<< Back

Tertarik? Ini 7 Emiten Saham di Sektor Ritel Indonesia

Emiten Ritel

Sejumlah emiten ritel yang mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) memberikan lebih banyak pilihan bagi para investor. Saham ritel sendiri cukup menarik mengingat potensi pertumbuhan bisnis ritel yang tinggi.

Lalu, saham apa yang potensial untuk dijadikan pilihan investasi? Berikut beberapa daftar saham dari sektor ritel yang ada di pasar modal tanah air.

Definisi Emiten Ritel

Emiten atau perusahaan ritel pada dasarnya adalah perusahaan yang menjual produk secara eceran atau satuan. Bisnis ini menjual barang atau jasa langsung kepada para konsumen untuk keperluan pribadi atau rumah tangga.

Dengan kata lain, produk yang dijual ditujukan untuk konsumen akhir dan bukan untuk dijual kembali. Perusahaan ritel atau pedagang eceran ini terbagi menjadi dua kategori yaitu konvensional dan online.

Perusahaan Ritel Konvensional

Kategori ini berlaku bagi perusahaan ritel yang memiliki toko fisik untuk menyimpan dan menjual produk-produknya. Contohnya seperti minimarket, supermarket, restoran, toko pakaian dan sejenisnya.

Perusahaan Ritel Online

Sedangkan untuk perusahaan ritel online menjual produk atau layanan melalui internet. Contohnya adalah toko online dan e-commerce.

Sektor ritel ini cukup menarik bagi investor karena menunjukan potensi pertumbuhan yang positif. Industri ritel di tanah air juga terus berkembang dan beradaptasi dengan perubahan kebutuhan dan gaya hidup masyarakat yang semakin beragam.

Daftar Emiten Ritel Terkemuka

Sektor ritel mencakup perusahaan yang memiliki bisnis dari jaringan toko, minimarket, supermarket, hingga pusat perbelanjaan modern lainnya. Berikut ini beberapa emiten sektor ritel Indonesia ternama dengan daftar sahamnya yang terdaftar di BEI.

1. PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk

Ramayana dikenal sebagai salah satu department store atau toko perbelanjaan lengkap yang banyak dijumpai di berbagai kota di Indonesia. Bisnis yang dijalankan perusahaan ini meliputi penjualan produk jadi, produk kebutuhan sehari-hari, kosmetik, dan masih banyak lagi.

Dari bisnis ritel ini, Ramayana berhasil mendapatkan Rp 2,99 Triliun pada tahun 2022. Kode saham untuk Ramayana adalah RALS.

2. PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk

Perusahaan ini yang menaungi minimarket Alfamart di seluruh Indonesia. Perusahaan didirikan oleh Djoko Susanto dan menjadi salah satu perusahaan ritel dengan kapitalisasi pasar terbesar di BEI.

Kode saham emiten ini adalah AMRT yang harganya terus mengalami pertumbuhan. Pada awal semester 2023, AMRT berhasil mencatat laba bersih perusahaan mencapai Rp 1,6 Triliun.

3. PT Matahari Department Store Tbk

Belanja di Matahari sempat menjadi tren bagi masyarakat tanah air, terutama di area perkotaan. Bisnis ritel Matahari yang sempat diprediksi akan bangkrut ini ternyata berhasil eksis dan bertahan hingga sekarang.

Bakan Matahari sudah memiliki ratusan gerai yang ada di banyak kota di seluruh Indonesia. Emiten berkode LPFF ini fokus pada distribusi dan penjualan produk, mulai dari pakaian, peralatan rumah tangga, aksesori, dan produk sehari-hari.

4. PT Mitra Adiperkasa Tbk

Perusahaan ritel dengan kode saham MAPI ini cukup banyak diincar oleh investor. Hal tersebut tidak terlepas dari potensi dividen yang dibagikan MAPI. Seperti pada tahun 2023 yang membayar dividen kepada para pemegang saham dengan nilai tunai mencapai Rp 132.316.907.200.

Jaringan bisnis perusahaan ini cukup banyak dan sebagian besar adalah toko dengan merk internasional. Sebut saja Starbucks, Zara, dan Sepora yang dikendalikan oleh Mitra Adiperkasa.

5. PT Ace Hardware Indonesia Tbk

Ace dikenal sebagai salah satu toko perlengkapan rumah tangga dan berbagai produk gaya hidup. Perusahaan yang sudah memiliki 129 gerai ini juga tercatat di bursa dengan kode ACES.

6. PT Midi Utama Indonesia Tbk

Perusahaan ini mengelola Alfamidi yang masih berkaitan dengan AMRT atau Alfamart. Alfamidi pernah mencatat laba bersih sekitar Rp 8,65 Triliun pada semester I 2023 lalu. Perusahaan menjual sahamnya kepada publik dengan kode MIDI.

7. PT Hero Supermarket Tbk (HERO)

Salah satu perusahaan ritel terbesar di Indonesia adalah Hero Supermarket. Perusahaan ini tidak hanya menjalankan bisnis melalui Hero, tetapi juga beberapa supermarket seperti Guardian dan Ikea. Perusahaan dengan kode saham HERO ini berhasil mencatat laba bersih mencapai Rp 152 Miliar pada tahun lalu.

Kinerja Saham Emiten Ritel

Selama kuartal I 2024 ini, saham dari emiten ritel masih dinilai positif dengan sebagian besar mengalami kenaikan pendapatan atau laba. Salah satunya adalah PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) yang pendapatannya naik 17,8% yoy (year on year) dengan mengantongi sebanyak Rp 8.78 Triliun.

Kemudian, ada PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) yang mencatat laba bersih perusahaan sebesar Rp 1,95 Triliun. Pendapatan bersih tersebut menjadi yang tertinggi dengan kenaikan 17,20% yoy.

Pertumbuhan sektor ritel ini disebabkan oleh banyak faktor, seperti musim lebaran yang hadir pada semester I 2024. Selain momen lebaran, ada juga imlek yang membuat bisnis ritel terus ramai.

Penjualan dan laba bersih perusahaan yang positif membuat kinerja saham sektor ritel tumbuh signifikan pada kuartal I tahun ini. Saham ritel diprediksi bisa tumbuh positif hingga akhir tahun nanti.

Jadi, emiten sektor ritel Indonesia masih layak untuk dipantau bagi Smart People yang ingin berinvestasi. Bagaimana cara membeli saham ritel? Download aplikasi RHB Tradesmart ID di Play Store dan App Store, lalu daftar akun dan mulai berinvestasi.

Referensi:

Rizki Dewi Ayu. 2023. “Daftar Saham Perusahaan Retail Terbesar di Indonesia yang Terdaftar di BEI”. Tempo.co

Pulina Nityakanti. 2024. “Kinerja Meningkat di Kuartal I 2024, Simak Rekomendasi Saham Emiten Ritel Ini”. Kontan.co.id

Rivan Kurniawan. 2023. “Saham Retail? Temukan Di Sini Strateginya!”. Rivankurniawan.com

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal