<< Back

Ternyata Ini Cara Membeli Saham dengan Harga Semurah Beli Kopi!

Ternyata Ini Cara Membeli Saham dengan Harga Semurah Beli Kopi!

Tidak bisa dipungkiri kalau masih banyak orang-orang yang salah kaprah dengan investasi saham. Pasalnya, tidak sedikit yang menganggap kalau saham merupakan instrumen investasi yang mahal, sehingga hanya orang-orang berduit saja yang bisa mengoleksinya. Padahal, 1 lot saham ada kok yang tersedia dengan harga puluhan ribu saja. Bagaimana cara membeli saham?

Dengan harga saham yang sebegitu terjangkaunya, tentu tidak berduit bukanlah lagi alasan untuk tidak memulai investasi. Apalagi bagi orang-orang yang selama ini menjalankan gaya hidup seperti harus ngopi di pagi hari, di mana harga secangkir kopi yang rutin dinikmatinya itu bisa dialihfungsikan untuk beli 1 lot saham. Penasaran gimana cara membeli saham yang murah ini? Berikut penjelasannya.

Ganti Kebiasaan Ngopi dengan Investasi Saham 

Tidak bisa dipungkiri kalau sekarang ini, ngopi sudah menjadi bagian dari keseharian rutin orang-orang di luar sana, terutama bagi para pekerja kantoran. Kehadiran kedai-kedai kopi, khususnya kedai kopi kekinian, membuatnya menjadi salah satu tempat menghabiskan uang bagi para penikmatnya di luar sana. 

Padahal, daripada menghabiskan uang untuk membeli secangkir kopi setiap harinya, lebih baik uangnya diinvestasikan agar bisa hemat dan mendatangkan pemasukan tambahan. Pasalnya, ada banyak pilihan saham yang dijual dengan harga yang relatif terjangkau, di mana 1 lot saham itu bisa dibeli dengan harga secangkir kopi yang harus dikeluarkan setiap harinya. 

Bayangkan saja, dengan perkiraan harga secangkir kopi Rp25.000, Smart People sudah bisa membeli 1 lot saham yang setara dengan 100 lembar saham. Jika uang untuk ngopi selama sebulan dialihkan untuk investasi saham, maka Smart People sudah bisa memiliki sekitar 30 lot saham di akhir bulan. 

Hal penting yang harus diingat adalah, murahnya harga saham bukan berarti saham itu tidak bagus untuk dikoleksi. Ada banyak saham-saham dengan harga terjangkau yang memiliki performa bagus di bursa saham. Jadi, daripada uang habis untuk beli secangkir kopi setiap hari, lebih baik diinvestasikan agar nantinya bisa dapat pemasukan tambahan. 

Cara Membeli Saham dengan Harga Secangkir Kopi  

Jika Smart People ingin memilih saham dengan harga secangkir kopi. Maka Smart People bisa pilih saham yang harganya setara atau di malah di bawah harga secangkir kopi yang kerap dibeli. Misalnya saja, jika harga secangkir kopi yang sering dibeli adalah Rp25.000, maka carilah saham yang harga 1 lot atau 100 lembarnya dijual dengan harga Rp25.000 atau mungkin di bawahnya. 

Saat memilih saham dengan harga secangkir kopi tersebut, pastikan Smart People juga mempertimbangkan bagaimana performa dari saham tersebut. Jadi, bukan hanya karena keterjangkauan harganya yang membuat saham itu jadi pilihan, namun juga karena bagusnya performa saham tersebut di bursa saham. 

Untuk mengetahui performa saham seharga secangkir kopi tersebut, analisislah terlebih dahulu hal-hal terkait saham tersebut, misalnya di sektor mana perusahaannya bergerak, produk apa yang dihasilkannya, riwayat pergerakan harganya, berikut dengan laporan keuangan dari perusahaan yang memungkinkan untuk melihat sehat atau tidaknya perusahaan tersebut. 

Jika sudah memiliki 1 lot saham seharga secangkir kopi dari satu sektor, Smart People bisa pilih saham dengan harga yang juga terjangkau dari sektor lainnya. Hal ini dilakukan untuk memastikan terdiversifikasinya saham yang dimiliki. Koleksilah saham yang dipilih dalam jangka waktu panjang, sehingga imbal hasil yang ingin didapatkan bisa diwujudkan.

Salah satu contoh saham dengan harga yang terbilang setara dengan harga secangkir kopi adalah emiten saham PT. Pelita Samudera Shipping Tbk (PSSI). Harga saham dari perusahaan penyedia solusi logistik dan transportasi laut untuk kebutuhan pertambangan batubara ini berada di angka Rp560 per hari ini. Jadi, jika saham PSSI dibeli 1 lot, maka uang yang dikeluarkan cukup Rp56.000 saja. 

Beli 1 Lot Saham Murah atau Saham Blue Chip

Saham murah memang begitu menggiurkan dari segi harga, namun jangan lupakan juga kalau ada opsi saham lain yang dari segi performanya sudah bagus, yakni saham blue chip. Saham blue chip merupakan saham dari perusahaan yang reputasinya bagus, kondisi finansialnya stabil, serta perusahaannya sudah lama bergerak di sektornya. 

Meskipun harganya tidak seterjangkau banyak saham dengan harga yang murah, namun ada juga kok saham blue chip yang dijual dengan harga ratusan rupiah per lembar sahamnya. Jadi, jika dibeli sebanyak 1 lot saham, biaya yang mesti dikeluarkan juga masih berada di angka puluhan ribu. Saham blue chip yang murah inilah yang kemudian bisa Smart People jadikan salah satu aset investasi. 

Pada situasi di mana Smart People ingin membeli saham blue chip dengan harga yang relatif lebih tinggi, seperti ribuan rupiah per lembarnya, mungkin Smart People bisa pilih untuk mengumpulkan uangnya terlebih dahulu. Jika uangnya sudah terkumpul, maka pembelian 1 lot saham blue chip tersebut bisa dilakukan, untuk kemudian jadi aset investasi jangka panjang. 

Beberapa saham blue chip dengan harga yang relatif terjangkau adalah seperti saham dari PT. Bukalapak.com Tbk (BUKA), PT. XL Axiata Tbk (EXCL), PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), dan PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP). Deretan saham yang masuk ke dalam indeks LQ45 di tahun ini berada di harga paling tinggi cuma belasan ribu saja per lembarnya. 

Cara Membeli Saham Seharga Secangkir Kopi via RHB Tradesmart ID 

Mengingat sekarang Smart People sudah tahu kalau dengan harga secangkir kopi bisa membeli 1 lot saham, mulailah investasi saham itu sesegera mungkin. Jika masih merasa ilmu investasi yang Smart People miliki terbatas, Smart People bisa gunakan RHB Tradesmart ID untuk mendukung aktivitas investasi saham Smart People sebagai pemula. 

RHB Tradesmart ID punya fitur Smart Analyzer yang bisa membantu Smart People menemukan saham berkualitas dengan harga secangkir kopi saja. Untuk memulai investasi saham via RHB Tradesmart ID juga terbilang murah kok, yakni dengan modal awal sebesar Rp100.000 saja. Melalui investasi saham, uang yang semula untuk membeli kopi, malah bisa jadi modal pemasukan tambahan. 

RHB Tradesmart ID adalah solusi bagi Smart People yang masih pemula di bidang investasi. Aplikasi investasi saham ini punya deretan fitur menarik dan unggul untuk mendukung aktivitas investasi, Yuk unduh aplikasinya sekarang!

Sumber: 

Sembiring, Lidya Julita. (2021, Januari 18). Begini Tips Pilah-pilih Saham Murah tapi Bagus. CNBC Indonesia. Diakses pada tanggal 4 Agustus 2023 melalui https://www.cnbcindonesia.com/mymoney/20210118133032-72-216838/begini-tips-pilah-pilih-saham-murah-tapi-bagus

Andrianto, Robertus. (2022, Juli 13). Ini Dia! Cara Investasi Saham Modal Rp 100 Ribu. CNBC Indonesia. Diakses pada tanggal 4 Agustus 2023 melalui https://www.cnbcindonesia.com/market/20220713115832-17-355252/ini-dia-cara-investasi-saham-modal-rp-100-ribu

Royal, James. & Davis, Chris. (2023, Januari 04). Want a Cheap Stock on the Rise? Start Your Search Here. NerdWallet. Diakses pada tanggal 4 Agustus 2023 melalui https://www.nerdwallet.com/article/investing/steps-to-finding-good-cheap-stocks

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal