akan mencoba untuk membahas mengenai investasi saham yang sesuai dengan syariah Islam.

Hal Penting Tentang Investasi Saham Sesuai Syariah Islam

Agar supaya Kita bisa lebih memahami tentang investasi saham yang sesuai dengan syariah Islam, maka harus terlebih dahulu memahami seluk beluk dan ketentuan yang ada di dalamnya. Ada banyak informasi dan fakta yang menunjukkan bahwa jika dilakukan dengan benar maka investasi saham online akan tetap berada di jalur syariah Islam.

Di bawah ini adalah beberapa informasi yang Kami himpun terkait cara investasi saham berbasis syariah yang aman dan halal untuk Smart People lakukan.

 1. Hukum aktivitas di pasar modal

Dilansir dari Otoritas Jasa Keuangan, bahwa aktivitas yang dilakukan di pasar modal berbasis syariah termasuk kegiatan muamalah yang bisa dilakukan selama tidak menyalahi ketentuan syariat Islam. Jadi menjalani bisnis investasi saham syariah bisa dilakukan setiap muslim mana saja.

 2. Status hukum saham syariah

Bahwa saham adalah sebuah bukti dari penyertaan modal yang diberikan dari investor ke perusahaan dengan imbalan imbal hasil dividen. Melihat hal itu, tentu bisa dipahami bahwa saham sama sekali tidak bertentangan dengan prinsip syariah Islam.

Jenis saham yang diperjual belikan dalam investasi saham syariah tentu saja harus memenuhi beberapa kriteria, seperti misalnya saham tersebut merupakan milik perusahaan yang jelas kegiatan industrinya dan tidak mengandung unsur gharar, riba, maisir, risywah, maksiat dan kezaliman sesuai dengan hukum kegiatan muamalah yang diatur oleh syariat Islam.

 3. Jenis saham syariah

Di dalam pasar modal Indonesia sendiri secara resmi sudah diakui tentang 2 jenis saham syariah yaitu :

·         Saham dari perusahaan konvensional yang mengajukan program khusus yang berbasis investasi syariah

·         Saham dari perusahaan yang memang sejak awal sudah memiliki sistem berbasis syariah

Masing-masing perusahaan saham bisa Smart People pilih sesuai kebutuhan investasi saham syariah yang Smart People minati.

 4. Daftar Efek Syariah

Dan perusahaan dari kedua jenis saham tersebut akan tergabung di dalam satu wadah yang bernama Daftar Efek Syariah. Dimana di dalamnya akan terdapat nama perusahaan berbasis syariah yang kemudian akan diterbitkan oleh OJK secara periode tertentu yaitu di bulan Mei dan November. Kinerja dari pasar modal syariah secara umum bisa Smart People lihat di Indeks Saham Syariah Indonesia. Agar supaya bisnis bisa berjalan dengan lancar maka Smart People harus bisa memantau jalannya investasi saham online secara berkala.

Tips Berinvestasi Saham Syariah untuk Pemula

Nah setelah mengetahui apa saja yang ada di dalam investasi pasar modal syariah, selanjutnya ketahui apa saja yang harus dilakukan untuk berinvestasi modal syariah untuk pemula. Tentu saja hal ini juga harus mendapatkan perhatian khusus, mengingat masih banyak di luar sana yang masih salah pemahaman tentang investasi saham khususnya yang berbasis syariah.

·         Pilih perusahaan sekuritas berbasis syariah

Langkah yang pertama adalah dengan memilih perusahaan sekuritas berbasis syariah yang sudah mendapatkan izin untuk usaha, terdaftar serta diawasi oleh OJK. Selain itu perusahaan sekuritas tersebut juga memiliki kelengkapan berupa Syariah Online Trading System sehingga semua perusahaan sekuritas dan transaksi saham yang dilakukan di dalam pasar modal akan selalu berada di jalur syariah. Smart People bisa langsung membuat rekening efek syariah.

Harus bisa dipastikan nantinya Smart People bisa berinvestasi di perusahaan yang benar-benar memiliki basis sistem syariah.

·         Lakukan analisis saham syariah sebelum lakukan investasi

Bursa Efek Indonesia sendiri menyediakan 3 jenis indeks saham syariah yaitu Jakarta Islamic Indeks (JII), Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) dan Jakarta Islamic Index 70. Dari deretan saham tersebut kiranya Smart People bisa memilih mana jenis perusahaan sekuritas yang dipilih untuk berinvestasi saham kemudian melakukan analisis teknikal maupun fundamental.

·         Mulai dari modal kecil untuk meminimalisir kerugian

Bahwa bisnis investasi saham untuk pemula sebaiknya dimulai dari skala kecil terlebih dahulu sehingga kerugian bisa ditekan lebih minimal. Meski imbal hasil yang didapat sedikit, tetap berinvestasi sambil mempelajari bisnis investasi saham syariah secara optimal.

·         Pahami aturan investasi saham syariah

Kemudian langkah berikutnya jika Smart People ingin melakukan investasi saham syariah adalah dengan mengetahui aturan investasi di dalamnya. Aturan dasar di dalam berinvestasi saham syariah adalah dengan mempelajari tingkat resiko terlebih dahulu. Baru setelah itu Smart People membaca laporan keuangan yang dimiliki oleh perusahaan emiten tempat Kita ingin berinvestasi saham. Lihat dan cermati apakah performanya bisa memberikan imbal hasil untuk Smart People saat mengejar target keuangan atau tidak.

Itulah beberapa hal yang perlu Smart People ketahui khususnya jika Smart People ingin investasi saham online dengan jenis saham syariah dengan aman dan berhasil meski masih pemula. Semoga bermanfaat.

Dapatkan cara dan tips aman melakukan investasi saham syariah yang aman dan nyaman dengan menggunakan aplikasi RHBTRADESMARTID. Aplikasi ini sudah dilengkapi fitur khusus untuk memilah mana perusahaan investasi berbasis syariah yang direkomendasikan untuk investasi syariah Smart People. Download aplikasi RHB Tradesmart di Play Store dan App Store.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal