<< Back

Ternyata, Orang Terkaya di Dunia Bukan Lagi Perusahaan Teknologi!

Daftar orang terkaya di dunia memang menjadi topik yang menarik untuk dibahas. Setiap tahunnya diumumkan daftar orang terkaya dengan berbagai latar belakang bisnis. Bos-bos dari perusahaan teknologi menjadi yang paling banyak mengisi daftar ini.

Industri teknologi memang mendominasi, sebut saja Bill Gates, Jeff Bezos, dan yang belakangan ini mulai terkenal yaitu Elon Musk. Smart People mungkin sudah mendengar nama Bill Gates yang selalu masuk dalam jajaran nama orang-orang terkaya di dunia.

Meski sudah tidak berada di puncak, Bill Gates memiliki kekayaan fantastis mencapai USD 106,4 juta. Tidak kalah populer, ada Jeff Bezos yang merupakan pendiri Amazon. Kekayaannya disebut-sebut mencapai USD 113,8 juta atau sekitar Rp 1.782 triliun.

Juga ada Elon Musk yang terkenal sebagai pemilik Tesla, SpaceX, dan baru-baru ini Twitter. Elon Musk memiliki kekayaan USD 146,5 miliar atau Rp 2.284 triliun. Eits, di atas Elon Musk ternyata ada nama yang menjadi orang terkaya di dunia. Siapa? Bernard Arnault adalah orangnya.

Orang Terkaya di Dunia – Bernard Arnault & Family

Melansir situs Forbes, Bernard Arnault berhasil menggeser posisi Elon Musk dan menjadi orang terkaya di dunia dengan total kekayaan USD 197,6 miliar atau sekitar Rp 2.864 triliun. Perubahan posisi ini karena harga saham Tesla yang merosot pada penutupan perdagangan 12 Desember 2022.

Saham Tesla terus anjlok sejak Elon Musk berinvestasi di Twitter sehingga posisi pertama orang terkaya pun diisi oleh Bernard Jean Etienne Arnault yang ternyata bukan dari kalangan pengusaha teknologi lho.

Selain itu, Bernard Arnault bukan berasal dari Amerika tetapi beliau merupakan pengusaha dan kolektor seni dari Prancis. Namanya besar dengan perusahaan miliknya yaitu Louis Vuitton Moët Hennessy (LVMH). Smart People mungkin mengenal perusahaan ini sebagai produsen brand fashion luxury terbesar di dunia.

Arnault bukan orang kaya baru, meski namanya mungkin tidak sefamiliar bos perusahaan teknologi. Sudah sejak tahun 2015 nama Arnault masuk dalam daftar 10 besar miliarder versi Forbes. Fokus dengan bisnis barang mewah sudah dilakoni sejak tahun 1984. Kini, LVMH yang dipimpin oleh Bernard Arnault mengelola 70 brand luxury sekaligus.

  • Louis Vuitton
  • Gucci
  • Fendi
  • Christian Dior
  • Stella McCartney
  • Sephora
  • Tiffany & Co
  • Dan lain-lain

Selain bisnis fashion bermerek, Arnault juga memiliki perusahaan yang bergerak di sektor penjualan kosmetik, parfum, perhiasan hingga champagne dan wine.

Karir Arnault di dunia bisnis dimulai sejak ia bergabung dengan perusahaan ayahnya. Setelah menyelesaikan pendidikan teknik, Arnault mulai bekerja dengan perusahaan konstruksi milik ayahnya tersebut.

Pada 1976, Arnault dan ayahnya mulai berbisnis di sektor real estate hingga akhirnya menggantikan sang ayah sebagai presiden perusahaan pada 1979. Di tahun 1984, Arnault berhasil mengakuisisi Boussac Saint Freres yang menaungi merek ternama yaitu Christian Dior.

Empat tahun setelahnya, Arnault berhasil membeli saham di LVMH. Sepak terjangnya yang berani membeli saham besar di perusahaan ini berhasil mengantarkannya mengisi deretan miliarder dunia.

Total Kekayaan Bernard Arnault

Bernard Arnault memiliki 45% kepemilikan saham di LVMH yang membuatnya menjadi salah satu konglomerat yang mampu menggeser posisi Elon Musk. Forbes mengungkapkan mengenai kenaikan laba perusahaannya yang sangat signifikan pada paruh pertama 2022.

LVMH berhasil menorehkan kenaikan laba perusahaan mencapai 5,29 miliar Euro atau sekitar Rp 89 triliun. Angka ini meningkat dari laba yang diperoleh pada tahun 2022 yang tercatat hanya 522 juta Euro. Diketahui bahwa perusahaan LVMH ini menaungi ribuan toko di seluruh dunia dengan nilai pasar lebih dari 365,7 miliar Euro.

Harga saham LVMH juga meroket karena pasar yang sangat bagus. Permintaan terhadap barang-barang fashion mewah terutama di kawasan Eropa, Amerika Serikat, dan Asia ikut mempengaruhi kenaikan saham LVMH.

Kinerja saham LVMH bergerak positif dalam beberapa bulan terakhir. Bahkan saham ini telah melesat hingga 87,7% dalam setahun terakhir. Apakah Smart People tahu berapa harga per lembarnya dari saham LVMH?

Harga saham LVMH dibanderol 697,4 Euro per lembar yang jika di-Rupiah-kan kurang lebih Rp 11,78 juta. Peningkatan harga sahamnya ini membuat pundi-pundi Arnault semakin banyak menandingi Elon Musk.

Kekayaan Arnault berdasarkan analis pajak, dividen, dan kontribusi amal, bernilai 10,3 miliar dolar AS berupa uang dan aset lainnya. Indeks Bloomberg memperkirakan kekayaan Arnault sebagian besar ada di Christian Dior dengan kepemilikan saham sebanyak 97,5 persen.

Bagaimana, fantastis bukan total kekayaan para konglomerat dunia ini? Kebanyakan dari mereka memang memiliki saham dengan kepemilikan yang cukup besar.

Smart People pun kini bisa belajar trading saham, caranya dengan menggunakan aplikasi RHB Tradesmart dari RHB Sekuritas. Apalagi ada promo Smart Rate dan Smart Fee yang akan membuat transaksi trading saham menjadi lebih hemat.

Promo Smart Rate memberikan bunga margin menarik yaitu 0,025% per hari. Sedangkan promo Smart Fee dari RHB menawarkan biaya trading yang murah yaitu 0,18% untuk jual dan 0,08% untuk beli.

Smart People dapat menikmati promo Smart Rate dan Smart Fee karena promo ini diperpanjang hingga Juni 2023. Segera download aplikasi RHB Tradesmart ID di Play Store dan App Store untuk trading saham yang mudah dengan berbagai promo menarik.

Referensi:

Bisnis.com. 2022. “Daftar Orang Terkaya di Dunia Versi Forbes 2022, Elon Musk Teratas dengan Kekayaan Rp 3.430 Triliun”. Tempo.co.

Jaringan Prima. 2021. “Bernard Arnault: Pengusaha Fashion, Orang Terkaya Di Dunia. Jaringanprima.co.id.

Intan Rakhmayanti Dewi. 2022. “6 Dari 10 Orang Terkaya Dunia Tajir dari Bisnis Teknologi”. CNBC Indonesia.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal