<< Back

The Power of Branding! Ini Besar Pengaruhnya Terhadap Harga Saham!

Pengaruh branding

Salah satu hal yang membuat merek dari sebuah perusahaan menjadi terlihat lebih menarik dibandingkan merek-merek dari perusahaan lainnya adalah branding dari perusahaan tersebut. Branding yang bagus bisa memengaruhi banyak hal, salah satunya adalah harga saham. Simak ulasan mengenai apa itu branding hingga pengaruhnya pada harga saham di bawah ini.

Apa Itu Branding

Istilah ‘brand’ mengacu pada identitas dari sebuah perusahaan yang membuatnya terlihat unik atau berbeda dibandingkan dengan para kompetitornya yang menjual produk ataupun jasa yang sama. Identitas inilah yang nantinya akan memengaruhi persepsi dari konsumen terhadap produk atau jasa dari perusahaan tersebut, serta menentukan bagaimana jalannya bisnis tersebut ke depannya. 

Branding yang dimiliki oleh sebuah perusahaan akan membuatnya lebih mudah untuk diingat oleh target audiensnya dan masyarakat umum. Pada dasarnya, branding ini terdiri atas nama dan logo, desain identitas visual, misi, hingga nilai-nilai yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Branding yang telah melekat nantinya akan membuat konsumen mudah ingat akan perusahaan tersebut. 

Lantas, apa sih pentingnya branding bagi sebuah perusahaan? Tidak hanya sebagai identitas, namun branding bisa membantu para konsumen untuk memahami apa hal yang ingin ditawarkan oleh perusahaan. Jika konsumen sudah mengetahui hal tersebut, maka konsumen bisa memutuskan apakah produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan memang merupakan hal yang dibutuhkannya.

Bagusnya branding sebuah perusahaan akan bisa menarik minat para konsumen yang loyal, sehingga mereka akan terus kembali untuk menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Selain itu, posisi perusahaan di pasar akan makin kokoh dibandingkan dengan kompetitor lainnya, yang kemudian membuat angka penjualan bisa terus bertumbuh dan meningkat.

Macam-Macam Strategi Branding 

  • Product Branding 

Product branding merupakan salah satu strategi branding yang bertujuan untuk menciptakan identitas yang mudah dikenali oleh konsumen atas produk tertentu. Adapun tujuan yang ingin dicapai dengan melakukan hal ini adalah untuk mencapai target pasar dari perusahaan. Alih-alih membentuk brand untuk perusahaan secara keseluruhan, branding dilakukan untuk tiap produk atau jasa. 

  • Corporate Branding 

Selanjutnya, ada yang namanya corporate branding. Corporate branding mencakup segala aspek yang ada pada bisnis yang dijalankan, mulai dari produk, pelayanan, hingga karyawan di perusahaan tersebut. Berbeda dengan product branding yang hanya fokus membentuk identitas untuk satu produk saja, corporate branding membentuk identitas dari perusahaan itu secara keseluruhan. 

  • Personal Branding 

Personal branding merujuk pada strategi branding yang digunakan oleh seseorang untuk membentuk identitas atas dirinya. Berbeda dengan strategi branding selanjutnya yang umumnya digunakan oleh perusahaan, personal branding umumnya digunakan oleh individu, misalnya seperti influencer, freelancer, dan lainnya. Personal branding ini bisa berbeda dengan sifat pribadi individunya. 

  • Retail Branding 

Strategi branding selanjutnya adalah retail branding. Sesuai dengan namanya, retail branding ini didesain khusus untuk bisnis ritel. Dalam menjalankan strategi branding satu ini, pengenalan identitas atau brand akan dilakukan untuk berbagai macam produk dari beberapa bisnis atau manufaktur yang berbeda-beda, alih-alih memasarkannya secara terpisah.

  • Service Branding 

Layaknya product branding yang fokus hanya pada satu aspek dalam bisnis saja, service branding juga melakukan hal yang sama. Service branding fokus membentuk identitas sebuah perusahaan dengan menunjukkan pada target konsumen bahwa perusahaan memahami apa kebutuhan dari konsumen tersebut, kemudian perusahaan bisa memberikan produk sesuai kebutuhan tersebut. 

Pengaruh Branding pada Harga Saham 

Kekuatan dari branding sebuah perusahaan atau produk tidak hanya menjadi kunci dalam meningkatkan angka penjualan, melainkan juga pada harga saham perusahaan tersebut. Pasalnya, branding dari sebuah perusahaan akan bisa membuat konsumen atau masyarakat pada umumnya mengenal perusahaan tersebut, sehingga membuatnya terlihat menarik untuk dijadikan sebagai aset investasi. 

Perusahaan dengan branding dan reputasi yang bagus biasanya akan bisa menarik loyalitas konsumen. Loyalitas inilah yang kemudian bisa membuat perusahaan menjadi semakin kokoh. Pun nantinya jika ada produk yang gagal, tidak akan begitu memengaruhi loyalitas dari konsumen. Alhasil, saham perusahaan tersebut juga tidak akan begitu terpengaruh di pasar saham. 

Pesona dari perusahaan dengan branding yang kuat, akan bisa menjaga kestabilan harga saham, termasuk menunjang peningkatannya. Meskipun mungkin pengaruhnya tidak begitu signifikan, namun dengan adanya branding yang bagus tersebut, konsumen menjadi sadar bahwa perusahaan itu eksis dan sahamnya bisa menjadi pertimbangan untuk dimiliki. 

Salah satu contoh dari keberhasilan branding dalam meningkatkan nilai saham adalah branding dari Apple, perusahaan yang begitu tersohor dengan produk gawainya. Identitasnya sebagai perusahaan dengan produk ponselnya yang unik dan berbeda dari para kompetitornya, tidak hanya berhasil meningkatkan pemasukan Apple, namun juga nilai saham perusahaan tersebut. 

Beli Saham Perusahaan dengan Branding yang Bagus via RHB Tradesmart ID 

Ada banyak di luar sana perusahaan yang memiliki branding yang bagus. Bagusnya branding yang dimiliki oleh perusahaan tersebut bisa jadi pertimbangan bagi Smart People untuk mengoleksi sahamnya. Agar lebih yakin dalam memutuskan untuk membeli saham perusahaan yang mana, Smart People bisa analisis sahamnya terlebih dahulu melalui RHB Tradesmart ID. 

RHB Tradesmart ID merupakan aplikasi investasi saham online yang hadir dengan fitur Smart Analyzer. Fitur ini memungkinkan Smart People untuk menganalisa saham terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk membelinya atau tidak. Kemudahan dalam menggunakan fitur ini bisa membantu Smart People yang masih pemula dalam mengambil keputusan investasi nantinya.  

Unduh RHB Tradesmart ID sekarang juga dan mulai aktivitas investasi saham. Smart People bisa raup imbal hasil potensial dengan modal awal investasi yang terjangkau. 

Sumber: 

Due.com. 2018, Mei 14. How Much Does Brand Strength Play Into Stock Prices? Nasdaq. Diakses pada tanggal 20 Juni 2024 melalui https://www.nasdaq.com/articles/how-much-does-brand-strength-play-into-stock-prices-2018-05-14

Bozigian, Courtney. 2024, Mei 02. 12 Types Of Branding Strategies + How To Choose One [+Examples]. Digital Silk. Diakses pada tanggal 20 Juni 2024 melalui https://www.digitalsilk.com/digital-trends/types-of-branding-strategies/

Decker, Allie. 2023, Maret 15. What is Branding? Understanding its Importance in 2024. Hubspot. Diakses pada tanggal 20 Juni 2024 melalui https://blog.hubspot.com/marketing/branding

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal