<< Back

7 Faktor Dalam Tren di Dunia Saham

tren dunia saham

ini  dalamSalah satu kunci untuk bisa memperoleh imbal hasil yang memuaskan di dunia saham adalah dengan mengetahui tren yang sedang berlangsung. Tren merujuk pada arah keseluruhan dari harga sebuah dunia, aset, atau pun metrik. Pada dunia saham sendiri ada yang namanya uptrend, pola pergerakan dunia yang terus naik, dan downtrend yang berarti kebalikannya. 

Perubahan tren di dunia saham merupakan hal yang wajar. Bahkan, tidak mengherankan jika perubahan tren dunia bisa berlangsung dalam kurun waktu yang terbilang singkat. Terjadinya perubahan tren di dunia saham ini sendiri dipengaruhi oleh berbagai faktor. Apa saja faktor yang memengaruhinya tersebut? Yuk simak ulasannya di bawah ini. 

  1. Kebijakan Pemerintah 

Pemerintah memberikan pengaruh yang begitu besar pada tren dalam dunia saham. Kebijakan fiskal dan moneter yang diambil oleh pemerintah dan bank sentral di negara tersebut, akan memberikan efek yang signifikan pada dunia saham. Kebijakan seperti menaikkan atau menurunkan suku bank misalnya, akan berdampak pada laju perkembangan di negara tersebut dan juga dunia saham.

Jika kebijakan fiskal memuat peningkatan pengeluaran pemerintah, maka hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengurangi jumlah pengangguran atau menstabilkan harga. Sedangkan jika pemerintah memutuskan untuk menaikkan atau menurunkan pajak dan mengubah suku bunga di dunia bebas, pemerintah bisa mengubah seberapa banyak investasi dari dan keluar negara.   

  1. Transaksi Internasional

Tren di dunia saham juga dipengaruhi oleh transaksi internasional yang dilakukan oleh suatu negara. Aliran dana antar negara akan berpengaruh pada kekuatan ekonomi suatu negara dan nilai mata uangnya. Semakin banyak uang yang keluar dari suatu negara, akan membuat negara tersebut semakin lemah ekonomi dan nilai mata uangnya. 

Jika sebuah negara kerap melakukan kegiatan ekspor ke negara lain, baik itu dalam bentuk barang fisik ataupun jasa, maknanya akan mendatangkan uang dari negara lain ke negara tersebut. Uang yang masuk ke negara tersebut bisa diinvestasikan kembali dan akan bisa menstimulasi dunia finansial di negara tersebut. 

  1. Spekulasi dan Ekspektasi 

Spekulasi dan ekspektasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sistem keuangan. Baik itu konsumen, investor, dan politisi memiliki pandangannya tersendiri mengenai pergerakan ekonomi di masa depan, serta bagaimana hal tersebut akan memengaruhi tindakan yang mereka ambil. Ekspektasi dan spekulasi atas kondisi ekonomi inilah yang kemudian memengaruhi tren dunia saham. 

Dalam mengukur bagaimana pandangan masing-masing kelompok tersebut terhadap kondisi ekonomi terkini, biasanya akan digunakan indikator sentimen. Analisis atas indikator-indikator sentimen ini, berikut dengan analisis teknikal dan fundamental, akan bisa menciptakan ekspektasi atas harga dan arah tren dalam dunia saham di masa mendatang. 

  1. Penawaran dan Permintaan 

Penawaran dan permintaan atau supply dan demand atas produk, jasa, mata uang, atau instrumen investasi lainnya akan memicu naik turunnya harga. Harga dan suku bunga akan berubah, seiring dengan perubahan pada permintaan atau penawaran. Alhasil, tren dalam dunia saham pun mengalami perubahan akibat naik turunnya penawaran dan permintaan ini.  

Jika permintaan akan suatu hal meningkat dan penawaran mulai berkurang, maka harga akan meningkat dan begitu juga sebaliknya. Sedangkan jika penawaran meningkat melebihi permintaan saat ini, maka harga akan jatuh. Pada kondisi penawaran relatif stabil, harga akan mengalami fluktuasi yang lebih tinggi lagi, lalu akan menurun seiring naik atau turunnya permintaan.

  1. Suku Bunga 

Suku bunga juga memberikan pengaruh pada tren di dunia saham. Saat suku bunga lebih tinggi, maka akan lebih banyak biaya yang dikeluarkan untuk meminjam uang, sehingga mengakibatkan margin keuntungan perusahaan jadi berkurang. Jika keuntungan mengalami penurunan, maka harga saham berkemungkinan akan turun. 

Pada saat kondisi ekonomi sedang tidak baik dan harga saham mengalami penurunan, pemotongan suku bunga akan bisa membantu untuk meningkatkannya kembali. Hal ini juga akan membuat peminjaman uang menjadi terasa lebih mudah dibandingkan dengan sebelumnya. Inilah alasan mengapa variasi suku bunga menjadi faktor yang memengaruhi tren dalam dunia saham tersebut.   

  1. Inflasi 

Tren di dunia saham tidak bisa dilepaskan dari pengaruh inflasi, yang ditandai dengan kenaikan harga  barang dan jasa dalam periode waktu tertentu. Inflasi yang tinggi akan menghambat investasi dan pertumbuhan ekonomi jangka panjang. Kondisi ini juga akan mendatangkan ketidakpastian bagi perusahaan dan masyarakat umum. 

Pada kondisi inflasi, perusahaan yang terdaftar di dunia saham kemungkinan akan menunda investasinya dan menghentikan produksi untuk sementara waktu. Hal ini tentu akan berakibat pada pertumbuhan ekonomi yang negatif. Bahkan, saham yang berasal dari perusahaan besar juga berisiko jatuh disebabkan karena tidak ada yang ingin berinvestasi di sana. 

Investasi leher ke atas lewat RHB Smart Talk setiap hari bersama tim riset RHB Sekuritas.

Ketahui Tren di Dunia Saham secara Real Time via RHB Tradesmart ID

Bagi orang yang ingin memulai investasi atau trading saham, sudah sepatutnya Smart People memahami bagaimana tren ini. Mengingat tren dalam dunia saham sifatnya selalu berubah-ubah, sangat penting bagi Smart People mengetahui kondisinya secara real time. Info terkait tren dunia saham terkini ini bisa Smart People peroleh dari RHB Tradesmart ID. 

RHB Tradesmart ID merupakan aplikasi yang didesain khusus untuk Smart People yang ingin melakukan investasi atau trading saham online. Pada aplikasi satu ini disematkan fitur ARO (Assisted Robo Optimization), yang memungkinkan Smart People memperoleh informasi seputar saham secara real time. Dengan begini, transaksi saham pun menjadi lebih optimal untuk dilakukan.  

Itulah tadi ulasan mengenai faktor-faktor yang memengaruhi tren di dunia saham. Merupakan hal yang lumrah jika tren saham mengalami perubahan, bahkan bisa terjadi dalam kurun waktu yang singkat. Perubahan tren saham ini harus Smart People jadikan pedoman saat melakukan investasi atau trading saham nantinya. 

Yuk amati perubahan tren dalam dunia saham secara real time melalui RHB Tradesmart ID. Smart People bisa unduh aplikasinya untuk mengoptimalkan aktivitas trading dan investasi saham nantinya. 

Sumber: 

Mitchell, Cory. (2022, Maret 17). 4 Factors That Shape Market Trends. Investopedia. Diakses pada tanggal 7 Februari 2023 melalui https://www.investopedia.com/articles/trading/09/what-factors-create-trends.asp

Marquit, Miranda. (2019, Agustus 05). 5 Economic Factors That Influence Stocks. U.S.News Money. Diakses pada tanggal 7 Februari 2023 melalui https://money.usnews.com/money/blogs/the-smarter-mutual-fund-investor/slideshows/economic-factors-that-influence-stocks?slide=3

Mitchell, Cory. (2021, Oktober 13). Trend: Definition, Types, Examples, and Uses in Trading. Investopedia. Diakses pada tanggal 7 Februari 2023 melalui https://www.investopedia.com/terms/t/trend.asp

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal