<< Back

Ternyata Inilah Perbedaan Waran Call vs Waran Put

Waran Call

Tahun 2022 menjadi salah satu tahun penting dalam dunia investasi saham online dengan diluncurkannya produk investasi terbaru dari Bursa Efek Indonesia (BEI), yakni waran terstruktur. Waran ini memiliki dua tipe, yakni call warrant (waran call) dan put warrant (waran put). Ada pun yang diterbitkan di tahun ini adakah waran call. Waran seperti apakah itu dan bagaimana perbedaannya?

Mengenal Waran Call dan Waran Put

Sebagai bagian dari waran terstruktur, waran call dan waran put sejatinya memiliki peran yang cukup penting. Keduanya merupakan dua jenis waran terstruktur di mana waran tersebut merupakan efek yang diterbitkan oleh pihak ketiga (sekuritas) yang memberikan hak kepada pembeli untuk menjual atau bahkan membeli suatu underlying securities pada harga dan jangka waktu yang sudah ditentukan.

1. Waran Call

Jika ditelisik lebih jauh, sejatinya waran call merupakan hak pembelian saham. Fungsi dari waran ini yakni untuk mengunci harga beli sehingga ketika harga saham sedang naik, maka investor dapat membelinya pada harga yang jauh lebih murah.

Dengan kata lain, kita membeli call warrant ketika pasar sedang bullish sehingga investor berhak membelinya pada harga di bawah pasar. Nilai waran ini akan meningkat ketika aset underlying sedang dalam keadaan naik.

Sebagai contoh, katakanlah Smart People yang sedang belajar investasi saham yakin bahwa saham X akan meningkat menjadi Rp1.100 meskipun saat ini diperdagangkan pada angka Rp1.000. Smart People dapat memutuskan untuk membeli saham di angka Rp1.000 per saham dengan waran call di bawah Rp800 atau sebagian kecil dari harga saham X untuk mendapatkan pergerakan saham tersebut.

Asumsinya, saham X bergerak ke harga Rp1.100 sehingga ada kenaikan sebesar 10%. Akan tetapi, jika Smart People membeli waran call saham X tersebut dan sahamnya meningkat menjadi Rp1.100, maka waran call akan meningkat sekitar 37,5% dari Rp800 ke Rp1.100. Dengan demikian, nilai ini naik sekitar 3 kali lipat dari pergerakan harga saham itu sendiri.

2. Waran Put

Singkatnya, put warrant pada investasi saham online diberikan ketika nilainya meningkat padahal underlying sedang turun. Waran put ini bisa menjadi instrumen yang Smart People butuhkan apabila mengalami bearish dan ingin mendapat hasil dari pergerakan yang turun tersebut.

Sebagai gambaran, Smart People yang menjadi investor akan yakin bahwa saham X kemungkinan turun harga di periode mendatang sehingga Smart People dapat membeli waran put saham X tersebut untuk mendapatkan imbal hasil sesuai dengan prediksi.

Ambil contoh harga saham X awalnya Rp10.000 kemudian jatuh ke angka Rp9.000 sehingga penurunannya sekitar 10%. Apabila investor sudah membeli waran call atas saham X, maka waran put malah akan meningkat.

Perbedaan Kedua Waran

Waran terstruktur, baik waran call dan waran put sejatinya juga memiliki sejumlah perbedaan. Berikut beberapa perbedaan mendasar yang bisa diketahui.

1. Manfaat kepada investor

Tipe waran call memberikan manfaat kepada para investor sewaktu pasar ada dalam keadaan bullish. Berbeda halnya dengan waran put sebagai hak menjual saham sehingga manfaatnya akan dirasakan jika pasar dalam keadaan bearish.

2. Animo masyarakat

Sejatinya, waran call memiliki transaksi yang tidak jauh berbeda dengan waran yang sudah ada selama ini. Tentunya, hal ini membuat animo masyarakat akan terlihat lebih nyata karena setidaknya sudah melalui langkah-langkah yang tepat. Pengeluaran tipe ini juga dapat mendukung pergerakan IHSG supaya semakin naik.

Alhasil, pihak BEI pun saat ini masih meluncurkan waran call karena sesuai dengan minat investor yang cukup tinggi. 

Investasi Saham Bersama Smart Rate RHB

Bicara mengenai investasi saham pemula tentu tidak dapat terlepas dari aplikasi saham online yang banyak beredar di sekitar kita saat ini. Smart People tentu saja wajib memilih aplikasi RHB Tradesmart ID yang mempunyai berbagai fitur untuk mendukung aktivitas investasi.

Adapun salah satu fitur yang dimaksud yakni Smart Rate. Melalui fitur ini, investor akan mendapatkan pinjaman transaksi hingga sebesar 1,65 kali dari total setoran atau saham yang ada di portofolio. Untuk mendapatkannya, pastikan Smart People sudah memiliki rekening atau akun margin.

Bunga margin dari RHB Sekuritas sejatinya sangat rendah, bahkan termasuk hanya 9% per tahun atau 0.025% per hari. Ada pun di market sekarang ini, pasaran bunga  mencapai 15 sampai 18 persen per tahun.

Fitur yang sangat berguna ini tentu saja menjadi salah satu cara meningkatkan peluang imbal hasil yang lebih besar. Bahkan, bunga margin tersebut akan ditagihkan di awal bulan berdasarkan jumlah pemakaian. Jika Smart People tidak menggunakan limit margin tersebut, tentu saja akan semakin hemat.Itulah beberapa penjelasan mengenai waran call dan waran put yang sejatinya sangat berguna untuk mendukung aktivitas investasi saham online. Supaya lebih paham, ada baiknya bisa langsung praktekkan di aplikasi RHB Tradesmart ID yang bisa di-download lewat Play Store atau App Store. Yuk segera dicoba!

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal