<< Back

Ternyata Ini 3 Manfaat Investasi Sejak Dini

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan finansial di masa depan yang lebih baik seperti menabung dan investasi saham online. Melalui investasi, Smart People bisa mendapatkan hasil untuk jangka panjang. Apa saja manfaat investasi?

Apalagi untuk investasi yang mulai dilakukan sejak muda. Berikut ini beberapa manfaat investasi sejak dini yang akan Smart People dapatkan.

Manfaat Investasi Bagi Pemuda

1.     Manfaat investasi: menjaga dan meningkatkan nilai aset

Salah satu manfaat berinvestasi adalah Smart People akan memperoleh imbal hasil. Inilah yang dapat meningkatkan nilai aset yang Smart People miliki.

Hasil yang diperoleh dari investasi juga bisa disimpan, untuk bayar utang atau digunakan untuk meningkatkan investasi. Jumlah yang Smart People dapatkan tergantung dari jumlah investasi, semakin besar investasi, maka peluang hasilnya pun semakin besar.

Bayangkan jika uang Smart People diam di bawah bantal atau di dalam celengan, jumlah uangnya akan tetap seperti yang Smart People simpan. Bukan tidak mungkin uang yang disimpan tersebut justru rusak dimakan rayap, dicuri atau bahkan tergerus nilainya karena inflasi.

Lebih mudah untuk Smart People meningkatkan aset dengan investasi sejak dini, terlebih saat kebutuhan Smart People belum banyak. Misalnya, saat masih single dan belum punya tanggungan anak atau istri, Smart People dapat lebih leluasa untuk mengalokasikan dana dan meningkatkan jumlah investasi.

2.     Memudahkan meraih impian

Setiap orang tentu memiliki impian masa depan, seperti memiliki rumah, mobil, tanah, properti atau rencana liburan ke luar negeri. Semua itu perlu budget yang perlu disiapkan dalam kurun waktu lama. Namun dengan investasi saham online sejak dini, Smart People bisa saja mewujudkan impian tersebut dengan lebih cepat.

Dengan mulai investasi sejak dini, Smart People akan memperoleh passive income. Penghasilan yang dapat diperoleh tanpa harus bekerja secara langsung. Hasil dari investasi ini bisa menjadi tambahan penghasilan selain gaji utama Smart People. Ketika ada passive income, Smart People bukan tidak mungkin bisa memenuhi kebutuhan tanpa harus menunggu gajian.

Ketika ada passive income dari hasil investasi, Smart People tidak hanya bergantung pada gaji bulanan untuk merealisasikan keinginan. Tambahan penghasilan inilah, impian Smart People bisa lebih cepat tercapai. Apalagi jika investasi dilakukan sejak usia muda, akan ada banyak hal yang bisa Smart People raih. 

3.     Peluang mencapai kebebasan finansial di masa depan semakin besar

Manfaat lainnya dengan investasi sejak dini adalah peluang untuk mencapai kebebasan finansial di masa depan akan lebih besar. Kebebasan finansial merupakan impian semua orang, termasuk Smart People bukan? Kondisi finansial ini membuat Smart People mampu untuk mencukupi segala kebutuhan.

Selain itu, finansial yang bebas berarti Smart People sudah memiliki penghasilan yang stabil dan memadai, baik itu dari penghasilan utama maupun dari passive income. Kebebasan finansial membuat seseorang bebas dari khawatir dengan kondisi keuangannya, saat ini maupun di masa depan.

Investasi dapat memberikan peluang lebih besar untuk Smart People meraih kebebasan finansial apabila dilakukan dengan cepat dan tepat. Kebebasan finansial tidak sebatas untuk masa pensiun saja, tetapi masa depan Smart People dalam beberapa tahun. Misalnya, investasi saat masih 20an dan bisa saja kebebasan finansial sudah bisa diraih di usia 40 atau lebih cepat.

Investasi sejak dini akan membuat masa depan finansial Smart People lebih terjamin. Hal yang penting adalah Smart People memilih portofolio yang memang sesuai dengan gaya dan profil risiko. Hindari investasi hanya sekadar ikut-ikutan tanpa mengetahui basic investasi itu sendiri.

Smart People tentu tahu bahwa ada banyak pilihan instrumen investasi, seperti deposito, emas, properti, reksadana, saham, dan lain sebagainya. Jangan lupa setiap investasi memiliki peluang hasil yang berbanding lurus dengan risikonya.

Sebaiknya Smart People mulai investasi sejak dini dengan investasi yang resikonya kecil dulu. Smart People dapat menyisihkan dana, idealnya sekitar 10% dari penghasilan yang digunakan untuk investasi. Smart People tetap harus menyisihkan untuk kebutuhan sehari-hari, cicilan, atau kebutuhan lainnya.

Jika Smart People sudah mulai tertarik untuk berinvestasi pada instrumen dengan risiko tinggi seperti saham, sebaiknya dana yang dipakai bukan dari uang bulanan, tabungan darurat, atau mengambil dari pos lainnya. Buat alokasi dana khusus untuk investasi dan jika perlu, Smart People buat rekening terpisah.

Itulah beberapa manfaat investasi sejak dini yang perlu diketahui. Smart People dapat memanfaatkan investasi saham untuk mulai belajar di bidang investasi. Apalagi sekarang dengan kemajuan teknologi, investasi saham online dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi.

Jika tertarik dengan dunia saham, aplikasi RHB TradeSmart menawarkan promo menarik yaitu Smart Rate dan Smart Fee. Smart Rate dari RHB merupakan bunga margin rendah, 0,025% per hari untuk pengguna aplikasi yang ingin membeli saham lebih banyak.

Smart Fee menawarkan biaya trading yang lebih murah, hanya 0,08% untuk beli dan 0,18% untuk jual sehingga hasil yang bisa diperoleh pun akan lebih maksimal. Promo Smart Rate dan Smart Fee ini masih ada dan diperpanjang hingga Juni 2023. Jadi, ayo download aplikasi RHB Tradesmart ID di Play Store dan App Store untuk fitur selengkapnya.

Source:

Blibli Friends. 2022. “Keuntungan Investasi Sejak Dini yang Perlu Diketahui”. Blibli.com.

Agung Santosa. 2021. “4 Manfaat Investasi Sejak Dini”. Buka Review.

Cermati.com. 2022. “6 Alasan Pentingnya Investasi Sejak Dini”. Cermati.com.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal