<< Back

Ternyata Ini Cara Membeli Saham Menggunakan RHB ARO

Trading saham kini menjadi sebuah aktivitas yang sudah banyak dilakukan oleh berbagai pihak, baik yang sudah dewasa bahkan yang masih di usia muda. Aktivitas ini lebih banyak dijalankan dengan cara jual-beli saham di aplikasi trading saham sehingga akan memunculkan imbal hasil yang maksimal.

Ketika memutuskan untuk melakukan trading saham, tentunya Smart People harus memahami cara-cara dan langkah pembelian hingga penjualan saham. Buat Smart People yang masih pemula, tentu akan cukup kebingungan dengan hal tersebut. Oleh karenanya, berikut beberapa cara dan tahapan pembelian saham yang bisa dilakukan melalui aplikasi RHB Tradesmart.

Trading saham secara online bisa dilakukan secara lebih maksimal dengan menggunakan aplikasi yang tepat. Aplikasi yang bisa digunakan salah satunya adalah RHB Tradesmart yang memiliki fitur ARO (Assisted Robo Optimization). Fitur ARO memiliki fungsi yang detail untuk membantu trader dalam menjalankan aktivitasnya.

Dengan adanya fitur ini, ARO dapat memberikan notifikasi secara real time mengenai perkembangan saham apa saja yang sedang tren. Dengan adanya bantuan ARO, tentunya diharapkan pengguna aplikasi RHB ini mampu mengoptimalkan transaksi trading saham.

Secara garis besar, penggunaan ARO ini sangat mudah. Smart People bahkan bisa menggunakannya secara langsung melalui handphone. Lebih rinci nya, sejumlah langkah secara detail yang sebaiknya Smart People lakukan adalah sebagai berikut.

1. Memastikan waktu yang tepat untuk membeli

Kegiatan trading di aplikasi trading saham adalah kegiatan jual-beli saham di pasar saham. Biasanya, pasar saham juga memiliki jam dagangnya sendiri, misalnya pada hari Senin – Jumat dan dibagi menjadi 2 sesi.

Adapun sesi yang dimaksud seperti Senin-Kamis dilakukan pada pukul 09.00 sampai 12.00 WIB dan 13.30 sampai 15.49 WIB. Kemudian pada Jumat biasanya pada 09.00 sampai 11.30 WIB dan kemudian dilanjutkan 14.00 sampai 15.49 WIB.

Dengan memilih waktu yang tepat untuk melakukan pembelian saham, tentu Smart People tidak akan ketinggalan mendapatkan harga yang sesuai. Bahkan waktu-waktu tersebut bisa jadi dapat memberikan imbal hasil yang lebih optimal.

2. Melakukan registrasi di aplikasi RHB Tradesmart

Setelah memastikan waktu pembelian saham yang diinginkan, tentu Smart People harus mendownload terlebih dahulu aplikasi RHB Tradesmart terlebih dahulu. Setelah download aplikasi tersebut, isi form registrasi atau e-form dengan menyiapkan beberapa data terkait.

Adapun data yang dimaksud seperti KTP, NPWP, foto selfie, dan pengisian beberapa data pada form di aplikasi tersebut. Berikut beberapa langkah registrasi pada aplikasi saham online RHB yang harus dilakukan.

  • Buka aplikasi RHB Tradesmart ID with ARO
  • Isi data diri yang diminta, klik Submit
  • Secara berkala, pihak admin RHB Tradesmart akan melakukan verifikasi data

3. Melakukan aktivasi RDN

Selanjutnya melakukan aktivasi pada rekening dana nasabah (RDN). Aktivasi rekening dana ini bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut.

  • Setelah verifikasi berhasil, Smart people akan mendapatkan file PDF yang akan dikirimkan ke alamat email yang terdaftar
  • Print file tersebut
  • Serahkan form tersebut ke kantor pusat atau kantor cabang RHB terdekat
  • Akan dilakukan proses pembuatan SID & RDN selama maksimal 7 hari kerja
  • Smart People akan menerima email notifikasi untuk transfer data ke RDN
  • User ID dan Password juga akan dikirimkan ke email
  • Aktivasi dan verifikasi data akan dilakukan melalui tim yang akan menghubungi Smart People
  • Jika semua awalan cara membeli saham sudah siap, maka akun trading Smart People bisa mulai digunakan untuk bertransaksi

4. Mulai menentukan saham mana yang akan dibeli

Setelah semua data dan akun aplikasi trading sudah lengkap, Smart People bisa mulai menentukan saham mana yang akan dibeli. Ada baiknya jika Smart People memilih indeks saham yang sudah tercatat pada Bursa Efek Indonesia (BEI). Pilih saham dengan kode LQ45 atau IDX30 yang dikenal mempunyai likuiditas tinggi dan kualitas perusahaan terbaik.

Selanjutnya, hubungi pihak broker pada aplikasi RHB untuk mulai melakukan pembelian saham. Tentunya, dengan perantara tersebut akan ada sejumlah biaya yang diwajibkan. Pilihlah yang memang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Smart People.

Jangan lupa juga mengecek berapa biaya yang dibutuhkan untuk pembelian saham tersebut. Ada baiknya jika Smart People memilih saham-saham potensial dengan persentase biaya yang lebih rendah. Gunanya tentu untuk memastikan imbal hasil yang diberikan lebih maksimal.

Smart People juga perlu membuat rencana periode trading. Misalnya dibagi menjadi jangka panjang serta pendek. Trading jangka panjang memang memiliki peluang hasil yang lebih cepat, namun resikonya bisa lebih besar. Begitu pula sebaliknya, trading jangka panjang bisa memiliki peluang hasil yang besar meskipun resikonya bisa sepadan.

Itulah beberapa tips dan cara melakukan pembelian saham melalui aplikasi trading saham seperti RHB ARO. Tidak perlu khawatir dengan pembelian yang dirasa rumit karena dengan aplikasi RHB ini, Smart People dapat menjalankannya secara langsung.

Nah, untuk bisa langsung mempraktikkannya, yuk segera download aplikasi RHB Tradesmart di Play Store atau App Store untuk mulai bertransaksi jual beli saham secara online. Selamat mencoba!

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal