<< Back

Ternyata Ini Bedanya Makro dan Mikro Ekonomi serta Perannya dalam Dunia Investasi!

makro ekonomi, mikro ekonomi

Demi mencapai imbal hasil investasi yang diharapkan, seorang investor perlu memperhatikan berbagai faktor. Salah satunya adalah faktor makro ekonomi dan mikro ekonomi yang ternyata berpengaruh besar dalam dunia investasi. Bagi Smart People yang ingin memulai langkah investasinya dengan tepat, mari kenali dua hal ini agar lebih mudah dalam mengambil keputusan investasi. 

Pengertian Ekonomi Makro dan Contohnya

Ekonomi makro merupakan studi mengenai dunia ekonomi secara menyeluruh. Ekonomi makro ini akan menjelaskan berbagai jenis perubahan dan kondisi ekonomi yang terjadi di masyarakat luas, pasar, maupun perusahaan. Secara mudahnya, ekonomi makro ialah bahasan ilmu ekonomi yang terjadi dalam skala besar. 

Menurut Adam Smith, Bapak Ekonomi dunia, ekonomi makro itu sendiri merupakan upaya untuk menganalisis sebuah fenomena ekonomi. Tujuan dari analisis ini adalah untuk mengetahui sebab akibat dari peristiwa yang terjadi tersebut. Sementara itu penulis buku Ekonomi Makro, Budiono, menyebutkan bahwa ini merupakan cabang ilmu yang mencakup pertumbuhan perekonomian sebuah negara. 

Ada banyak sekali bentuk atau contoh ekonomi makro yang bisa kita temukan di Indonesia. Berikut adalah beberapa contoh makro ekonomi yang tentunya bisa ikut  berpengaruh pada dunia investasi dan perlu diperhatikan oleh para investor:

  • Pertumbuhan ekonomi negara per kuartal tahun. 
  • Tingkat pengangguran suatu negara. 
  • Pendapatan nasional.
  • Inflasi.
  • Deflasi.
  • Investasi pemerintah suatu negara.
  • Neraca pembayaran negara.

Pengertian Ekonomi Mikro dan Contohnya

Mari beralih ke mikro ekonomi yang lingkupnya jauh lebih kecil. Ekonomi mikro itu sendiri bisa diartikan sebagai ilmu ekonomi yang akan mempelajari kurva permintaan dan penawaran. Ilmu ini juga ikut menganalisis hubungan antara perubahan upah serta pola kerja dan memahami variabel apa saja yang terlibat dalam sebuah proses produksi barang maupun jasa. 

Menurut William M Snell, ekonomi mikro ialah kajian yang berhubungan dengan individu, rumah tangga, maupun perusahaan. Hal ini berkaitan erat dengan keputusan mereka dalam sebuah proses ekonomi. Meskipun kapasitasnya lebih kecil, namun ekonomi mikro ini memiliki pengaruh yang cukup besar dalam dunia investasi. 

Ada banyak sekali contoh-contoh nyata dari ekonomi mikro. Apalagi Indonesia adalah negara dengan kegiatan ekonomi yang cukup padat.  Berikut adalah beberapa contoh perekonomian mikro yang ada di tanah air:

  • Permintaan terhadap produk barang maupun jasa. 
  • Penawaran terhadap produk barang atau jasa. 
  • Perilaku produsen dan konsumen dalam kegiatan ekonomi. 
  • Harga produk baik itu barang atau jasa. 
  • Biaya dalam proses produksi. 
  • Pasar yang menjadi tempat bertemunya penjual dan pembeli.

Perbedaan Makro dan Mikro Ekonomi

Berdasarkan penjelasan tadi, Smart People sebenarnya sudah bisa melihat apa saja perbedaan antara ekonomi makro dan mikro. Dalam hal ini ada beberapa poin yang jelas-jelas membuat keduanya berbeda. Berikut adalah poin-poin pembeda yang perlu diperhatikan:

  1. Cakupan yang Dipelajari

Ekonomi mikro akan mempelajari perilaku dari berbagai jenis pihak yang terlibat dalam sebuah kegiatan ekonomi. Mulai dari konsumen, pekerja, produsen, investor, dan lain sebagainya. Pihak-pihak tersebut bisa disebut juga sebagai agen ekonomi dan setiap agen ekonomi memiliki pengaruh tersendiri. 

Sementara itu ekonomi makro akan mempelajari perilaku dari sekumpulan agen ekonomi secara menyeluruh. Perbedaannya terletak pada cakupan yang dipelajari oleh kedua bidang tersebut. Sesuai namanya, ekonomi makro akan memiliki cakupan yang jauh lebih besar daripada ekonomi mikro. 

  1. Tujuan Analisis

Ekonomi mikro dan makro juga bisa dibedakan berdasarkan tujuan analisisnya. Ekonomi mikro lebih fokus terhadap analisis mengenai cara mengalokasikan sumber daya agar bisa tercapai keseimbangan yang tepat. Sementara itu ekonomi makro lebih fokus pada analisis mengenai pengaruh kegiatan ekonomi terhadap kondisi perekonomian secara menyeluruh. 

  1. Harga

Dalam dunia ekonomi, harga menjadi sebuah topik yang tidak bisa diabaikan. Ekonomi makro dan mikro memiliki pandangan harga yang berbeda. Dalam dunia ekonomi mikro, harga merupakan nilai suatu komoditas yang ditinjau dari barang tertentu. Sementara itu ekonomi makro akan memandang harga sebagai nilai dari sebuah komoditas secara menyeluruh. 

Makro dan Mikro Ekonomi dalam Investasi

Lalu apa hubungannya ekonomi makro dan mikro ini dalam dunia investasi? Smart People pasti tahu bahwa perekonomian adalah bidang yang sangat penting dalam dunia investasi. Investor sangat disarankan untuk terus mengikuti perkembangan ekonomi baik itu ekonomi mikro maupun makro demi kelancaran saat berinvestasi. 

Kondisi ekonomi mikro dan makro akan berpengaruh pada performa instrumen investasi yang Smart People gunakan. Naik dan turunnya nilai portofolio bahkan juga dipengaruhi oleh kondisi perekonomian. Saat ekonomi bagus, maka secara umum nilai portofolio dan performa investasi juga cukup memuaskan. Begitu juga sebaliknya saat perekonomian kurang bagus. 

Investor juga perlu memperhatikan kondisi ekonomi mikro dan makro agar lebih mudah memprediksi situasi di masa depan. Status ekonomi saat ini bisa jadi acuan untuk prediksi kondisi perekonomian di masa yang akan datang. Hal ini juga akan berpengaruh pada performa instrumen investasi ke depannya sehingga penting sekali untuk diperhatikan oleh investor. 

Sebelum mulai berinvestasi, Smart People harus selalu update kondisi makro ekonomi dan mikro ekonomi. Selain itu pilihlah aplikasi investasi yang tepat yaitu RHB Tradesmart ID untuk berinvestasi dengan aman dan nyaman. Di sini Smart People bisa menikmati fitur-fitur Smart Analyzer yang canggih dan biaya transaksi terjangkau. Langsung download aplikasi RHB Tradesmart ID sekarang juga!

Sumber:

Ghani, M.I.(2022, Agustus 05). Perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro Beserta Ruang Lingkungnya – Materi Ekonomi Kelas 10. Diakses pada tanggal 5 Juli 2023 melalui https://www.zenius.net/blog/perbedaan-ekonomi-mikro-dan-makro#Perbedaan_Ekonomi_Mikro_dan_Makro.

GreatNusa. (2023, Mei 08). Perbedaan Ekonomi Makro dan Mikro: Prinsip dan Pengaruhnya. Diakses pada tanggal 5 Juli 2023 melalui https://greatnusa.com/artikel/perbedaan-ekonomi-mikro-dan-makro-2/#:~:text=Ekonomi%20makro%20berupaya%20menemukan%20perspektif,perspektif%20individu%20di%20tingkat%20konsumen..

Teniwut, M. (2022, November 26). Perbedaan Ekonomi Makro dan Mikro Serta Contoh. Diakses pada tanggal 5 Juli 2023 melalui https://mediaindonesia.com/ekonomi/540367/perbedaan-ekonomi-makro-dan-mikro-serta-contoh. 

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal