<< Back

Ternyata Begini Cara Analisis Investasi dari Para Expert Trader!

analisis investasi

Investasi saham pada dasarnya memiliki risiko yang cukup tinggi dibandingkan dengan instrumen yang lain. Padahal, imbal hasil yang tersedia terbilang besar. Untuk itulah, diperlukan suatu analisis investasi yang tepat sehingga hasilnya sesuai harapan.

Apa Itu Analisis Investasi

Seperti yang telah diketahui, investasi pada dasarnya tidak hanya sekadar menyetor sejumlah uang lalu menunggu hasilnya. Ada banyak hal yang harus dipahami untuk memastikan banyaknya imbal hasil yang didapatkan nantinya.

Salah satunya dengan melakukan analisis sebagai bagian untuk mengetahui prospek suatu produk investasi, apakah terlihat menguntungkan atau tidak. Analisis pada investasi akan digunakan untuk menilai dan mengevaluasi kelayakan instrumen investasi tersebut.

Dalam hal ini, kita bicara mengenai saham sehingga analisis saham lebih banyak berkaitan dengan pemahaman risiko dan potensi pengembalian hasilnya. Tentu saja, analisis tersebut juga digunakan untuk mengidentifikasi mana saham yang tepat sebelum bertransaksi.

Cara Analisis Investasi ala Expert

Pada dasarnya, analisis investasi wajib dilakukan oleh semua investor maupun orang yang ingin belajar berinvestasi saham. Tidak mengherankan, banyak expert yang sudah lama berkecimpung di dunia investasi saham merekomendasikan berbagai langkah analisis tersebut.

Bukan tanpa alasan, hasil dari analisis tersebut pada dasarnya akan memberikan informasi penting dalam hal pengambilan keputusan yang teliti dan komprehensif. Berikut beberapa saran yang kerap disampaikan oleh expert yang dapat Anda temui di media sosial.

1. Jonathan End

Merupakan seorang investment coach yang juga sekaligus content creator dengan lebih dari 170 ribu pengikut di Instagram followers gratis. Sebagai expert di bidang investasi, tidak jarang kalau Jonathan End kerap membagikan tips mengenai saham dan berbagai hal lain seputar investasi.

Salah satunya dengan tips melakukan analisis pemilihan saham sesuai dengan kebutuhan. Menurutnya, akan lebih baik jika para investor memilih saham yang memiliki informasi performa dan pergerakan yang positif.

Akan lebih baik juga jika investor menggunakan aplikasi yang menyediakan semua informasi tersebut sehingga lebih paham saham mana yang akan mengalami kenaikan atau penurunan harga. Tujuannya, sudah pasti untuk memaksimalkan imbal hasil.

2. Brenda Andrina

Hal yang sama juga dilakukan oleh Brenda Andrina, yang dikenal sebagai seorang expert di bidang blockchain researcher sekaligus content creator di bidang investasi. Perempuan yang satu ini juga kerap membagikan cara analisis investasi yang mudah dilakukan siapa saja.

Menurutnya, selain melakukan evaluasi terhadap berbagai saham yang pernah dibeli, seorang investor juga perlu menggunakan aplikasi investasi dengan biaya admin rendah namun kaya fitur. Dengan begitu, para pemula bisa melakukan analisis saham secara mudah dan cepat.

3. Freddy Chandra

Hal yang juga tidak jauh berbeda dilakukan oleh Freddy Chandra, seorang influencer saham yang juga sudah banyak bekerjasama dengan berbagai brand aplikasi saham. Menurutnya, penting untuk memilih aplikasi saham yang tepat untuk mendukung proses analisis yang diinginkan.

Menurutnya, analisis seperti ini sangat penting di tengah resesi global yang sempat terjadi beberapa waktu lalu. Dengan adanya analisis, investor akan tahu bagaimana keadaan global yang sedang terjadi untuk menentukan mana saham yang tepat untuk diinvestasikan.

Jika investor menerapkan analisis investasi yang tepat, mereka tidak perlu khawatir lagi dengan dana yang dimiliki. Dana yang Smart People miliki juga akan lebih mudah dialokasikan, baik untuk berinvestasi maupun untuk dana darurat sekalipun.

Analisis Investasi ala RHB Tradesmart ID

Dari semua tips yang para expert sampaikan, pada dasarnya dapat diketahui bahwa Smart People memerlukan aplikasi investasi yang tepat. Dengan fitur pintar yang disediakan oleh aplikasi investasi tersebut, maka investor pemula sekalipun tidak akan mengalami kesulitan.

Hal inilah yang disediakan oleh RHB Tradesmart ID sebagai aplikasi investasi saham terbaik yang bisa Smart People gunakan. RHB Tradesmart ID memiliki fitur Smart Analyzer yang lengkap untuk membantu investor dalam melakukan analisis saham.

Adapun metode analisis investasi yang digunakan terdiri dari tiga jenis fitur, yaitu ARO Strategy, ARO Signal, serta Value Analyzer. Berikut penjelasan singkat dari masing-masing fitur yang bisa Smart People gunakan tersebut.

1. ARO Strategy

Merupakan fitur yang akan memberikan Smart People langkah-langkah analisis teknikal dari suatu saham. Tidak hanya akan memberikan indikasi arah trend saham, namun juga akan membantu penghitungan nilai support dan resistance secara real-time.

2. ARO Signal

Fitur ini dapat Smart People padukan dengan ARO Strategy sehingga akan menjadi panduan dalam melihat suatu saham. Umumnya, para trader maupun investor dapat menentukan strategi apa yang akan dilakukan sebelum memilih saham yang tepat.

3. Value Analyzer

Melalui fitur ini, Smart People juga akan mampu melakukan analisis saham secara fundamental melalui kombinasi rumus yang penting dipahami. Fitur ini juga akan menghitung nilai wajar masing-masing saham di suatu emiten perusahaan.

Aplikasi investasi saham online menjadi kebutuhan penting buat Smart People yang ingin melakukan analisis investasi secara maksimal. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menggunakan RHB Tradesmart ID yang dibekali dengan berbagai fitur terbaik yang dijamin anti-lag.

Tentu sangat cocok buat investor yang ingin tetap bertransaksi secara optimal kapan saja dan di mana saja. Jadi, tunggu apa lagi. Segera download aplikasi RHB Tradesmart ID dari Play Store atau App Store sekarang juga!

Referensi:

Pasha, Aufi Ramadhania. (2023). Mengenal Analisis Kelayakan Investasi, Begini Caranya!. Cermati.com

Perdana, Arkan. (2023). Analisis Fundamental dan Teknikal: Apa Saja Perbedaannya?. Glints.com

Tim Redaksi. (2022). 3 Fitur ARO Si Smart Analyzer Milik RHB yang Gak Boleh Kamu Lewatkan. RHB Tradesmart

Instagram:

  • https://www.instagram.com/freddychandra73/
  • https://www.instagram.com/brenda_andrina/
  • https://www.instagram.com/jonathanend/

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal