<< Back

Ternyata Ini Peran Perusahaan Sekuritas dalam Meningkatkan Inklusi Keuangan di Indonesia

Inklusi Keuangan

Smart People, pernahkah mendengar istilah inklusi keuangan? Sejatinya, istilah ini sudah banyak dikenal oleh berbagai kalangan, terutama yang sering berhubungan dengan bidang ekonomi. Istilah ini mungkin terbilang umum jika dibandingkan dengan aktivitas investasi saham online meski sejatinya saling berhubungan satu sama lain.

Mengenal Seluk Beluk Inklusi Keuangan

Sejatinya, belum ada definisi yang benar-benar baku dari keuangan inklusi ini. Meski demikian, inklusi keuangan dapat diartikan sebagai ketersediaan akses masyarakat terhadap berbagai lembaga, produk, hingga layanan jasa keuangan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

Bank Dunia pun pernah mendefinisikan inklusi keuangan sebagai akses masyarakat terhadap berbagai produk dan layanan jasa keuangan dengan manfaat dan jangkauan yang luas dalam memenuhi kebutuhan transaksi, pembayaran, tabungan, hingga kredit dan asuransi.

Selain kebutuhan dasar dalam kepemilikan tabungan, inklusi keuangan juga dapat membuat masyarakat yang mempunyai kapasitas lebih memiliki berbagai produk dan layanan keuangan lain yang lebih kompleks. Adapun contohnya seperti asuransi, program pension, bahkan belajar investasi saham.

Dari definisi tersebut dapat diketahui jika dalam inklusi keuangan, diperlukan unsur yang berperan penting seperti akses, ketersediaan produk dan layanan jasa keuangan, hingga penggunaan yang berkualitas. Dengan demikian, diharapkan dapat mengurangi jumlah masyarakat yang belum mempunyai akses layanan perbankan seperti rekening tabungan.

Adanya inklusifitas keuangan pasti akan menimbulkan berbagai manfaat, mulai dari efisiensi ekonomi yang meningkat, stabilnya sistem keuangan, hingga mengurangi kesenjangan pada masyarakat. Pada akhirnya, hal ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menurunkan tingkat kemiskinan.

Program Investasi untuk Inklusi Keuangan

Apakah Smart People menyadari, dengan belajar saham pemula saja ternyata kita juga telah mendukung inklusi keuangan menjadi lebih baik, lho. Mengapa demikian, tentu saja karena investasi saham ini menggunakan produk dan layanan dari jasa perbankan (sekuritas).

Sebagai sebuah aplikasi perdagangan dan investasi saham, para nasabah tentu akan mendapat banyak manfaat positif, baik yang masih pemula maupun yang sudah berpengalaman sekalipun. Apalagi, ada beberapa fitur aplikasi sekuritas yang memungkinkan para nasabah dalam melakukan berbagai kegiatan keuangan dalam satu aplikasi.

Salah satu indikator suksesnya inklusi keuangan dapat dilihat dari banyaknya rekening yang terbit hingga naiknya intensitas jual beli suatu instrumen investasi dalam periode tertentu. Artinya, semakin banyak masyarakat yang menggunakan produk dan layanan keuangan dari pihak sekuritas.

Aplikasi sekuritas akan senantiasa memudahkan para nasabah dalam membuka rekening, melakukan transaksi jual-beli saham, maupun melakukan pengelolaan dana secara penuh melalui aplikasi dengan teknologi yang modern.

Berbagai analisis pendukung juga dapat dilakukan untuk memudahkan pengambilan keputusan secara langsung, baik ketika melakukan trading hingga investasi saham online. Mulai dari analisis fundamental untuk Smart People yang ingin berinvestasi saham, hingga analisis teknikal untuk memudahkan keputusan trading.

Fitur Pendukung Inklusi Keuangan dari RHB

Untuk mendukung program peningkatan inklusi keuangan melalui instrumen investasi, Smart People dapat menggunakan sebuah aplikasi sekuritas. Aplikasi ini memang dimiliki oleh perusahaan sekuritas yang bertugas membantu para investor maupun trader dalam menjalankan aktivitas jual-beli dan simpanan jangka panjang yang diinginkannya.

Salah satu aplikasi yang banyak direkomendasikan yakni RHB Tradesmart ID. Aplikasi ini sudah dikenal lama sebagai salah satu aplikasi sekuritas dengan berbagai fitur dan kemudahan untuk berinvestasi saham maupun menjalankan aktivitas trading secara mobile dari mana saja dan kapan saja. Berikut beberapa fitur yang tersedia pada RHB untuk mendukung inklusi keuangan.

1. Aplikasi yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan bunga margin murah

Buat Smart People yang ingin berinvestasi dengan aplikasi sekuritas, sudah saatnya memilih aplikasi RHB Tradesmart ID. Aplikasi yang terdaftar resmi di OJK maupun badan yang terkait pengawasan pasar modal. Dengan demikian, keamanan dan kredibilitas aplikasi ini sudah dijamin terjaga.

Biaya yang dibebankan juga tidak semahal aplikasi lainnya. Apalagi dengan adanya fitur terbaru bernama Smart Rate dimana bunga margin di aplikasi RHB hanya dikenakan 9% pertahun. Bunga tersebut tentu lebih murah jika dibandingkan bunga pasar pada umumnya yang mencapai 15-18%!

2. Adanya layanan syariah

Kelebihan lainnya yakni adanya layanan berbasis syariah sehingga setiap investor bisa mendapat pilihan saham yang sesuai dengan kaidah dan aturan MUI. Smart People juga bisa menggunakan aplikasi syariah tersebut dengan fitur-fitur yang tidak kalah menarik.

3. Fitur ARO yang ringan

Ada juga fitur ARO (Assisted Robo Optimization) yang sudah menjadi ciri khas RHB Tradesmart ID sejak lama. Fitur ini dikembangkan sedemikian rupa dengan tujuan untuk membantu para investor dalam menjalankan berbagai transaksi saham yang diinginkan.

Terdapat tiga layanan yang tersedia, mulai dari ARO Signal untuk mengetahui saham yang sedang tren, ARO Library untuk indikator trading plan, hingga ARO Technical untuk pengambilan keputusan. Semuanya bisa dijalankan secara maksimal tanpa khawatir terjadi lag atau error pada aplikasi.Nah, jika Smart People ingin menikmati berbagai fitur tersebut, segera download aplikasi RHB Tradesmart ID melalui Play Store atau App Store. Jangan lewatkan berbagai kemudahan untuk investasi saham online dengan hasil yang maksimal. Selamat mencoba! Bagi yang ingin mencari tahu tentang waran terstruktur, Anda bisa mengunjungi laman RHB Waran Terstruktur.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal