<< Back

Ternyata 3 Hal Ini Memengaruhi Pengambilan Keputusan Investasi!

Sebagai seseorang yang terjun ke dunia investasi saham, sudah seharusnya setiap keputusan terkait investasi yang diambil sudah melalui pertimbangan yang matang terlebih dahulu. Hal ini dilakukan tentu saja untuk bisa mencapai tujuan investasi, serta menghindari risiko investasi yang ada. Simak apa saja hal-hal yang memengaruhi pengambilan keputusan investasi saham di bawah ini. 

Apa Itu Pengambilan Keputusan Investasi

Pengambilan keputusan investasi atau investment decision making merujuk pada tindakan pengalokasian modal finansial untuk bisa mencapai potensi imbal hasil yang sebesar mungkin. Pengambilan keputusan atau tindakan tersebut didasarkan atas beberapa faktor, seperti tujuan investasi, profil risiko, serta ekspektasi imbal hasil yang diinginkan. 

Dalam pengambilan keputusan atau tindakan saat investasi nantinya, ada beberapa tahapan proses yang umum dijalankan. Tahapan proses tersebut meliputi formulasi tujuan investasi, memastikan profil risiko sang investor, pengalokasian aset, dan mengawasi atau memonitor performa investasi. 

Tahapan Pengambilan Keputusan Investasi 

  1. Menganalisis Posisi Finansial 

Untuk kebutuhan manajemen finansial, seseorang yang akan melakukan investasi wajib untuk memahami bagaimana kondisi finansialnya saat ini. Kondisi finansial tersebut bisa merujuk pada berapa besar pemasukan, besaran pengeluaran, tabungan atau simpanan yang dimiliki, serta tentunya hutang dan cicilan jika ada. 

  1. Menentukan Tujuan Investasi 

Tahapan selanjutnya dalam pengambilan keputusan investasi adalah menentukan tujuan investasi. Untuk Smart People yang melakukan investasi saham, coba buat daftar tujuan investasi saham yang diinginkan, baik itu tujuan investasi jangka panjang ataupun jangka pendek. Dengan begini, maka nantinya akan lebih mudah dalam menentukan pengalokasian aset untuk mencapai tujuan tersebut. 

  1. Memastikan Profil Risiko 

Masing-masing orang memiliki profil risiko yang berbeda-beda. Ada orang yang tipenya investor agresif, serta ada yang tipenya investor konservatif. Tentu saja, masing-masing tipe ini memiliki potensi risiko yang berbeda-beda, seperti investor agresif dengan risiko yang besar tapi potensi imbal hasil yang besar pula, sedangkan sebaliknya berlaku untuk investor tipe konservatif. 

  1. Pengalokasian Aset 

Setelah diketahui posisi finansial, tujuan investasi, serta profil risiko, saatnya merencanakan pengalokasian aset. Dana investasi bisa dialokasikan untuk aset seperti saham, obligasi, reksadana, real estate, dan lainnya. Nantinya, akan diatur proporsi alokasi aset itu dengan sedemikian rupa, agar tujuan investasi yang telah ditentukan sebelumnya bisa tercapai. 

  1. Pengawasan Performa Aset Investasi 

Setelah aset investasi seperti saham dimiliki, maka dilakukan pengawasan atau monitoring atas performa aset investasi tersebut. Sekiranya performa aset saham yang dimiliki tidak sesuai harapan, tentu harus ada tindakan yang dilakukan, agar tidak meningkatkan risiko kepemilikan atas saham tersebut. Begitu juga dengan aset saham yang performanya sudah baik. 

Hal-Hal yang Memengaruhi Pengambilan Keputusan Investasi Saham 

  1. Profil Risiko 

Profil risiko merujuk pada potensi risiko yang bisa ditanggung oleh seorang investor, entah itu kecil, menengah, atau besar risikonya. Dengan mengetahui profil risiko, maka akan bisa membantu proses pemilihan saham yang akan dimiliki nantinya. Ada beberapa tipe profil risiko, di antara tipe agresif dan konservatif.  

  1. Tujuan Investasi 

Hal selanjutnya yang memengaruhi pengambilan keputusan terkait investasi saham adalah tujuan investasi. Ada investor yang ingin menggunakan imbal hasil investasi saham untuk memenuhi dana pendidikan anaknya, namun ada juga yang ingin memakainya untuk membeli rumah. Tujuan investasi yang berbeda akan memengaruhi keputusan investasi yang nantinya diambil. 

  1. Ekspektasi Imbal Hasil 

Imbal hasil yang diekspektasi juga turut memengaruhi keputusan investasi. Jika seorang investor ingin mendapatkan imbal hasil yang besar, tentu saja modal awal yang digelontorkan juga tidak bisa hanya sekadarnya saja. Semakin besar imbal hasil yang diharapkan, maka akan semakin menantang pula keputusan investasi yang diambil nantinya. 

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Pengambilan Keputusan Investasi 

Selain faktor-faktor yang disebutkan di atas, juga ada hal-hal lain yang patut jadi perhatian dalam pengambilan keputusan investasi. Hal-hal lainnya itu seperti volatilitas pasar, likuiditas aset, tingkat inflasi, keamanan aset, pajak atas aset, dan masih banyak lagi. Pasalnya, hal-hal tersebut akan memengaruhi bagaimana performa aset investasi, khususnya saham, yang dimiliki oleh investor. 

Misalnya saja, volatilitas yang berkaitan dengan fluktuasi yang terjadi di pasar saham, akan bisa memengaruhi harga saham dan potensi imbal hasil yang didapatkan nantinya. Hal yang sama juga berlaku pada likuiditas aset yang dimiliki. Bagi investor yang ingin bisa dengan mudah mencairkan asetnya, tentu lebih memilih investasi pada aset dengan likuiditas yang tinggi. 

Dukung Keputusan Investasi dengan Fitur SMART RHB Tradesmart ID 

Mengingat perannya yang begitu penting, tentu saja pengambilan keputusan investasi tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan. Makanya, bagi Smart People yang masih pemula dan kesulitan untuk mengambil keputusan investasi saham, bisa coba manfaat fitur Smart Analyzer dengan teknologi ARO yang dihadirkan oleh RHB Tradesmart ID, aplikasi investasi dan trading saham. 

Fitur Smart Analyzer ini akan membantu menganalisis saham, yang hasilnya bisa dijadikan pertimbangan dalam pengambilan keputusan investasi saham nantinya. Selain fitur Smart Analyzer, RHB Tradesmart ID masih punya fitur-fitur unggulan lainnya yakni Smart Rate, Smart Fee, dan Smart Points. Kehadiran fitur-fitur ini bisa bantu memaksimalkan imbal hasil investasi nantinya. 

Rasakan pengalaman mengambil keputusan investasi saham yang lebih mudah dengan pakai RHB Tradesmart ID. Unduh aplikasi RHB Tradesmart ID dan manfaatkan deretan fitur unggulan yang dimilikinya sekarang juga. 

Sumber: 

Wallstreetmojo Team. Investment Decision. Diakses pada tanggal 4 November 2023 melalui https://www.wallstreetmojo.com/investment-decision/

Yieldstreet Team. (2023, Januari 06). The Fundamentals of Investment Decision Making. Diakses pada tanggal 4 November 2023 melalui https://www.yieldstreet.com/resources/article/investment-decision-making/

GeeksforGeeks Team. Investment Decision: Meaning and Factors affecting Investment Decision. Geeks for Geeks. Diakses pada tanggal 4 November 2023 melalui https://www.geeksforgeeks.org/investment-decision-meaning-and-factors-affecting-investment-decision/

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal