<< Back

Tidak Punya Banyak Waktu? Lakukan 5 Tips Berinvestasi Saham Ini

Berinvestasi

Banyak orang tertarik ingin menjadi seorang trader dan investor saham online dengan berbagai alasan, salah satunya untuk mencari berbagai imbal hasil yang menggiurkan. Tidaklah mengherankan jika semakin banyak saja orang yang mendaftar sebagai nasabah suatu sekuritas demi bisa menuruti keinginannya tersebut. Apa saja tips berinvestasi saham?

Sayangnya, tidak semua trader benar-benar memiliki cukup waktu untuk melakukan analisis dan memantau pergerakan saham setiap saat. Ada kalanya mereka harus bekerja seharian penuh sehingga lebih fokus pada pekerjaannya. Lantas, bagaimana sebaiknya jika kita berada di posisi tersebut?

Menjalankan trading saham memang memerlukan tingkat fokus yang cukup tinggi, terlebih pergerakan saham begitu fluktuatif dan dapat bergerak naik turun dengan cepat. Buat Smart People yang sedang mencoba belajar trading dan berinvestasi saham namun sibuk, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan.

Tips Berinvestasi Saham

1. Coba pantau pergerakan saham di waktu luang

Jika dalam satu hari Smart People sibuk bekerja, fokuslah pada pekerjaan tersebut. Ketika ada waktu luang seperti ketika jam makan siang, Smart People bisa mulai membuka chart saham untuk memantau pergerakan saham yang sedang Smart People inginkan. Disini kamu bisa berinvestasi saham.

Meski demikian, tidak disarankan untuk mencuri-curi waktu memantau saham ketika jam kerja ya, terutama buat Smart People yang sedang belajar investasi saham maupun trading online. Selain kurang etis, tentu tidak akan membuat Smart People fokus bekerja sehingga pekerjaan menjadi terbengkalai.

2. Analisis saham di luar jam kantor

Pastikan juga Smart People mulai melakukan analisis saham di luar jam kantor, misalnya di malam hari seusai bekerja atau pada saat hari libur. Meskipun saat itu bursa saham sedang tutup, namun tidak ada salahnya melakukan analisis saham secara cepat ketika semua pekerjaan sudah selesai.

Apabila Smart People bekerja secara shifting dan memiliki jam kerja yang fleksibel, hal ini harusnya tidak terlalu menjadi masalah. Apalagi, jam buka bursa saham sama dengan jam kantor biasa. Latihlah hal ini secara rutin sehingga analisis bisa dilakukan secara cepat dalam hitungan menit maupun jam.

3. Pilih saham yang lebih stabil

Ketika kita sedang bekerja dan sibuk dengan urusan pekerjaan, tentu saja kita tidak mau diganggu konsentrasinya. Salah satu gangguan yang banyak dialami trader dan investor saham online adalah memikirkan bagaimana fluktuasi harga dari saham tersebut. Inilah salah satu tips berinvestasi saham dengan praktis.

Oleh karena itu, disarankan memilih saham yang fluktuasinya lebih terbatas. Saham yang terlalu berfluktuasi malah akan membuat trader merasa khawatir dan tidak fokus bekerja. Adapun contoh saham yang lebih disarankan yakni saham blue chip yang lebih stabil.

4. Lakukan strategi Swing Trading

Smart People juga dapat menerapkan strategi swing trading. Strategi ini seringkali dijalankan dalam aktivitas jual beli saham di mana aset yang ingin diperjualbelikan akan ditahan (hold) terlebih dahulu selama beberapa hari atau beberapa minggu, kemudian dijual ketika harganya mencapai nilai tertinggi.

Strategi ini cenderung akan membuat trader menjadi lebih santai dan tidak terlalu khawatir dengan fluktuasi harga harian. Berbeda dengan daily trader yang biasanya melakukan transaksi pada hari yang sama, swing trader akan cenderung melakukan transaksi pada momentum yang tepat. 

5. Gunakan software trading terbaik

Penggunaan aplikasi trading saham memang sangat penting. Apalagi, saat ini sudah banyak aplikasi yang sudah bisa melakukan order secara otomatis maupun terjadwal sehingga Smart People dapat merencanakan aktivitas trading secara optimal untuk berinvestasi saham.

RHB Tradesmart ID punya fitur pengingat saat market buka dan tutup, lho. Selain itu, dengan Smart Analyzer dari RHB Tradesmart ID, Smart People bisa cari saham-saham murah yang undervalue.Dengan begitu, Smart People tidak perlu lagi mengecek dan membandingkan sendiri dari list ratusan saham dalam satu industri. Meski demikian, pastikan semua fitur tersebut berjalan dengan lancar sehingga tidak lag saat digunakan untuk trading.

Trading Efektif dengan Fitur Aplikasi RHB Smart Rate

Jika mencari aplikasi terbaik untuk menjalankan trading saham, Smart People dapat menggunakan aplikasi RHB Tradesmart ID. Selain dijamin stabil ketika dipakai, aplikasi ini juga mempunyai berbagai fitur untuk mendukung aktivitas trading yang akan dijalankan. Salah satu fiturnya adalah Smart Rate.

Smart rate merupakan fitur yang terbilang sangat menarik dimana RHB dapat memberi pinjaman untuk melakukan transaksi sebesar 1,65 kali dari total setoran atau saham di portofolio Smart People. Pinjaman ini kemudian hanya berbunga 9% saja pertahun! Padahal, pada umumnya bunga margin di pasar adalah sebesar 15 hingga 18 persen lho setahun. Smart Rate ini dapat dinikmati oleh semua nasabah yang sudah memiliki akun margin aktif.Untuk mendapatkan fitur investor saham online ini, segera download aplikasi RHB Tradesmart ID melalui Play Store atau App Store. Jangan lupa aktifkan akun margin untuk mendapat promo Smart Rate yang menarik, ya! Untuk informasi lebih lanjut mengenai waran terstruktur, Smart People bisa simak disini.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal