<< Back

Ternyata Ini Cara Buat Watchlist Saham yang Berfaedah!

Watchlist Saham

-Imbal hasil dari trading atau investasi diperoleh dengan strategi yang matang, salah satunya adalah dengan menyusun watchlist saham. Watchlist saham yang berisikan saham-saham potensial ini nantinya akan membantu trader dan investor dalam beraktivitas di pasar saham. Simak ulasan lebih dalam mengenai pengertian watchlist saham, fungsi, dan tips membuatnya di bawah ini. 

Pengertian Watchlist Saham 

Watchlist saham atau stock watchlist merupakan sebuah koleksi sekuritas yang disusun dan dipantau oleh investor atau trader, untuk membantu mereka mengambil keputusan trading dan investasi yang tepat. Keberadaan watchlist saham memudahkan trader atau investor untuk mengetahui pergerakan saham potensial yang memenuhi kriteria strategi investasi spesifik yang dipakainya. 

Perlu dipahami kalau watch-list saham yang disusun oleh trader atau investor tidak serta-merta berarti saham itu pasti akan dibeli oleh mereka. Penyusunan watchlist saham semata-mata dilakukan untuk memisahkan saham-saham tertentu yang dianggap potensial dari semua saham yang ada, untuk memudahkan mereka dalam mengamati performanya. Jadi, bisa saja dibeli ataupun tidak. 

Dalam penyusunan watch-list saham ini sendiri, nantinya akan berbeda-beda antara satu investor dengan investor lainnya atau pun antara trader satu dengan trader lainnya. Pasalnya, watch-list disusun biasanya berdasarkan gaya trading atau investasi, tujuan, dan strategi masing-masing mereka. Bahkan, bisa juga watch-list saham dikelompokkan berdasarkan sektor sahamnya.  

Banyaknya watch-list saham seorang trader atau investor juga tidak memiliki batasan. Smart People bisa punya satu saja atau bahkan puluhan watch-list saham. Hal ini lumrah terjadi mengingat ada banyak kriteria yang mungkin diinginkan oleh trader atau investor, sehingga satu watchlist saham saja tak cukup rasanya untuk memenuhinya.

Fungsi Watchlist Saham 

Fungsi utama penyusunan watchlist saham adalah untuk memudahkan investor atau trader memantau saham-saham yang dianggap potensial bagi aktivitas trading atau investasinya. Alhasil, mereka bisa fokus sepenuhnya pada saham-saham pilihan tersebut, untuk kemudian dimanfaatkan dalam mewujudkan tujuan trading dan investasi yang dilakukannya. 

Selain untuk memudahkan pemantauan saham yang dianggap potensial, keberadaan watchlist saham juga akan membantu investor atau trader memantau performa portofolio saham, memantau saham yang sedang populer, serta memantau berita terkait emiten saham yang bisa mempengaruhi performa saham tersebut.    

Tips Membuat Watch-list Saham yang Efektif 

Penyusunan watch-list saham yang dilakukan dengan optimal, akan bisa menghasilkan watch-list saham yang efektif untuk mewujudkan tujuan investasi atau trading pemiliknya. Maka dari itu, susunlah watchlist saham itu dengan sedetail mungkin, serta disesuaikan dengan kebutuhan. Agar bisa menyusun watchlist saham yang efektif, simak deretan tips membuatnya berikut ini. 

  1. Tentukan Kriteria Saham yang Ingin Dipantau

Agar Smart People lebih mudah dalam menyusun watch-list saham, Smart People bisa tentukan saham dengan kriteria apa yang ingin dipantau. Misalnya saja, Smart People ingin watchlist yang berisikan saham dengan kriteria seperti pergantian volume trading yang dramatis atau saham yang mengalami perubahan pada rating-nya oleh analis. Intinya, sesuaikan dengan kriteria yang diinginkan.

Jika perlu, tentukan kriteria secara detail atas saham yang akan dimasukkan ke dalam watchlist saham tersebut. Cara ini dilakukan agar watch-list saham yang Smart People susun tidak terlalu luas, sehingga malah menyulitkan Smart People dalam memantaunya. Semakin detail kriterianya, maka akan semakin efektif efek yang diberikannya. 

  1. Tentukan Tipe Trading atau Investasi yang Dijalankan 

Apa tipe investasi yang Smart People jalankan, investasi jangka pendek atau jangka panjang? Jika misalnya Smart People fokus melakukan trading, apakah Smart People merupakan morning trader, swing trader, intraday trader, atau tipe trader lainnya? Jika sudah mengetahui dengan pasti tipe investasi atau trading yang dijalankan, buatlah watch-list saham yang isinya sesuai tipe tersebut. 

  1. Manfaatkan Tool dari Platform Trading 

Jika kesulitan menyusun watch-list saham sendiri, Smart People bisa coba untuk memanfaatkan tool atau fitur khusus dari platform trading guna menyusun watchlist saham tersebut. Tool yang dihadirkan oleh platform trading ini biasanya akan mempertimbangkan banyak hal dalam menyusun watch-list saham, seperti metrik saham, pandangan analis saham, grafik valuasi, dan sebagainya.

  1. Keluarkan Saham yang Tidak Lagi Sesuai Kriteria 

Saat sebuah saham tidak lagi sesuai dengan kriteria yang Smart People inginkan, jangan tunggu lama untuk mengeluarkannya dari watch-list saham yang disusun sebelumnya. Cara ini akan menghadirkan watch-list saham yang isinya mendetail dan benar-benar fokus pada tujuan Smart People menyusunnya.

Susun Watch-list Saham dengan RHB Tradesmart ID

Menyusun watch-list saham bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan oleh para trader atau investor pemula. Namun, bukan berarti hal itu mustahil untuk dilakukan. Jika Smart People masih ragu untuk menyusun watch-list saham, Smart People bisa manfaatkan fitur RHB Tradesmart ID dalam menyusunnya. 

RHB Tradesmart ID selaku aplikasi trading dan investasi saham online akan bisa membantu Smart People menemukan saham yang sesuai dengan kriteria, dengan fitur ARO atau Assisted Robo Optimization-nya. Setelah saham disusun di watch-list, pergerakan saham pun akan mudah dipantau dan diberitahukan pada Smart People melalui notifikasi di smartphone

Itulah tadi ulasan mengenai pengertian watch-list saham, fungsinya, serta tips untuk membuat watchlist saham yang efektif. Keberadaan watch-list saham akan memudahkan Smart People sebagai investor atau trader dalam memantau saham yang dianggap potensial bagi rencana investasi atau trading yang Smart People jalankan. 

Susun dan pantau watch-list saham dengan lebih mudah menggunakan RHB Tradesmart ID. Smart People bisa unduh aplikasinya untuk pengalaman trading dan investasi yang jauh lebih baik lagi. 

Sumber: 

Hayes, Adam. (2022, April 08). Watchlist: Definition, Purpose, and How To Create One. Investopedia. Diakses pada tanggal 26 Februari 2023 melalui https://www.investopedia.com/terms/w/watchlist.asp

Farley, Alan. (2022, Februari 10). Building an Effective Watchlist. Investopedia. Diakses pada tanggal 26 Februari 2023 melalui https://www.investopedia.com/articles/active-trading/072115/building-effective-watch-list.asp

Lisa, Andrew. (2022, Agustus 26). How to Build a Stock Watchlist. Nasdaq. Diakses pada tanggal 26 Februari 2023 melalui https://www.nasdaq.com/articles/how-to-build-a-stock-watchlist

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal