<< Back

Terungkap! Ternyata Ini Cara Memprediksi IHSG! 

cara memprediksi IHSG

IHSG yang merupakan singkatan dari Indeks Harga Saham Gabungan, adalah indeks penting yang krusial sifatnya untuk dipahami oleh para investor saham, khususnya para pemula. Begitu pentingnya IHSG, sampai-sampai para investor berlomba-lomba mencari cara memprediksi IHSG tersebut. Untuk memahami IHSG lebih dalam, yuk simak ulasan tentang IHSG di bawah ini.

Apa Itu IHSG? 

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan merupakan grafik saham yang menunjukkan pergerakan rata-rata seluruh saham yang ada di dalam bursa efek. Keberadaan IHSG memungkinkan masyarakat dan pelaku pasar modal untuk melihat ringkasan kondisi pasar modal Bursa Efek Indonesia (BEI) secara real time, tanpa harus menganalisis instrumen saham satu per satu. 

IHSG yang memiliki nama lain berupa Indonesia Composite Index (ICI) ini diperkenalkan untuk pertama kalinya ke publik pada tanggal 1 April 1983. Adapun tujuan peluncuran IHSG pada saat itu adalah sebagai indikator pergerakan harga saham yang ada di BEI. IHSG ini sendiri merupakan indeks headline, yang berarti indek yang jadi acuan utama dalam menggambarkan kinerja pasar modal. 

Apa Saja Fungsi IHSG? 

  1. Penanda Pergerakan Pasar 

IHSG memiliki fungsi utama sebagai penanda pada pergerakan pasar. Maknanya, IHSG berperan sebagai indeks pergerakan pasar yang tercatat di BEI. Dengan melihat IHSG, maka investor bisa melihat kondisi saham di pasar saham secara menyeluruh, serta tentunya real time. Jadi, investor tidak perlu menganalisis saham di pasar saham satu per satu. 

  1. Tolak Ukur Kinerja Portofolio 

IHSG juga memiliki fungsi sebagai tolak ukur kinerja portofolio saham. Dengan adanya IHSG, maka Smart People bisa menentukan apakah portofolio saham yang Smart People miliki sudah tergolong baik atau mungkin masih banyak perbaikan yang harus dilakukan pada portofolio tersebut. Alhasil, Smart People pun bisa terbantu dalam menyusun portofolio yang lebih baik nantinya. 

  1. Acuan dalam Melakukan Investasi 

Mengingat IHSG merupakan gambaran dari kondisi pasar saham secara keseluruhan, maka tidaklah mengherankan jika IHSG juga berfungsi sebagai acuan bagi investor dalam melakukan investasi. Dari grafik berisikan pergerakan keseluruhan saham yang ada di pasar saham tersebut, investor bisa terbantu dalam menentukan untuk membeli ataupun menjual saham yang dimilikinya. 

  1. Cerminan Perkembangan Kondisi Ekonomi Negara 

IHSG tidak sekadar digunakan untuk kebutuhan investasi atau trading saham saja. Lebih dari itu, IHSG juga berfungsi sebagai cerminan perkembangan kondisi ekonomi negara. Melalui IHSG, bisa diketahui bagaimana kondisi aliran modal, pertumbuhan ekonomi negara, hingga penerimaan pajak negara. Saat investasi semakin tinggi, maka aliran modal pun juga akan semakin besar. 

Apa Saja Komponen IHSG? 

Perhitungan IHSG dilakukan memakai cara yang sama dalam menghitung indeks bursa saham lainnya di dunia, yakni menggunakan rata-rata berimbang berdasarkan jumlah saham di bursa atau market value weighted average index. Berdasarkan cara atau rumus perhitungan IHSG ini, terdapat 2 komponen yang dilibatkan dalam perhitungan IHSG, yakni nilai dasar dan nilai pasar. 

Nilai dasar merujuk pada kumulatif jumlah saham pada hari dasar, lalu dikali dengan harga pada hari dasar tersebut. Sedangkan nilai pasar sendiri merupakan kumulatif jumlah saham yang tercatat, lalu dikalikan dengan harga pasar. Hasil perbandingan antara nilai dasar dan nilai pasar ini nantinya dikalikan dengan 100, untuk mendapatkan hasil akhir dari perhitungan IHSG. 

Bagaimana Cara Memprediksi IHSG

Pergerakan atau naik turunnya IHSG sifatnya begitu penting bagi para investor maupun trader saham. Pasalnya, pergerakan pada IHSG akan bisa dijadikan sebagai acuan dalam menentukan tindakan atau keputusan yang nantinya diambil terkait investasi atau trading yang dilakukan. Makanya, tidak heran jika para investor berupaya untuk memahami cara memprediksi IHSG tersebut. 

Salah satu cara memprediksi IHSG ataupun indeks saham secara keseluruhan adalah menggunakan MA (Moving Average). MA ini merupakan alat analisis teknikal yang menghasilkan data harga dengan cara menghadirkan harga rata-rata yang diperbaharui secara konstan. Harga rata-rata bisa didapatkan dari perhitungan harga pada periode waktu yang dipilih investor. 

Lantas, apa yang harus dilakukan saat mendapatkan hasil prediksi IHSG tersebut? Pada saat IHSG diprediksi akan mengalami penurunan, beberapa tindakan yang biasa direkomendasikan adalah hold atau menyimpan saham dan cut loss atau menjual saham agar harganya tidak makin turun. Sedangkan saat IHSG diprediksi naik atau menguat, umumnya investor melakukan pembelian saham. 

Pun begitu, ada baiknya tindakan yang dilakukan berdasarkan prediksi IHSG tersebut, disesuaikan dengan rencana investasi atau trading. Jadi, Smart People pun tidak terbawa emosi sesaat, saat memprediksi IHSG naik atau turun. Pertimbangkan segala tindakan dengan matang, agar investasi saham yang dilakukan bisa mendatangkan imbal hasil yang diinginkan.  

Koleksi Saham Incaran via RHB Tradesmart ID 

IHSG memungkinkan Smart People untuk lebih mudah melihat pergerakan harga saham secara bersamaan. Jika sudah menemukan saham incaran, Smart People bisa memutuskan untuk langsung mengoleksinya. Agar proses menjual dan membeli saham nantinya bisa lebih mudah dan ekonomis, Smart People bisa gunakan aplikasi trading dan investasi saham, RHB Tradesmart ID. 

RHB Tradesmart ID merupakan pilihan yang tepat bagi para investor dan trader saham, terkhusus bagi para pemula. Dengan fitur Smart Analyzer yang dimilikinya, Smart People bisa dibantu dalam menganalisis saham. Biaya transaksi dan investasi secara keseluruhan pun akan lebih hemat di kantong, karena RHB Tradesmart ID punya fitur Smart Rate dan Smart Fee. 

Tunggu apa lagi, yuk koleksi saham incaran Smart People dengan menggunakan RHB Tradesmart ID. Smart People bisa unduh aplikasi RHB Tradesmart ID di smartphone, lalu manfaatkan semua fitur unggulannya. 

Sumber: 

Sikapi Uangmu OJK. (2022, September 15). APA ITU IHSG? YUK KENALI INDEKS SAHAM IHSG. Sikapi Uangmu OJK. Diakses pada tangga; 16 Agustus 2023 melalui https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/40770

Mitchell, Cory. (2022, Maret 15). Trend Trading: The 4 Most Common Indicators. Investopedia.  Diakses pada tanggal 16 Agustus 2023 melalui https://www.investopedia.com/articles/active-trading/041814/four-most-commonlyused-indicators-trend-trading.asp

Risna. (2023, Mei 24). Mau Investasi Saham? IHSG Adalah Informasi Penting untuk Diketahui! Jurnal.id. Diakses pada tanggal 16 Agustus 2023 melalui https://www.jurnal.id/id/blog/mau-investasi-saham-ihsg-adalah-informasi-penting-untuk-diketahui/

Yusuf, Mohammad Yan. (2022, April 18). Lima Fungsi IHSG untuk Investasi Saham. IDX Channel. Diakses pada tanggal 16 Agustus 2023 melalui https://www.idxchannel.com/milenomic/lima-fungsi-ihsg-untuk-investasi-saham

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal